Kulineran Sate Kere di Solo dengan Porsi Melimpah

Advertisement

Pernah dengar sate kere? Kuliner unik khas Solo ini lahir karena mahalnya harga sate daging bagi kalangan menengah ke bawah di zaman dulu. Hanya kalangan menengah atas yang bisa membelinya. Karenanya, munculah ide membuat sate dengan bahan dasar jeroan sapi. Bahkan ada juga yang menggunakan tempe gambus sebagai pengganti daging. Siapa sangka, hidangan tersebut kini difavoritkan banyak orang. Beberapa warung dengan menu tersebut juga tak pernah sepi pengunjung, Seperti di bawah ini.

1. Sate Kere Yu Rebi

Sate Kere Yu Rebi, Solo
Sate Kere Yu Rebi, Solo via instagram/@kuliner_palu

Pecinta kuliner Solo, pasti tak asing lagi dengan warung Sate Kere Yu Rebi. Letak tempat makan ini di Jalan Kebangkitan Nasional Kios 1-2, Taman Sriwedari. Menu utama yang dijual adalah sate kere yang berupa sate tempe gembus dan aneka jeroan. Tak hanya itu, ada juga daging yang bisa dikombinasikan dengan sate kere. Seporsinya disajikan bersama bumbu kacang sedap, irisan bawang merah, serta cabai. Kamu pun bisa menambah lontong agar makin kenyang. Jangan kaget, harga seporsinya di sini terbilang cukup mahal, yaitu mulai dari Rp35.000.

Sate Kere Yu Rebi
Sate Kere Yu Rebi via instagram/@sbykulinerinfo

2. Sate Kere Mbak Tug

Sate Kere Mbak Tug, Solo
Sate Kere Mbak Tug, Solo via instagram/@amazingindonesiafood

Warung sate kere berikutnya yang bisa kamu coba saat liburan ke Solo adalah Sate Kere Mbak Tug. Letaknya di Jalan Arifin No.63 dan buka dari jam satu hingga tiga sore. Harga per tusuknya hanya Rp2.000 dengan berbagai pilihan sate yang menggiurkan. Ada sate babat, ginjal, kikil, usus, tempe hingga menjes atau tempe gembus. Nah, kamu pun bisa memesan sate daging sapi yang disajikan bersama siraman bumbu kacang spesial.

Sate Kere Mbak Tug
Sate Kere Mbak Tug via instagram/@muhlis_adi

3. Sate Kere Mbah Ranu

Sate Kere Mbah Ranu, Solo
Sate Kere Mbah Ranu, Solo via instagram/@angputranto

Banyaknya kuliner kekinian di Solo, tak membuat makanan tradisionalnya dilupakan. Buktinya, warung sate kere milik Mbak Ranu masih ramai dikunjungi. Tempat makan yang terletak di Jalan Popda No. 1, Nusukan ini menyediakan aneka sate kere dengan harga seporsi hanya Rp12.500. Isinya lengkap dari 10 jeroan sapi, tiga gembus serta lontong. Kamu pun bisa memesan campur dengan paru, kikil, iso, hingga koyor. Tentu dengan harga yang berbeda.

Sate Kere Mbah Ranu
Sate Kere Mbah Ranu via insatagram/@angputranto

4. Sate Kere Mbah Yem

Sate Kere Mbah Yem, Solo
Sate Kere Mbah Yem, Solo via instagram/@zgnusantara

Tempat makan berikutnya yang menawarkan sate kere ada di depan Kantor Kelurahan Kemlayan. Tepatnya di Jalan Sukoreno. Penjual makanan enak dan merakyat ini bernama Mbah Yem yang sudah puluhan tahun berjualan sate. Sebelum menetap di sini, Mbah Yem sempat menjual dagangannya keliling pasar. Nah, untuk harga seporsi sate kere hanya Rp10.000. Isinya lima tempe gembus, tiga jeroan, dan satu ketupat. Murah meriah bukan?

Sate Kere Mbah Yem
Sate Kere Mbah Yem via instagram/@dhikanov

Nah, sudah tahu kan di mana saja tempat makan sate kere di Solo. Selain di kota kelahiran Presiden Joko Widodo, sate ini juga dapat kamu temukan di Jogja. Jadi, kapan nih jelajah kuliner enak di Solo?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner sate Solo Surakarta
Share