Banyak Hiburan, Jalan Kaki di Sudirman Walk Palembang Makin Asyik

Advertisement

Palembang semakin siap menyambut dan membuat betah wisatawan yang akan berkunjung. Seperti yang diketahui ibu kota provinsi Sumatera Selatan ini terpilih untuk menjadi tuan rumah untuk acara besar Asian Games XVIII tahun 2018 selain diselenggarakan di Jakarta. Sebagai salah satu usahanya, Palembang mengenalkan wisata pedestrian yang disebut dengan Sudirman Walk. Ada apa saja sih di sana?

Sudirman Walk Tiru Konsep Orchard Singapura

Sudirman Walk Palembang
Sudirman Walk Palembang [image source]
Sepanjang Jl. Jenderal Sudirman ini belakangan tampak selalu dipenuhi warga lokal, maupun wisatawan dari luar negeri. Jalanan yang berganti wajah menjadi Sudirman Walk ini sepintas seperti Malioboro, Jogja yang mengajak pengunjungnya untuk berjalan dari ujung ke ujung. Namun ternyata, Sudirman Walk memiliki konsep yang berbeda. “Sebenarnya konsep yang dicontoh Palembang itu kiblatnya, Singapura, bukan kota-kota lain di Indonesia. Palembang tidak mencontoh Malioboro di Yogyakarta atau kota-kota lain seperti di Bandung karena menilai yang pas itu seperti Orchard,” jelas Kepala Dinas Pariwisata setempat, Isnaini Madani yang dilansir oleh antarasumsel.com.

Bangku Sudirman WalkBangku Sudirman Walk [image source]

Wisata Jalan Kaki di Palembang

Sudirman Walk
Sudirman Walk [image source]
Jalanan sepanjang Jenderal Sudirman ini akhirnya menjadi destinasi pemuda kekinian atau keluarga yang ingin refreshing tapi tak punya banyak waktu untuk pergi ke luar kota. Lokasinya pun tak jauh dari Jembatan Ampera Palembang yang jadi ikon kota Pempek ini. Kini, di kota pun para turis yang datang juga bisa traveling dengan berjalan kaki. Bertambah satu lagi nih kota wisata tanah air yang cocok untuk traveler pejalan kaki.

Sepanjang Sudirman WalkSepanjang Sudirman Walk [image source]

Berbagai Atraksi Setiap Hari

Atraksi musik ala Timur Tengah di Sudirman Walk
Atraksi musik ala Timur Tengah di Sudirman Walk [image source]
Berbeda dengan Malioboro yang mengajak turis untuk wisata belanja, Sudirman Walk lebih menyuguhkan atraksi-atraksi yang berbeda setiap harinya. Di antaranya adalah pertunjukan musik ala Timur Tengah. Tak hanya itu, hingga saat ini, teman – teman komunitas seni & wisata kuliner masih tetap konsisten memberikan hiburan kpd pengunjung. Hiburan murah meriah yang cocok untuk menghabiskan malam minggu, bukan. Masih ada banyak lagi hiburan yang ditawarkan pada tamu-tamu lokal maupun luar kota, seperti stand up comedy, pantomim, cosplay, musik, face painting dan latihan memanah. Yakin tak ingin ke sini?

Atraksi keroncong di Sudirman Walk
Atraksi keroncong di Sudirman Walk [image source]

Wisata Lainnya di Dalam Kota

Benteng Kuto Besak
Jembatan Ampera [image source]
Tak jauh dari Sudirman Walk, kamu bisa mengunjungi wisata dalam kota lainnya. Di antaranya adalah bekas keraton dari Sultan Mahmud Badaruddin yang dibangun oleh Sultan Mahmud Badaruddin I pada tahun 1737. Kini bangunan ini digunakan sebagai museum. Lokasinya berada di daerah Bukit Kecil. Di kawasan ini juga kamu bisa menyaksikan secara langsung kemegahan Jembatan Ampera. Bukan hanya itu, sempatkan juga untuk melihat Benteng Kuto Besak yang termasuk bagian dari keraton.

Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2
Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2 [image source]

Kuliner Palembang Wajib Coba

Pindang H. Abdul Halim
Pindang H. Abdul Halim [image source]
Saat traveling, wajib hukumnya untuk mencicipi kuliner yang menjadi makanan khasnya. Palembang memiliki beragam hidangan asli yang sayang banget untuk dilewatkan begitu saja. Di antaranya adalah pindang pegagan kuah di warung milik H. Abdul Halim yang sudah legendaris dan berdiri sejak tahun 1987. Selain itu, kamu juga harus meluangkan waktu untuk menyantap Mie Celor 26 Ilir HM Syafei yang ada di Jalan Merdeka. Nyam!!

Mie Celor Palembang
Mie Celor Palembang [image source]
Kalau ada long weekend, segera siapkan tiketmu untuk liburan di Palembang yang makin cantik ini. Palembang kota yang seru untuk wisata budaya, wisata kuliner dan tentunya wisata belanja.

Advertisement
Tags
Indonesia Palembang sudirman walk Sumatra Selatan Tempat Wisata
Share