Sacholate, Keripik Tempe Khas Malang yang Nyoklat Banget!

Advertisement

Malang sebelumnya dikenal dengan julukan Kota Apel. Namun jika diperhatikan lebih seksama, kota berhawa dingin ini lebih layak disebut Kota Tempe. Ya, tempe olahan Malang dikenal berkualitas dan punya rasa khas, salah sattunya adalah Sacholate.

Belakangan bahkan mulai muncul beragam olahan kreatif berbahan tempe di Malang. Paling unik adalah Sacholate, keripik tempe dengan sensasi rasa coklat. Penasaran kan? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Tempe Khas Malang

Tempe khas Malang (c) Sri Rahayu/Travelingyuk

Sebelum membahas lebih dalam mengenai Sacholate, ada baiknya Teman Traveler kenalan dulu dengan tempe Malang. Apa sih yang membuatnya begitu istimewa? Ada yang bilang karena bahan baku utamanya, kedelai dan air. Namun tidak ada yang tahu pasti soal alasan mengapa tempe Malang begitu lezat dan khas.

Sebenarnya tidak banyak warga Malang berprofesi sebagai perajin tempe. Pusat pembuatan makanan olahan kedelai tersebut hanya bisa Teman Traveler temui di daerah Pandean dan Sanan.

Inovasi Tempe Coklat

Sacholate keripik tempe coklat
Keripik tempe rasa coklat (c) Sri Rahayu/Travelingyuk

Bisnis tempe di Kampung Sanan sempat mengalami kemunduran sejak krisis ekonomi 1998. Kala itu harga bahan baku tempe melambung, hingga berpengaruh pada harga jualnya. Akibatnya, masyrakat mulai enggan membeli tempe.

Banyak tempe produksi sanan lantas teronggok begitu saja. Situasi tersebut lantas memaksa para perajin memutar otak agar produk mereka tak terbuang sia-sia. Di sinilah muncul ide mengolah tempe menjadi keripik.

Bermula dari rasa original tanpa tambahan apapun, keripik tempe sanan kini hadir dalam berbagai varian rasa. Namun, tentu saja yang cukup unik adalah Sacholate, keripik tempe rasa coklat.

Rasanya Coklat Banget

Krezz
Keripik tempe berbalut coklat (c) Sacholate

Awalnya saya sempat ragu saat hendak mencicipi. Apalagi membayangkan tempe dicampur coklat. Tempe cenderung gurih, sementara coklat rasanya manis, kayak kamu. Eh! Maksudnya manis karena makannya sambil lihat kamu hehe.

Lantaran sudah kadung penasaran, saya akhirnya memutuskan membeli sebungkus Sacholate. Apalagi kemasannya menarik, melihat sekali saja langsung tertarik. Sebungkusnya dibanderol Rp15.000 saja. Isinya terdiri dari beberapa buah keripik tempe berbalut bubuk coklat.

Krezz, begitu kira-kira suaranya ketika dimakan. Renyahnya dapat, rasa coklatnya juga kuat. Hampir tidak ada rasa khas tempe. Jenis coklat yang digunakan berkualitas premium, takkan bikin tenggorokan gatal dan batuk. Saat mematahkan kepingannya, kamu bisa melihat lapisan coklat yang cukup tebal.

Oleh-oleh Khas Malang

Sacholate bisa jadi salah satu alternatif oleh-oleh khas Malang. Produk unik dibuat dari tempe khas Kota Bunga dan orang-orang yang membuatnya pun juga merupakan warga sekitar. Tak heran jika banyak wisatawan tertarik membeli. Hampir tiap hari produk tempe coklat habis tak bersisa.

Jika penasaran, Teman Traveler bisa berkunjung ke kawasan Sanan untuk membeli keripik tempe cokelat ini. Namun jika takut kehabisan, kalian bisa langsung memesannya lewat akun Instagram resmi Sacholate.

Bagaimana Teman Traveler, menarik bukan? Tunggu apa lagi, segera buktikan sendiri kelezatan olahan keripik tempe rasa coklat yang tiada duanya ini.

Advertisement
Tags
kontributor kuliner malang Malang Travelingyuk
Share