Aneka Sambal Nusantara Yang Dijamin Bikin Lahap Makan

Advertisement

Sambal telah menjadi teman pelengkap untuk segala hidangan. Rasanya kalau makan tak ada sambal, seperti makan sayur tanpa garam. Hambar! Dan saking doyannya pada sambal, harga cabai yang naik lebih bisa bikin masyarakat pusing tujuh keliling ketimbang harga beras yang naik.

Kecintaan masyarakat Indonesia pada sambal juga terlihat pada populernya tempat-tempat makan yang menawarkan menu dengan beraneka jenis sambal. Selain itu, aneka masakan yang disajikan dengan sambal super pedas juga selalu ramai didatangi. Nah, berikut adalah beberapa jenis sambal khas Indonesia yang dijamin bikin selera makan tambah lahap.

1. Sambal Matah

Kata matah dalam bahasa Bali berarti mentah. Ya, bahan dari sambal ini memang disajikan mentah, tanpa digoreng terlebih dulu. Cara membuatnya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan serai, bawang merah, terasi bakar, air jeruk nipis, daun jeruk purut, garam, dan minyak goreng.

Sambal Matah [Image source]
Sambal Matah [Image source]
Semua bahan dirajang kasar. Kemudian dicampur dan disiram dengan minyak goreng yang sudah dipanaskan terlebih dulu. Sambal ini biasanya disajikan bersama ikan bakar, tapi Anda juga bisa menyantapnya bersama ayam.

2. Sambal Bawang

Ini adalah salah satu jenis sambal yang sering dijumpai di daerah Jawa Tengah. Namun, popularitas dari sambal ini sudah menyebar ke seluruh Pulau Jawa karena rasa pedasnya yang selalu bikin ketagihan. Bahan-bahan dari sambal bawang sendiri sangatlah simpel.

Sambal Bawang [Image source]
Sambal Bawang [Image source]
Cukup sediakan cabe rawit, bawang putih, garam, gula pasir, penyedap rasa, dan minyak goreng/sayur. Cincang kasar semua bahan, lalu masukkan garam dan gula sesuai selera. Terakhir, minyak goreng/sayur yang telah dipanaskan terlebih dulu, disiramkan ke hasil ulekan.

3. Sambal Terasi

Ini adalah salah satu jenis sambal khas Indonesia yang paling sering dijumpai di warung atau bahkan restoran. Rasanya yang khas, karena ada campuran terasinya, semakin membuat selera makan meningkat. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal ini juga tidak terlalu rumit.

Sambal Terasi [Image source]
Sambal Terasi [Image source]
Anda cukup menyediakan cabai kecil, tomat, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, terasi, gula pasir (gula merah), dan garam. Goreng sebentar cabai, tomat, bawang merah, dan bawang putih. Kemudian angkat dan ulek bersama garam dan gula. Tambahkan terasi untuk memperkuat rasanya.

4. Sambal Keluak

Sambal keluak memang tidak sepopuler sambal terasi atau sambal matah yang sudah tersohor hingga ke pelosok negeri. Namun, rasa dari sambal ini juga tak kalah nikmatnya dengan jenis sambal yang biasa Anda makan. Untuk membuat sambal ini, Anda tentu harus menyiapkan bahan utamanya yakni biji keluak.

Sambal Keluak [Image source]
Sambal Keluak [Image source]
Biji keluak biasanya dipakai sebagai bumbu untuk membuat rawon, brongkos, atau sup konro. Nah, untuk membuat sambal keluak, pertama-tama keluarkan isi keluak dan sisihkan. Pilih yang manis agar rasa sambalnya lebih enak. Kemudian haluskan cabe, garam, gula, bawang putih (jika mau). Terakhir masukkan isian keluak dan aduk rata.

5. Sambal Colo-Colo

Sambal colo-colo adalah salah satu makanan khas Ambon yang populer di tanah air. Dan sambal ini terkenal sangat pedas. Bagi masyarakat Ambon, colo-colo sendiri sudah dianggap sebagai menu yang harus selalu ada di meja makan. Biasanya, itu disantap dengan ikan bakar atau goreng.

Sambal Colo-Colo [Image source]
Sambal Colo-Colo [Image source]
Bahan untuk membuat sambal ini juga terbilang sederhana dan mudah ditemui di pasar. Seperti halnya sambal matah, bahan dari colo-colo juga disajikan mentah. Sediakan cabai rawit (iris kasar), bawang merah (iris kasar), tomat hijau (potong dadu), garam, gula pasir, dan penyedap rasa. Semua bahan dicampur lalu diberi perasan jeruk nipis.

Inilah lima sambal khas Indonesia yang bisa menjadi teman bersantap Anda di rumah. Dijamin, selera makan Anda pasti akan langsung bertambah!

Advertisement
Tags
Indonesia kuliner Sambal
Share