Indahnya Wisata Alam di Simalungun Sampai Bikin Kamu Termenung

Advertisement

Liburan ke Danau Toba, rugi kalau tidak mampir ke Simalungun. Kabupaten yang bisa di tempuh selama 5 jam dari Medan ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Bahkan, bisa-bisa kamu tidak mau pulang setelah sampai di sini. Wah, lalu apa saja sih ditawarkan oleh Simalungun?

1. Kebun Teh dengan Danau di Dalamnya

Kebun Teh Simalungun
Kebun Teh Simalungun [image source]
Objek wisata pertama yang bakal membuatmu terpesona akan keindahannya adalah Kebun Teh Bahbutong, Sidamanik. Terletak di Desa Simantin 2, tepatnya sebelum Pabrik Kebun Teh Sari, di seberang Gereja HKBP Sinaman 2, destinasi ini tidak hanya menawarkan perbukitan teh yang hijau. Ternyata, di dalamnya juga terdapat sebuah danau berukuran kecil yang belakangan menarik perhatian wisatawan. Danau tersebut bernama Rawang yang merupakan bekas galian tanah di tengah kebun teh. Sidamanik memang terbilang cukup jauh dari pusat kota. Butuh waktu satu hingga dua jam dari Raya yang sejak tahun 2008 lalu menjadi ibukota Simalungun. Pun demikian, kamu bakalan puas saat sampai di objek wisata alam satu ini.

Danau di Tengah Kebun Teh Sumut
Danau di Tengah Kebun Teh Sumut [image source]
Lokasi : Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara 21171

2. Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit Indah Simarjarunjung Simalungun
Bukit Indah Simarjarunjung Simalungun [image source]
Lokasi Simalungun berada di sebelah timur Danau Toba, tentu saja ada banyak spot cantik untuk melihat pemandangan keren. Salah satunya adalah Bukit Indah Simarjarunjung yang beberapa waktu lalu populer dan hits banget di sosial media. Seperti di Kalibiru, destinasi satu ini juga dilengkapi dengan rumah pohon eksotis yang langsung menghadap ke danau. Nah, jika kamu berniat untuk ke sini, lebih baik gunakan baju yang hangat atau membawa jaket. Pasalnya, bukit ini tidak hanya dingin tapi juga berangin kencang.

Bukit Indah Simarjarunjung
Bukit Indah Simarjarunjung [image source]
Lokasi : Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara

3. Pemandian Aek Manik

Aek Manik
Aek Manik [image source]
Di kecamatan Sidamanik tidak hanya terkenal akan kebun tehnya saja. Ada satu lagi objek wisata air yang pastinya tidak kalah menawan dan menakjubkan. Bernama Aek Manik, sebuah pemandian dengan air yang bening seperti kaca. Sementara kedalamannya hanya 1 hingga 1,5 meter, cocok untuk berendam bersama keluarga atau teman dekat. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berfoto dengan batu-batu besar di sekitar kolam. Untuk menuju ke sini, kamu bisa naik bus dari Medan. Kemudian dilanjutkan dengan naik angkutan berwarna biru jurusan Sidamanik. Nah, jika tidak sabar menunggu, boleh nih sewa motor di pusat kota yang cukup terjangkau mulai dari Rp. 60.000.

Pemandian Aek Manik
Pemandian Aek Manik [image source]
Lokasi : Kecamatan Sidamanik, Kota Pemantang Siantar, Propinsi Sumatera Utara

4. Air Terjun Tonduhan

Air Terjun Tonduhan
Air Terjun Tonduhan [image source]
Tidak hanya memiliki danau di tengah kebun teh, Simalungun juga punya air terjun eksotis di kawasan perkebunan kelapa sawit. Destinasi satu ini bernama Air Terjun Tonduhan yang berada di Desa Buntu Bayu, Kecamatan Tonduhan, Simalungun. Menariknya lagi, selama perjalanan kamu bakal disuguhkan dengan pemandangan persawitan. Tidak perlu khawatir, jalannya menuju Tonduhan sudah beraspal sehingga kamu bakalan menikmati keindahan objek wisata ini lebih cepat. Setidaknya membutuhkan waktu 2,6 jam dari Pematang Siantar. Nah, tidak membawa bekal saat ke sini, mampir saja di Rumah makan Putri yang berjarak 350 m dari air terjun.

Air Terjun Tonduhan Sumut
Air Terjun Tonduhan Sumut [image source]
Lokasi : Saribu Asih, Hatonduhan, Simalungun, Saribu Asih, Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara

Selama ini Simalungun hanya terkenal akan Parapat saja karena menjadi salah satu tempat paling terkenal melihat keindahan danau Toba. Padahal masih banyak destinasi lain yang lebih menarik dan menakjubkan. Nah, tunggu apalagi, buruan rencanakan liburanmu ke sini. Jangan lupa untuk mampir ke kota lain seperti Tapanuli dan Deli Serdang, ya!

Advertisement
Tags
Alam Explore Simalungun
Share