Pilihan Rumah Singgah Untuk Menginap Gratis Saat Traveling

Advertisement

Dengan backpacker segala hal menjadi mungkin dilakukan. Bermodalkan ratusan ribu saja, sudah bisa liburan manis hingga ke luar pulau. Tentu saja harus berhemat bahkan terkadang sampai tidur di teras masjid. Sebenarnya terdapat cara yang lebih baik, yaitu mengandalkan penginapan gratis yang sudah tersebar di kota-kota besar Indonesia. Seperti di bawah ini.

1. Omah Backpacker

Omah Backpacker
Omah Backpacker [image source]
Tengah liburan ke Malang tapi kehabisan kamar hotel? Atau memang biasanya tidak tinggal di penginapan? Tenang, di kota dingin ini ada rumah singgah gratis bagi wisatawan yang sedang liburan ke sana. Ialah Omah Backpacker yang terletak di kawasan Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso. Meski gratis, pengelola meminta traveler untuk mengganti biaya menginap dengan buku bacaan. Tidak perlu baru, mereka pun menerima buku bekas untuk didistribusikan ke taman baca di desa-desa.

Nama : Omah Backpacker
Alamat : Jl. Raya Ngepeh No. 123, Desa Ngijo, Karangploso, Malang
No. Telepon : 0341 532125

2. Rumah Singgah Banyuwangi

Rumah Singgah Backpacker Banyuwangi
Rumah Singgah Backpacker Banyuwangi [image source]
Selain Malang, Banyuwangi juga memiliki banyak destinasi wisata menarik. Karena itu pula, banyak traveler yang jauh-jauh datang ke kota ini. Melihat potensi wisata daerahnya yang dikunjungi banyak backpacker, seorang pria bernama Meyhesa Rahmat akhirnya membangun penginapan gratis di kawasan Stasiun Karangasem Banyuwangi. Meski tak sebagus hotel, penginapan gratis yang yang terdiri dari 4 kamar mandi , 6 kamar tidur dan 2 ruang terbuka ini selalu ramai. Selain bersih, tempatnya juga aman.

Nama : Rumah Singgah Banyuwangi
Alamat : Depan Stasiun Karangasem, Bakungan, Glagah, Banyuwangi
Telepon : 081913914231

3. Rumah Singgah Lombok Backpacker

Rumah Singgah Lombok [image source]
Lombok memang surganya tempat wisata. Dari ujung barat hingga timur ratusan destinasi sudah membius banyak mata. Karena banyaknya wisatawan itu pula, hotel mewah dan megah ada di sana. Nah, kamu yang memiliki budget sedikit tidak perlu khawatir. Di pulau ini juga terdapat penginapan gratis, yaitu Rumah Singgah Lombok Backpacker yang menyediakan 5 kamar, 2 kamar mandi serta ruang tamu yang luas.

Nama : Rumah Singgah Lombok Backpacker
Alamat : Jl. Bangil V BTN Taman Baru Nomor 6, Pagesangan Timur, Kecamatan Mataram, NTB
Telepon : 082138514446

4. Kontrakan Mas Bayu

Ilustrasi penginapan [image source]
Lombok memang tengah naik daun dengan berbagai destinasi wisata. Meskipun demikian, masih banyak backpacker yang memilih liburan ke pulau dewata Bali. Jika dulu masih susah mendapatkan penginapan, kini sudah ada beberapa tempat nyaman tidak perlu bayar alias gratis. Salah satunya adalah Kontrakan Mas Bayu yang menyediakan dua kamar, ruang tamu serta free wifi. Lumayan kan bisa menjadi solusi terbaik untuk menghemat uang?

Nama : Kontrakan Mas Bayu
Alamat : Perum Kori Nuansa Ungasan Blok Nuansa Angkasa III/2, Ungasan, Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali.
Telepon : 08786098549

5. Rumah Singgah Jogja

Rumah Singgah Jogja
Rumah Singgah Jogja [image source]
Sebagai kota di tengah pulau Jawa, Jogja memang membuat banyak orang kangen. Selain keindahan alamnya, budaya di sana juga menyenangkan untuk dieksplore. Tingginya jumlah kunjungan wisatawan, ternyata dibarengi dengan adanya penginapan gratis. Salah satunya adalah Rumah Singgah Jogja yang sama sekali tidak mematok biaya. Wah, lumayan kan uang untuk bermalam di hotel bisa digunakan jalan-jalan dan berburu kuliner.

Nama : Rumah Singgah Jogja
Alamat : Jl. Pleret Balong Banguntapan Bantul Jl. Bantul Km 7,5 Diro Sewon Bantul
Telepon : 0895-3283-22596 (Reza), 0858-6866-8688 (Galant)

Karena gratisan, tentu saja fasilitasnya tidak seperti hotel, tapi pengalaman serta kenalan bakal didapatkan dari tempat satu ini.

Advertisement
Tags
Akomodasi penginapan gratis rumah singgah
Share