Maskapai Ini Beri Fasilitas Khusus untuk Solo Traveler Perempuan

Advertisement

Tidak ada yang lebih tidak nyaman dari mendapatkan kursi tengah di pesawat, terlebih lagi ketika harus menempuh perjalanan yang cukup panjang. Terutama bagi penumpang perempuan. Bepergian ke tempat baru tentu saja selalu membawa keribetan yang juga baru. Termasuk situasi dan kondisi tempat tujuan yang hanya dipahami dari membaca informasi seputarnya. Salah satu maskapai penerbangan asal New Delhi,  India, Vistara Airlines memberikan fasilitas berbeda untuk perempuan demi keamanan dan kenyamanan.

Penawaran untuk Memilih Tempat Duduk

Ilustrasi Window seat apada pesawat [image source]
Ilustrasi Window seat apada pesawat [image source]
Maskapai penerbangan yang berbasis di New Delhi ini menawarkan tempat duduk yang lebih disukai, serta bantuan bagasi dan transportasi kepada penumpang wanita yang traveling seorang diri sebagai bagian dari program Woman Flyer. Fasilitas ini memungkinkan perempuan untuk dapat memilih tempat duduk baik sebelum pemesanan ataupun setelah pemesanan. Tempat duduk yang ditawarkan adalah tempat duduk dekat jendela atau tempat duduk di sisi lorong. Pemberian pilihan ini untuk menghindarkan posisi perempuan yang berada di tengah dan terapit oleh dua penumpang lain.

Ada Crew yang Siap Menyambut

ilustrasi terminal kedatangan [image source]
ilustrasi terminal kedatangan [image source]
Sesampainya di bandara atau destinasi traveling, penumpang perempuan akan disambut oleh crew dari Vistara Airlines yang membawa tulisan #Vistarawomanflyers Assistance Arrivals. Crew yang disediakan maskapai penerbangan ini tersedia untuk membantu wisatawan wanita dengan barang bawaan dan dapat mengantarkan mereka ke tempat taksi berdasarkan permintaan dari penumpang. Sehingga servis penjagaan keamanan dan kenyamanan terhadap penumpang perempuan yang bepergian sendiri benar-benar terlaksana.

Sebuah Bentuk Perhatian Terhadap Keselamatan Wisatawan Perempuan

ilustrasi traveler perempuan [image source]
ilustrasi traveler perempuan [image source]
Meski terlihat sangat sepele, layanan ini sangat penting untuk negara yang memiliki kekhawatiran terhadap keselamatan wisatawan perempuan. Selama program ini berjalan, maskapai ini telah memperkirakan sebanyak 75 hingga 100 perempuan telah menggunakan program ini. Program ini, memang disediakan sebagai upaya untuk mengurangi tingkat kecemasan perempuan pelanggan maskapai ini.

India Negara yang Memiliki Tingkat Kekerasan Seksual Tinggi Terhadap Perempuan

Taj Mahal, salah satu destinasi wisata di India [image source]
Taj Mahal, salah satu destinasi wisata di India [image source]
India memang kerap kali terdapat kejadian seperti ini. Seperti yang terjadi dan terangkat oleh media pada awal tahun 2017. Maka dari itu pemerintah Inggris telah memberikan peringatan kepada warganya yang akan berwisata ke India untuk lebih berhati-hati. Banyaknya kasus kekerasan yang juga terjadi pada tempat wisata menandakan bahwa juga terdapat kemungkinan untuk wanita asing juga menjadi korban. Maskapai ini, bukan satu-satunya fasilitas publik yang berusaha memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap perempuan. Bahkan negara ini juga menyediakan gerbong kereta dan taksi khusus untuk perempuan.

Ternyata ada alasan yang penting ya di balik program yang ditawarkan oleh maskapai yang satu ini. Selalu waspada ketika traveling ya.

 

Advertisement
Tags
India Maskapai Vistara New Delhi
Share