Catat! Deretan Spot Foto di Bromo, Jaminan Instagenic

Advertisement

Bromo merupakan kawasan wisata dengan keindahan yang merata di segala penjuru. Dari sudut manapun selalu indah dipandang, elok difoto. Jangan cuma terpaku di kawasan kawah atau momen sunrise, ada banyak lokasi keren yang bisa dijadikan konten menarik di media sosial. Berikut adalah deretan spot foto di Bromo yang bisa Teman Traveler coba.

Penanjakan 1

View Sunrise Bromo via Instagram/ @osyad35
Penanjakan satu via Instagram.com/osyad35

Pesona utama yang ditawarkan gunung ini adalah pemandangan saat sunrise. Ada banyak spot foto di Bromo yang bisa dipilih untuk menikmati indahnya panorama matahari terbenam tersebut, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Penanjakan 1 merupakan view point sunrise utama, di mana aksesnya paling mudah. Selain menggunakan paketan jeep, Teman Traveler juga bisa menggunakan motor. Jika memilih menumpang jeep, berangkatlah lebih pagi atau bahkan dini hari karena tempat ini cukup populer. Jika terlalu mepet kalian akan kesulitan mencari tempat parkir jeep dan harus berjalan jauh.

Pemandangan Bromo dari Penanjakan 1 (c) Muhammad Sabilurrosyad
Pemandangan dari titik Penanjakan 1 (c) Muhammad Sabilurrosyad/Travelingyuk

Sajian utama Penanjakan 1 adalah melihat matahari terbit dengan posisi sejajar, tepat ke arah Sang Surya saat memancarakan sinarnya di antara pegunungan dan awan. Inilah momen yang pantas diabadikan. Amankan posisi karena akan ada banyak orang berebut tempat terbaik untuk mengabadikan momen magical ini.

Memotret sunrise butuh persiapan lebih. Setting kameramu, cari posisi terbaik karena memotret sunrise akan sulit bila kameramu bergoyang-goyang. Setelah matahari mulai naik, bidikkan lensa ke Bromo. Jangan puas sampai di situ, berkelilinglah untuk mencari sudut pengambilan gambar yang lebih menarik.

Penanjakan 2

Pemandangan dari Penanjakan 2 (c) Muhammad Sabilurrosyad/Travelingyuk

Penanjakan 2 juga biasa disebut Seruni Point atau mengambil dari nama wilayah sekitar juga bisa jadi spot foto di Bromo selanjutnta. Lokasi ini memang tidak setinggi Penanjakan 1, tapi bukan berarti tidak memesona.

Penanjakan 2 merupakan tempat terbaik untuk memotret Cemoro Lawang, tebing yang seolah menjadi dinding isolasi bagi Savanna Pasir Bromo serta gunung-gunungnya. Dengan sedikit kreativitas, Teman Traveler bisa hasilkan foto Bromo yang beda dan unik. Manfaatkan berkas sinar mentari untuk akan memperkaya variasi foto.

Untuk mencapai Penanjakan 2 kita membutuhkan jasa jeep. Namun dari area parkir masih harus berjalan menanjak selama kurang lebih 30 menit.

Penanjakan 3

View Sunrise Penanjakan 3 via Instagram/ @osyad35
View sunrise Penanjakan 3 via Instagram.com/osyad35

Penanjakan 3 posisinya lebih rendah lagi dibanding dua lokasi sebelumnya. Merupakan salah satu tebing dinding yang langsung membatasi savanna pasir dan kabut di pagi hari. Di sini kamu akan mendapatkan sensasi melihat gunung sejajar arah pandangan mata. Kabut pagi hari berada tepat dibawah pijakan kaki.

Ketika awan berada dibawah kakimu (c) Muhammad Sabilurrosyad
Awan seolah berada di bawah pijakan kaki (c) Muhammad Sabilurrosyad/Travelingyuk

Savana Pasir dan Kawah Bromo

Banyak pemandangan indah dalam perjalanan menuju puncak kawah Bromo via Instagram/ @osyad35
Pemandangan indah menuju puncak kawah via Instagram.com/osyad35

Spot foto di Bromo selanjutnya adalah puncak kawah, agenda wajib ketika mengunjungi Gunung Bromo. Teman Traveler bisa mengagumi indahnya kawah, sebelum berbalik badan dan memandang panorama seluruh kawasan Bromo dari ketinggian.

Namun, jangan keluarkan kamera hanya saat berada di puncak. Jika kamu ingin membuat banyak foto bagus, spot-spot keren justru tersedia saat perjalanan menuju kawah Gunung Bromo. Tingkatkan kepekaan, mainkan imajinasi, hampir semua tempat di situ bisa jadi spot foto menarik.

Pura Luhur Poten

View Pura dari daerah sekitar Kawah (c) Muhammad Sabilurrosyad
View pura dari daerah sekitar kawah (c) Muhammad Sabilurrosyad

Suku Tengger mayoritas beragama Hindu, jadi wajar apabila kita menemui sebuah pura di sini. Kalian bisa memanfaatkan bangunan peribadatan tersebut untuk menghasilkan foto keren, sekaligus bukti pernah mengunjungi Bromo. Namun pastikan tetap saling menghormati.

Sekedar saran, cobalah ambil gambar pura ini saat berada di atas, baik dari kawah maupun dalam perjalanan turun. Teman Traveler bisa bermain komposisi dengan memperlihatkan pura secara keseluruhan.

Pasir Berbisik

Pemandangan Pasir Berbisik via Instagram/ @osyad35
Pemandangan pasir berbisik via Instagram.com/osyad35

Spot foto di Bromo satu ini akan memberi banyak ide sudut pengambilan gambar keren. Teman Traveler bisa bermain dengan pendekatan minimalis, memperlihatkan bagaimana besar dan hampanya Pasir Berbisik, betapa kecilnya manusia dibandingkan semesta. Tempat ini juga aysik untuk merenung sesaat.

Bukit Teletubies

Pesona Bukit Teletubies (c) Muhammad Sabilurrosyad
Pesona Bukit Teletubies (c) Muhammad Sabilurrosyad/Travelingyuk

Di Bukit Teletubies, Teman bisa berkreasi menciptakan foto menarik memanfaatkan alang-alang rerumputan. Belum lagi latar bukit-bukit indah akan membuat fotomu makin cantik. Ada musim-musim atau waktu tertentu untuk mendapatkan potensi terbaik kawasan ini. Tergantung pilihan, mau berfoto dengan latar hijau yang segar atau hamparan kuning bernuansa ala musim gugur.

Sebenarnya masih ada banyak spot foto di Bromo lainnya. Butuh berkali-kali perjalanan untuk bisa menikmati semua potensi di kawasan wisata Bromo. Semuanya dijamin bakal hasilkan foto menarik untuk hiasi feed instagram Teman Traveler. Bagaimana, kapan nih mau hunting foto di wisata Malang satu ini?

Advertisement
Tags
bromo Indonesia Malang Probolinggo Spot Foto Travelingyuk Wisata
Share