Berawal dari Klaten Sate Kardjan Tetap Eksis Hampir 100 Tahun

Advertisement

Sate adalah kuliner asli Indonesia yang tersebar di berbagai penjuru Nusantara. Ada banyak macam, salah satunya adalah sate buntel. Merupakan penganan khas Jawa Tengah yang diolah dari daging kambing cincang. Di Bandung ada salah satu tempat legendaris yang menawarkannya yakni Sate Kardjan yang kehadirannya hampir 100 tahun.

Sate Kardjan Dirintis Sejak Tahun 1925

Sate Kardjan, via Instagram/lets.go.eat
Sate Kardjan, via Instagram/lets.go.eat

Sate Kardjan merupakan tempat legendaris yang sudah eksis sejak tahun 1924. Tempat makan ini digagas oleh Pak Kardjan yang menjual satenya di Klaten, Jawa Tengah. Namun sekitar tahun 1960, Sate Kardjan pindah ke Bandung dan populer sampai saat ini.

Rahasi Kenikmatan Sate Kardjan yang Melegenda

Proses pembakaran, via Instagram/dad_dish
Proses pembakaran, via Instagram/dad_dish

Untuk mendapatkan sate yang enak, terutama untuk sate buntel, daging yang digunakan adalah yang dari kambing berusia di bawah 5 bulan. Ditambah lagi dengan nanas yang membuat dagingnya tidak prengus. Tidak hanya untuk itu, jenis sate yang lainnya juga memanfaatkan bumbu yang segar dan pas.

Suguhan yang mantap, via Instagram/duta.bakso.tasikmalaya
Suguhan yang mantap, via Instagram/duta.bakso.tasikmalaya

Selain sate berbahan kambing (sate buntel dan sate kambing) ada juga sate ayam yang bisa kamu coba di sini. Tak hanya sate-satean, kamu juga bisa menikmati olahan lainnya seperti halnya sop kambing dan lain-lain. Namun dari banyaknya menu yang disuguhkan, menu yang difavoritkan di sini adalah sate buntelnya.

Penyajian Sate yang Unik dengan Hot Plate

Menu-menu yang ditawarkan, via Instagram/grignothe
Menu-menu yang ditawarkan, via Instagram/grignothe

Selain bahan yang berkualitas dan resep turun temurun yang digunakan, penyajian dengan hot plate membuat rasa sate makin awet nikmatnya. Sajian sate akan tetap hangat dan matang makin merata. Sayur-sayurnya juga tidak pelit. Sudah terbayang enaknya?

Alamat Sate Kardjan di Bandung

Sate buntel, via Instagram/satekardjancibubur
Sate buntel, via Instagram/satekardjancibubur

Sate Kardjan ini berada di Jl. Pasir Kaliki. Bukanya mulai dari 11:00 hingga 23:00 WIB. Ada cabang lainnya yang bisa dikunjungi. Misalnya saja di Paskal Hyper Square, Jl. Lodaya dan juga di Jl. Ciumbuleuit. Satu porsi sate kambing dipatok Rp49.000, sate buntel Rp35.000.

Sate akan menghangatkan tubuh saat kamu jalan-jalan di Bandung. Ditambah dengan nasi, wah bisa bahagia kekenyangan. Jadi kapan kamu akan mampir?

Advertisement
Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat kuliner sate kardjan
Share