Mulai Sulit Dijumpai, Ini Keunikan Rumah Kaki Seribu Milik Suku Arfak di Papua Barat

Advertisement

Rumah adat merupakan salah satu bangunan yang sarat akan nilai luhur budaya Indonesia. Dari sekian banyaknya rumah adat, tentu memiliki keunikan tersendiri yang menarik untuk diperhatikan. Jika kita melangkahkan kaki di Papua Barat, di sini Teman Traveler akan menemukan sebuah rumah adat yang bernama Rumah Kaki Seribu kepunyaan suku Arfak. Sayangnya, sampai saat ini makin sulit ditemukan. Yang sudah penasaran bisa langsung kepoin yuk!

Rumah Milik Suku Arfak

Rumah Milik Suku Arfak
Rumah Milik Suku Arfak via Instagram/suryadi_achuy

Rumah kaki seribu atau yang lebih dikenal dengan nama Mod Aki Aksa atau Igkojei merupakan rumah adat khas suku Arfak yang terletak di Papua Barat. Bangunannya berbentuk seperti rumah panggung dan mempunyai tiang pondasi yang hanya terdapat di bagian sisi pinggir rumah. Namun yang menjadi pembeda adalah tiang pondasi tersebar di seluruh bagian bawah rumah dan menjadi tumpuan utama bangunan. Karena itulah disebut sebagai Rumah Kaki Seribu.

Punya Bentuk Unik

Punya Bentuk Unik
Punya Bentuk Unik via Instagram/jangipann

Memiliki tinggi rata-rata sekitar 4×5 meter dan luas mencapat 8×6 meter, rumah berukuran cukup besar dan nyaman untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Tiang-tiang pondasi yang banyak tadi punya diameter berukuran 10 centi dan disusun dengan jarak 30 centi antar tiang. Kerapatan itulah yang menjadikan rumah ini unik dan tampak memiliki kaki yang banyak. Keunikan lain terdapat pada desain rumah yang hanya memiliki dua pintu tanpa adanya jendela.

Melindungi Dari Hewan Buas

Terhindar dari hewan buas
Terhindar dari hewan buas via Instagram/johana.nita

Keunikan tersebut dibuat karena adanya maksud. Tujuannya agar keluarga yang tinggal terhindar dari hewan buas dan udara dingin serta bencana alam seperti badai. Terlebih, kondisi masyarakat dulu yang sering bertikai menjadi alasan mengapa rumah ini memiliki tinggi yang tak biasa. Hal tersebut juga memiliki maksud agar penghuni rumah tetap aman dari ancaman musuh dengan pengawasan yang mudah.

Warisan Budaya

Menjadi warisan budaya
Menjadi warisan budaya via Instagram/michaelby_photograph

Dengan segala modernisasi yang ada, Rumah Kaki Seribu sudah sulit untuk dijumpai sekarang. Masyarakat yang masih menggunakannya merupakan penduduk asli Arfak dan berada jauh di pedalaman terutama di tengah pegunungan Arfak. Oleh karena itu, rumah adat seperti ini layak dan harus tetap dilestarikan. Hal ini penting karena tradisi tersebut akan memberikan nilai positif yang bisa dipelajari untuk generasi masa depan.

Rumah Kaki Seribu merupakan satu dari sekian banyak bentuk kekayaan budaya di Indonesia. Walaupun sederhana, rumah adat tersebut dapat dijadikan sebagai bentuk pembelajaran dan pengetahuan untuk generasi di masa depan.

Advertisement
Tags
Indonesia papua barat rumah adat papua rumah kaii seribu Wisata
Share