Soto Bathok Mbah Katro, Sedapnya Tak Bikin Kapok

Advertisement

Hobi jajan kuliner legendaris Indonesia? Coba saja ke Jogja. Kota cantik yang terkenal dengan Gudegnya ini memiliki banyak makanan enak yang tentu saja nendang di lidah. Setelah Lotek Teteg yang sudah berjualan sejak tahun 1968, kali ini ada soto yang nikmat banget untuk menu sarapan. Penasaran di mana tempatnya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Soto Fenomenal Racikan Mbah Katro

Kebulan soto enak di tengah sawah
Kebulan soto enak di tengah sawah [image source]
Selain gudeg, menu makanan yang dapat dicoba saat liburan ke Jogja adalah Soto. Nah, salah satu warung makan yang menawarkan kuah berempah dengan potongan daging ini adalah Soto Bathok Mbah Katro. Bagi warga Jogja, pasti sudah kenal dengan makanan satu ini. Lokasinya sendiri sangat mudah ditemukan yaitu berada di kawasan Candi Sambisari atau tepatnya berada di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

Soto enak dengan usus
Soto enak dengan usus [image source]

Kuliner Sederhana di Dalam Bathok

Soto Bathok dengan tempe garit
Soto Bathok dengan tempe garit [image source]
Berbeda dengan warung soto lainnya, Mbah Katro memiliki keunikan sendiri saat menyajikan kuliner unggulannya. Tidak menggunakan mangkok, ia lebih memilih menggunakan bathok atau tempurung kelapa. Karena itu pula, nama warung ini disebut Soto Bathok Mbah Katro. Selain menyajikan dalam bathok yang awalnya untuk menghemat biaya, kedai makanan yang dibuka sejak tahun 2015 ini juga menyajikan soto lezat. Tentu saja nikmat jika disantap bersama dengan orang tersayang. Setuju kan?

Kuliner lezat di tengah sawah
Kuliner lezat di tengah sawah [image source]

Santapan Lezat di Tengah Sawah Jogja

Telur Puyuh dan usus yang jadi teman soto di Jogja
Telur Puyuh dan usus yang jadi teman soto di Jogja [image source]
Bukan hanya mangkoknya yang dari bathok, Mbah Katro juga menyediakan tempe yang digoreng garing hingga bunyi kriuk saat gigitan pertama. Tak hanya itu, beberapa olahan seperti usus, telur puyuh dan beberapa menu lain siap menemani sajian soto murah meriah yang enaknya satu ini. Nah, yang paling unik dari warung dari soto ini adalah tempatnya yang terletak di tengah sawah. Baik sebelah kiri maupun kanan bakal disajikan pemandangan alam berwarna hijau. Wah, seru kan sarapan di sini!

Soto Bathok Jogja
Soto Bathok Jogja [image source]
Liburan Asyik di Candi Ratu Boko

Ratu Boko cantik saat matahari tenggelam
Ratu Boko cantik saat matahari tenggelam [image source]
Puas mengisi tenaga di warung Mbah Katro, waktunya menghabiskan liburan dengan mendatangi liburan tempat bersejarah di sekitar Sleman, Jogja. Nah, selain Candi Sambisari, kamu bisa berkunjung ke Candi Ratu Boko yang jaraknya 8 km atau bisa ditempuh selama 19 menit dengan kendaraan roda dua. Selain berfoto, kamu pun bisa menikmati keindahan bangunan bersejarah ini hingga sore hari.

Matahari Terbenam di Ratu Boko
Matahari Terbenam di Ratu Boko [image source]

Bermalam di Gaia Cosmo Hotel

Kolam renang di Gaia Cosmo Hotel
Kolam renang di Gaia Cosmo Hotel [image source]
Liburan ke Jogja tidak akan puas hanya dalam waktu sehari. Karena itu pula, ada baiknya untuk bermalam di kota cantik satu ini. Tenang, daerah istimewa ini memiliki banyak akomodasi yang unik dan menarik. Salah satunya adalah Gaia Cosmo Hotel yang terletak di Jl. Ipda Tut Harsono No.16, Muja Muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Nah, untuk harga sewanya sekitar Rp500.000 untuk satu hari. Nah, berminat untuk tidur di hotel satu ini?

Kamar nyaman di Gaia Cosmo Hotel
Kamar nyaman di Gaia Cosmo Hotel [image source]
Nama : Soto Bathok Mbah Katro
Alamat: Jalan Candi Sambisari, RT.03, Purwo Martani, Kalasan, Purwomartani, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: 06.00–16.00
Telepon: 0813-9214-4526
Harga: mulai dari Rp5.000

Wah, sudah tahu kan kuliner enak di Jogjakarta? Yuk, segera pesan tiket kereta atau pesawat ke kota ini!

Advertisement
Tags
Indonesia Sleman Soto Yogyakarta
Share