Mau River Tubing di Klaten Gratis? Bisa kok Cukup Bayar Pakai Sampah

Advertisement

Kabupaten Klaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini, menawarkan wisata berupa umbul atau mata air. Diantaranya Umbul Ponggok, Umbul Kapilaler, Umbul Manten, Umbul Geneng, dan banyak lainnya. Selain menawarkan air jernih dan bisa dimanfaatkan untuk berenang, objek wisata tersebut diburu oleh pecinta foto di bawah air. Namun tidak hanya umbul, ada juga river tubing di Klaten yang salah satunya River Tubing Pusur Adventure. Lihat yuk seseru apa.

Bayar Pakai Sampah

River Tubing Bayar Pakai Sampah via Twitter @sekolahsungaik1
River Tubing Bayar Pakai Sampah via Twitter @sekolahsungaik1

Bermain river tubing merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus mendebarkan, namun di river tubing di Klaten satu ini akan merasakan pengalaman berbeda. Biasanya untuk dapat bermain olahraga air ini perlu menyiapkan budget Rp50 ribu, kali ini bisa gratis. Cukup dengan menyerahkan sampah seperti kertas, plastik, botol, dan lainnya. Sampah akan dipilah kemudian ditimbang, ditentukan berapa harganya. Kalau sudah mencukupi, Teman Traveler bisa langsung menyusuri sungai menggunakan ban.

Inisiatif dari Sekolah Sungai Klaten

Membersihkan Sungai, Salah Satu Program Sekolah Sungai Klaten dan Para Relawan via Twitter @sekolahsungaik1
Salah Satu Program Sekolah Sungai Klaten dan Para Relawan via Twitter @sekolahsungaik1

Sekolah Sungai Klaten bertujuan agar para relawan yang telah lulus dari program dapat menjaga dan mengajak warga Klaten untuk memelihara sungai. Terutama agar masyarakat menyadari bahwa membuang sampah sembarang khususnya di bantaran sungai, dapat menyebabkan keseimbangan ekosistem sungai menjadi terganggu. Salah satu kegiatan Sekolah Sungai Klaten ini dilakukan di Sungai Pusur. Menyusuri sungai di salah satu river tubing di Klaten dengan membayar menggunakan sampah merupakan ide dari Komunitas Sungai Pusur Polanharjo.

Bermain Air Sekaligus Peduli Lingkungan

Berwisata Sekaligus Peduli Lingkungan via Instagram @rivertubingpusuradventure
Berwisata Sekaligus Peduli Lingkungan via Instagram @rivertubingpusuradventure

Tidak sedikit penduduk Indonesia yang masih membuang sampah di sungai, baik di bantaran atau langsung dilempar ke aliran sungai. Hal tersebut tentu saja tidak hanya merugikan lingkungan sekitar dan diri sendiri dalam waktu pendek, namun dampak besarnya akan terasa sampai jangka waktu panjang. Diadakannya program tersebut, pelancong tidak hanya dapat berwisata namun juga turut peduli pada lingkungan. Serta memberikan contoh kepada masyarakat, salah satu cara untuk memanfaatkan sampah adalah dengan mendaur ulang.

River Tubing Pusur Adventure

River Tubing Pusur Adventure via Instagram @rivertubingpusuradventure
River Tubing Pusur Adventure via Instagram @rivertubingpusuradventure

River tubing di Klaten yang membayar dengan sampah ini dilaksanakan di River Tubing Pusur Adventure yang telah berdiri semenjak tiga tahun lalu. Namun pembayaran dengan sampah baru dilaksanakan pada tahun ini tepatnya mulai 23 Oktober 2018. River Tubing Pusur Adventure berlokasi di Dukuh Wareng, Desa Wangen, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Ditempuh dengan kendaraan bermotor dalam waktu sekitar 35 menit dari pusat Kabupaten Klaten.

Wisata berbasis edukasi di Indonesia kini telah bertambah, seperti river tubing di Klaten yang telah diulas di atas. Diharapkan program tersebut dapat meningkatkan kepekaan warga Indonesia akan pentingnya menjaga lingkungan. Tahukah Teman Traveler destinasi wisata lain di Indonesia yang juga membayar dengan sampah?

Advertisement
Tags
DIY Indonesia Jawa Tengah Klaten Peduli Lingkunga River Tubing Pusur Sungai Wisata
Share