Di Kalimantan Selatan Ada Rumah Seperti di Film “Up”

Advertisement

Pernah melihat film animasi berjudul “Up”? Sebuah film yang mengisahkan seorang kakek yang menerbangkan rumahnya dengan menggunakan ratusan balon menuju air terjun tertinggi di dunia yaitu Angel Falls. Nah, di Kalimantan Selatan tepatnya di Kota Banjarbaru terdapat sebuah rumah yang mirip sekali dengan yang ada di film tersebut. Penduduk sekitar menyebutnya dengan Rumah Sangkut.

Sebuah rumah sederhana menjadi pusat perhatian masyarakat karena posisinya berada di atas gundukan tanah menyerupai tebing di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Kawasan dimana rumah ini berada adalah area perumahan Graha Praja Indah Banjarbaru yang tengah digarap. Pengembang melakukan pengerukan di area sekitar Gunung Kupang untuk diratakan, namun entah mengapa pengembang seakan dengan sengaja menyisakan satu rumah yang posisinya tepat berada di tengah.

Rumah Sangkut [image source]
Gara-gara keunikan tersebut kini kawasan perumahan yang sedang dalam proses penggarapan ini menjadi ramai dikunjungi warga dan juga traveler dari berbagai kota bahkan ada yang dari luar pulau. Semakin terkenalnya rumah Sangkut Gunung Kupang ini semakin banyak pula julukan yang disematkan padanya mulai dari hanging House, Rumah Jomblo hingga Rumah Setan. Tapi bagi Travelingyuk rumah ini malah mirip dengan rumah yang ada di film Up cuma minus balon saja.

Rumah Sangkut [image source]
Bentuk rumah ini biasa saja bahkan terlihat kurang terawat dan hanya terbuat dari papan kayu. Tapi yang membuat traveler rela datang dan mengabadikan fotonya adalah karena posisinya yang menarik sehingga hasil fotonya bisa instagramable. Jadi rumah ini berada di gundukan tanah yang tinggi dimana kiri kanannya telah dikeruk sehingga membuatnya seperti sendirian menghadap ke langit.

Rumah Sangkut [image source]
Anehnya tidak ada informasi yang jelas mengenai maksud dari pengembang menyisakan satu rumah di atas gundukan tanah ini. Namun menurut desas-desus yang beredar di masyarakat sekitar konon pengembang tidak berani mengotak-atik rumah ini lantaran dipercaya ada penghuninya. Oleh sebab itu mereka menyisakannya agar tetap berdiri tegak di sana.

Rumah Sangkut [image source]
Untuk menaiki hingga ke atas Gunung Kupang kamu bisa melewati tangga kayu yang disediakan di sana. Dari atas selain bisa selfie dengan latar belakang Rumah Sangkut kamu juga bisa melihat kompleks perkantoran pemerintahan Kalimantan Selatan dari kejauhan. Meski bukan tempat wisata namun mampir ke sana sepertinya layak untuk kamu coba.

Lokasi : Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Rumah yang cantik dan unik semakin menambah daya tarik tempat wisata Kalimantan Selatan. Kamu pasti akan menemukan kekaguman sendiri setelah berkunjung ke sana. Jada jangan buang-buang waktu, yuk segera atur jadwal untuk liburan.

Advertisement
Tags
Banjarbaru Indonesia Kalimantan Selatan Rumah
Share