Pilihan Sate Legendaris di Jogja, Susah Berhenti Makan Saking Enaknya

Advertisement

Jogja benar-benar istimewa. Selain memiliki banyak sekali destinasi wisata alam dengan panorama yang eksotis, daerah di Indonesia yang juga memiliki julukan sebagai Kota Gudeg ini juga menyuguhkan beragam kuliner enak. Beragam kuliner seakan “bermukim” dengan keragaman yang disuguhkan Jogja. Salah satu kulinernya adalah sate. Ternyata banyak sate legendaris di Jogja yang rasanya bisa bikin tergila-gila saking nikmatnya, seperti daftar di bawah ini.

1. Sate Petir Pak Nano

Sate Petir Pak Nano, Via Instagram voilajogja
Sate Petir Pak Nano, Via Instagram voilajogja

Sate Petir Pak Nano adalah salah satu yang melegenda si Jogjakarta. Tempat menjual sate ini sudah mulai beroperasi sejak tahun 1984 yang lalu. Lokasinya berada di Dusun Menayu, Kelurahan Tirtonimo, Kecamatan Kasihan, Bantul. Menu yang banyak difavoritkan oleh para pelanggan adalah sate daging kambing dengan citarasa super pedas yang bikin panas, namun pingin lagi dan lagi. Bahan yang bikin rasanya makin pedas adalah irisan cabai rawitnya. Bak ranjau dan “boom” meledak di dalam mulut.

2. Sate Tukangan

Sate Tukangan, Via Instagram jogjaeatguide
Sate Tukangan, Via Instagram jogjaeatguide

Tidak kalah legendaris dari yang sebelumnya adalah Sate Tukangan yang berada di Jl. Ttuakangan. Ini merupakan penjual sate sederhana, tapi rasanya jangan ditanya, benar-benar istimewa. Bagaimana tidak, sate ini sangat populer sampai-sampai baru dua jam saja sudah ludes diburu oleh para pembeli. Belum jelas kapan adanya di situ, namun yang pasti sudah lama dan sampai sekarang peminatnya masih menggila.

3. Sate Ayam Podomoro

Sate Ayam Podomoro, Via Instagram shecreatbelly
Sate Ayam Podomoro, Via Instagram shecreatbelly

Sudah bertahan sejak tahun 1975 tahun yang lalu, Sate Ayam Podomoro masih bertahan sampai sekarang ini. Ada tiga cabang yang bisa kamu datangi untuk mencoba Sate Ayam Podomoro, yakni di Jogja, Magelang, dan juga Klaten. Untuk yang berada di Jogja, lokasinya berada di Jl. Mataram No. 11, Suryatmajan, Danurejan, Jogja. Sate di sini terbuat dari daging ayam kampung yang terkenal alot. Tapi dengan cara pengolahan mereka, sate ayam kampung di sini memiliki tekstur yang empuk.

4. Sate Gading

Sate Ayam Gading, Via Instagram makankeliling
Sate Ayam Gading, Via Instagram makankeliling

Ada sate lainnya yang berada di Pasar Gading, Jogja yang diberi nama dengan Sate Gading. Tempat makan satu ini mulai buka pukul 16:00 sore sampai habis. Tapi, saat membeli sate di sini kamu harus sabar ya, karena antriannya mengular. Di sini juga menyuguhkan sate ayam kampung dengan tekstur yang empuk. Lokasi menjual sate yang perlu untuk dikunjungi saat berada di Jogja ya.

5. Warung Sate Samirono

Sate Samirono, Via Instagram samirono_jakal
Sate Samirono, Via Instagram samirono_jakal

Didirikan oleh H. Syafe’i pada tahun 1977 yang lalu, Warung Sate Samirono ini masih berjaya ditengah kerasnya persaingan di Jogja. Ini merupakan tempat makan yang berlokasi di Jl. Colombo 105/38, atau mudahnya berada depan GOR Universitas Negeri Yogjakarya (UNY). Ini merupakan tempat makan yang buka selama 24 jam penuh. Selain sate, ada banyak menu lainnya yang dijajakan, sebut saja tongseng, tengkleng, sampai nasi goreng.

6. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong, Via Instagram mod_eka
Sate Klathak Pak Pong, Via Instagram mod_eka

Berada di Jl. Imogiri Timur, Km. 10, Wonokromo, Pleret, Bantul, Sate Klathak Pak Pong ini masuk ke dalam jajaran sate legendaris di Jogja. Sate yang pengolahannya memanfaatkan jeruji besi dari sepeda ini ternyata sudah ada sejak tahun 1960-an. Awalnya hanya mangkal saja, dan baru diseriusi pada tahun 1997 oleh Pak Pong. Ini merupakan resep dari kakek Pak Pong. Buat kamu yang ingin icip-icip sate ini, harap bersabar lantaran antriannya sangat membludak.

Itulah sate legendaris di jogja, bisa dinikmati kelezatannay saat sedang berjelajah ya. Jadi, kapan nih rencanannya main lagi ke Jogja?

Advertisement
Tags
kuliner Jogja sate legendaris di Jogja sate legendaris Jogja
Share