Sambal Ganja, Menu Asli Aceh yang Lezat dan Kontroversial

Advertisement

Ganja ternyata menjadi sajian khas Aceh, tidak percaya? Datang saja ke warung makan Aceh di sana selalu ada menu yang satu ini. Di tempat ini pula orang-orang bebas mengkonsumsi ganja tanpa takut berurusan dengan hukum. Eits namun jangan salah sangka dulu, ganja di sini adalah kuliner khas Aceh bernama Sambal Ganja.

Mendengar nama sambal ganja tentu yang pertama kali muncul di benak Anda adalah daun ganja sayur yang suka dicampurkan dalam menu masakan atau malah ganja tanaman terlarang itu. Sambal ganja Aceh bukanlah makanan haram, ini hanya masalah penamaan saja yang unik namun komposisi sambal ini mengandalkan cita rasa khas belimbing wuluh serta udang.

Sambal Ganja Aceh, foto via food.detik.com
Sambal Ganja Aceh, foto via food.detik.com

Sambal Aceh ini beda dari sambal-sambal lain seperti sambal tomat atau sambal terasi. Rasa asam lebih mendominasi sambal ini dan itulah letak kekhasan dari sambal Serambi Mekah. Belimbing wuluh dipakai sebagai pemicu rasa asam sedangkan udang kali digunakan sebagai penonjol rasa gurih. Semua itu dicampur dengan bumbu rempah sehingga menghasilkan rasa sambal yang mantap.

Pemakaian belimbing wuluh dalam pembuatan sambal ini disebabkan daerah Aceh yang kaya akan tanaman jenis ini. Satu lagi yang pasti selalu tersaji dalam sambal ganja Aceh ini yaitu rasa pedas yang meledak di mulut. Masakan dari daerah di ujung barat Indonesia ini memang selalu identik dengan rasa yang pedas sehingga sangat cocok untuk dinikmati para pecinta masakan pedas.

Ayam Tangkap Aceh, foto via www.tribunnews.com
Ayam Tangkap Aceh, foto via www.tribunnews.com

Sambal ganja ini sangat pas untuk menjadi pelengkap aneka makanan khas Aceh semisal ayam tangkap. Ayam tangkap merupakan ikon kuliner di provinsi tersebut dan sudah sangat populer di Indonesia. Ciri khas makanan ini adalah daging ayam kampung yang dipotong kecil-kecil dan dibumbui dengan berbagai rempah kemudian digoreng hingga kering. Tak lupa pula ditambahkan dedaunan seperti daun pandan, daun kari dan cabai hijau yang diaduk jadi satu sehingga terlihat membres.

Sambal ganja paling mantap dipadukan dengan menu ayam tangkap, foto via www.dessey.me
Sambal ganja paling mantap dipadukan dengan menu ayam tangkap, foto via www.dessey.me

Pada saat tsunami menerjang aceh di tahun 2004 silam, menu ayam tangkap ini sempat dijuluki dengan nama lain yaitu nasi tsunami hal ini merujuk pada penyajian makanan yang awut-awutan seperti keadaan Aceh yang porak-poranda kala itu. Penasaran ingin mencoba?

Advertisement
Tags
Aceh Indonesia Sambal Sambal ganja
Share