Jelajah Sungai Kapuas, Bisa Sekalian Menikmati Senja yang Memukau

Advertisement

Jelajah Kota Pontianak tak cukup hanya dalam waktu hitungan hari. Banyak tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya Sungai Kapuas yang menjadi ikon dari kota ini. Tak hanya menikmatinya dari kejauhan, Teman Traveler dapat menjelajahinya. Bagaimana caranya? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Marmur berikut ini.

Menyusuri Sungai dengan Harga Murah Meriah

Cafe Terapung (marmur)
Cafe Terapung (c) Marmur/Travelingyuk

Mau merasakan liburan berbeda di Pontianak? Cobalah untuk menyusuri Sungai Kapuas. Tak perlu khawatir, Teman Traveler tidak akan mengeluarkan uang dalam jumlah besar kok. Hanya Rp15.000 saja, bisa jelajah Kapuas dalam waktu 30-45 menit. Pemandangan cantik di sekitar sungai dapat dilihat dengan sudut berbeda. Pilihlah tempat duduk di dek atas, untuk lebih jelasnya. Kapal di sini diatur tidak hanya untuk berwisata, tapi sekaligus dipakai untuk kafe apung. Bisa sekalian pesan makanan atau minuman selama perjalanan.

Waktu Terbaik untuk Naik Kapal

Senja di Kapuas (marmur)
Senja di Kapuas (c) Marmur/Travelingyuk

Untuk jelajah sungai ini bisa kapanpun sesuai dengan keinginan Teman Traveler. Mau yang sekedar mencari angin, melihat sunset atau menikmati gemerlap lampu. Namun, waktu terbaik ke sini adalah saat sore hari. Pasalnya, pesonanya lebih menawan dengan ditemani keindahan matahari terbenam. Pas juga dengan gemerlap lampu kota yang mulai menyala.

Lampu Sekitar Kapuas (Marmur)
Lampu Sekitar Kapuas (c) Marmur/Travelingyuk

Sesekali mendengar adzan dari kejauhan atau hanya duduk-duduk sambil mengambil gambar atau video. Senja yang romantis, apalagi kalau Teman Traveler datang bersama pasangan. Pastikan datang sekitar setengah 6 sudah di dermaga. Oh iya kalau naik kapal ini, Teman Traveler bisa datang ke Alun-alun Kapuas atau Alun Kapuas Park.

Mengamati Aktivitas di Dermaga

Urban view (marmur)
Urban view (c) Marmur/Travelingyuk

Tidak hanya menikmati indahnya senja, Teman Tarveler bisa mengamati aktivitas di sekitar sungai dan dermaga. Beberapa warga menyeberang menggunakan kapal tongkang atau tug boat dan kapal penumpang menjadi pemandangan yang menarik. Atau juga kapal kecil milik warga yang hilir-mudik lewat di sekitar sungai. Atau juga kegiatan bongkar muat kapal di dermaga.

Kapal Warga (marmur)
Kapal Warga (c) Marmur/Travelingyuk

Di sekitar dermaga ada beberapa pedagang kaki lima. Uniknya, lapaknya mengapung di sisi dermaga. Selain itu ada kafe yang di pinggir dermaga yang sengaja didekor mirip diatas kapal. Bisa jadi jujukan ketika perut keroncongan bukan?

Keindahan sunset di garis khatulistiwa memang luar biasa. Apalagi jika dinikmati di sungai terpanjang di Indonesia ini. Jadi, kapan nih liburan ke Pontianak dan menikmati senja di Sungai Kapuas?

Advertisement
Tags
Indonesia Kalimantan Barat Pontianak Travelingyuk wisata pontianak
Share