Rumah Makan Surya Bendungan Hilir, Legendaris hingga Dikunjungi Pakar Kuliner Dunia

Advertisement

Masakan Padang memang menjadi favorit banyak orang. Cita rasa yang nikmat dengan harga yang bersahabat, tak salah menu-menu di warung masakan Padang jadi laris manis. Di Jakarta ada Rumah Makan Surya Bendungan Hilir yang legendaris. Setiap menunya akan membuat kamu merasa beryukur hidup di Indonesia. Ada apa saja sih?

Rumah Makan Padang yang Telah Dirintis dari Tahun 1964

Rumah Makan Surya, via Instagram/yudamawan
Rumah Makan Surya, via Instagram/yudamawan

Tempat makan di Jakarta ini sudah berdiri sejak tahun 1964. Perintisnya adalah Haji Daswir Gazali. Sekitar tahun 1989, pria kelahiran asli kota Padang ini memindahkan lokasi rumah makannya di Bendungan Hilir. Setelah itu, rumah makan satu ini dikenal luas oleh para pecinta kuliner. Terutama mereka yang gemar sekali menyantap masakan Padang.

Rahasia Kenikmatan Menu-menu yang Ada di Sini

Rumah makan legendaris di Jakarta, via Instagram/wahyuniunie
Rumah makan legendaris di Jakarta, via Instagram/wahyuniunie

Menu andalan yang terdapat di tempat makan ini adalah rendang sampai dengan gulai otaknya yang memiliki rasa nikmat. Bisa bertahan hampir setengah abad lamanya, tentu saja bukan kebetulan semata. Koki yang memasak di tempat makan ini menguasai berbagai resep yang telah turun temurun oleh sang pendahulu.

Bikin lupa diet, via Instagram/mylunch_of_mine
Bikin lupa diet, via Instagram/mylunch_of_mine

Selain mempertahankan cita rasa dan hidangannya, tempat makan ini juga masih kental menjaga tradisi Minang asli. Yakni, berhenti beroperasi dari tanggal satu Ramadan hingga 2 Syawal atau H+ Lebaran.

Ditambah lagi, bangunan tempat makan ini sepertinya tak pernah berubah. Nuansanya merupakan rumah makan lawas, kamu akan diajak bernostalgia di sini.

Pernah Dikunjungi Koki dan Presenter Legendaris Dunia

Anthony Bourdain, via Twitter/desianwar
Alm, Anthony Bourdain (kiri), via Twitter/desianwar

Tak sebatas masakan Padang, ada banyak menu lainnya yang bisa dicoba. Sebut saja nasi goreng, martabak telur, mi goreng, gado-gado, soto, sop buntut ayam pop dengan cita rasa Minang yang kental.

Dengan cita rasa yang nikmat dan pilihan menu beragam, tak salah tempat ini jadi jujukan banyak orang jika kelaparan. Tak terkecuali dengan koki, pakar kuliner, dan presenter legendaris dunia bernama alm. Anthony Bourdain.

Lokasi Rumah Makan Surya Bendungan Hilir

Lokasi yang begitu populer, via Instagram/apriej
Lokasi yang begitu populer, via Instagram/apriej

Rumah Makan Surya berlokasi di Jl. Bendungan Hilir No. 5, Tanah Abang, Jakarta pusat. Buka setiap hari, mulai dari jam 07:00 hingga pukul 21:00 malam. Harganya tidak kalah terjangkau dengan rumah makan Padang lainnya. Satu porsi nasi rendang dibanderol Rp28.000, soto Padang Rp30.000.

Pecinta masakan Padang, kudu coba kuliner ini jika sedang berada di Ibu Kota. Kamu akan bersyukur pernah mencobanya. Bagaimana, tergiur untuk mencicipi kenikmatannya?

Advertisement
Tags
Indonesia Jakarta kuliner Rumah Makan Surya Tempat makan padang di Jakarta
Share