Tambahan Bumbu Kacang Sampai Kerupuk Warna-warni, Inilah Soto Populer di Purwokerto

Advertisement

Bisa dibilang, soto ada di setiap kota di Indonesia. Termasuk di Purwokerto yang ternyata menyimpan banyak kuliner enak. Soto di kota ini kebanyakan memiliki ciri khas dipadukan dengan sambal kacang. Ada juga tambahan-tambahan yang unik. Misalnya saja kerupuk warna-warni, penggunaan santan dan lain-lain. Inilah list soto populer di Purwokerto. Catat, ya.

Soto Ayam Jalan Bank

Soto Jalan Bank, via Instagram/iwashere_id
Soto Jalan Bank, via Instagram/iwashere_id

Soto Ayam Jalan Bank aslinya memiliki nama Soto Haji Loso. Namun, lantaran lokasinya yang berada di jalan yang disebut dengan Jalan Bank, disebutlah Soto Jalan Bank. Pembeda soto populer di Purwokerto ini dengan yang lainnya adalah penggunaan sambal kacang.

Di dalam warungnya terdapat banyak foto orang penting yang pernah makan. Untuk lokasinya sendiri sebenarnya berada di Jl. RA. Wiryaatmaja No. 15. Tak jauh dari Stasiun dan alin-alun Purwokerto. Hanya sekitar 5 menit saja.

Soto Ani

Soto Ani, via Instagram/wen_saja
Soto Ani, via Instagram/wen_saja

Jika kebanyakan soto Purwokerto identik dengan sambal kacangnya, tidak dengan yang ada di sini. Soto Ani malah lengkap dengan kuah santannya yang nikmat. Rasa gurihnya bikin orang-orang terpikat.

Meskipun menggunakan santan, kuah soto di sini begitu segar dan suwiran ayam kampungnya begitu empuk dan nikmat. Lokasinya berada di Jl. Jendral Soedirman Purwokerto, berada di seberang Bank UOB Alun-alun Purwokerto. Jam bukanya mulai dari 17:00 hingga 23:00 WIB.

Soto Sutri

Soto Sutri, via Instagram/wen_saja
Soto Sutri, via Instagram/wen_saja

Soto Sutri juga merupakan tempat salah satu soto populer di Purwokerto. Kaldunya begitu khas, dan tak lupa ada sambal kacangnya. Bahkan kepopulerannya sudah sampai ke telinga mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang konon katanya sudah pernah mencicipi.

Lokasinya berada di Jl. Pramuka. Tempat makan in telah ada sejak tahun 1980-an, sehingga masuk ke dalam deretan kuliner legendaris di sana. Pendirinya bernama Ibu Sutriyah.

Soto Sangka

Soto Sangka, via Instagram/ginanjarvk
Soto Sangka, via Instagram/ginanjarvk

Tempat lainnya yang juga seringkali jadi jujukan para pejabat saat ingin mencicipi soto yang nikmat adalah Soto Sangka. Kamu yang mencoba soto ini bakal segera ketagihan, tanpa perlu lama-lama lagi.

Cara memasaknya masih sangat tradisional dengan menggunakan kayu bakar. Ditambah lagi dengan racikan bumbu turun temurun. Untuk alamatnya berada di Kedungter Kidul, Kedungter, Banyumas, Purwokerto.

Soto Lama Sokaraja

Soto Lama Sokaraja, via Instagram/harbrianto
Soto Lama Sokaraja, via Instagram/harbrianto

Tak kalah populer dari yang sebelum-sebelumnya ada Raja Soto Lama Bapak H. Suradi yang juga khas Sokaraja. Biasanya dalam seporsi soto di sini adala ada daging sapi/ayam/ampela, ketupat, taoge, kuah dan ditaburi kerupuk warna-warni. Dan tidak lupa dengan sambal kacangnya yang memiliki rasa manis, gurih dan pedas. Alamat Raja Soto Lama ini berada di Jl. Jenderal Sudirman No. 48A, Sokaraja.

Itulah deretan soto populer di Purwokerto. Siapa tahu kamu bisa mencoba salah satunya jika tengah jalan-jalan ke wilayah di Jawa Tengah ini. Semoga rezekimu selalu berlimpah dan selalu bisa jalan-jalan.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner purwokerto Purwokerto Soto Populer di Purwokerto
Share