Pentagon di Amerika? Bukan, Ini Pusat Perbelanjaan di China!

Advertisement

Traveler tentu sudah tahu gedung Pentagon di Amerika Serikat. Buat yang belum tahu, Gedung Pentagon itu adalah gedung departemen Pertahanan Amerika Serikat yang berada di Arlington, Virginia. Bentuk bangunannya unik berbentuk segi lima seperti gambar yang kamu lihat di bawah ini. Eits tapi gedung yang ada di gambar ini bukan Pentagon ya, ini adalah pusat perbelanjaan di China.

Travelingyuk yakin traveler tidak akan kaget jika bangunan mirip gedung Pentagon ini berada di China. Sebab semua sudah tahu jika negeri Tirai Bambu memang jago dalam “menjiplak” bangunan. Jangankan bangunan, desa wisata hingga kota-kota di Eropa saja bisa “diboyong” ke daratan China. Tidak percaya? Kamu bisa baca ulasan Travelingyuk mengenai kota-kota yang dikopi China berikut ini.

Shanghai Pentagonal Mart [image source]
Shanghai Pentagonal Mart [image source]
Kembali lagi ke benang merah, bangunan segi lima yang mirip Pentagon ini namanya adalah Shanghai Pentagonal Mart. Sesuai dengan namanya, fungsi bangunan ini tidak lain sebagai pusat perbelanjaan yang letaknya di distrik Pudong, Shanghai, China. Seperti dilansir Travelingyuk dari situs Shanghaiist, gedung replika Pentagon ini selesai dibangun pada tahun 2009 di atas lahan seluas 28,3 hektar.

Pembangunan gedung yang sangat ambisius ini rupanya tidak sesuai dengan harapan. Hal ini terlihat dari minimnya minat warga untuk datang dan berbelanja di mall yang keren tersebut. Padahal pihak pengembang dilansir telah menghabiskan dana pembangunan sebesar USD$ 287 juta atau setara Rp 3,9 triliun.

Bagian dalam Shanghai Pentagonal Mart [image source]
Bagian dalam Shanghai Pentagonal Mart [image source]
Sebagian kios di dalam pusat perbelanjaan ini terlihat masih kosong. Penyebabnya adalah harga sewa yang terlampau mahal sedangkan posisi mall ini kurang strategis lantaran jauh dari pusat wisata atau pusat keramaian. Alasan lainnya adalah bentuk bangunan yang dianggap mirip labirin dan sangat membingungkan sehingga hanya kios di bagian terluar saja yang terisi sedangkan hingga kini belum ada peminat yang mau menyewa kios bagian dalam karena takut kiosnya sulit ditemukan.

https://www.youtube.com/watch?v=SyrRfHQ3zGQ

Beruntung di tahun 2016 ini ada angin segar dengan dibukanya Shanghai Disney Resort di dekat Shanghai Pentagonal Mart. Jarak keduanya hanya sekitar 8 kilometer. Pihak pengembang berharap banyak dari kehadiran taman bermain milik Disney tersebut. Mereka berharap seiring makin banyaknya pengunjung yang datang ke pusat perbelanjaan ini akan mendorong pedagang untuk menyewa kios-kios yang ada di sana.

Advertisement
Tags
China Luar negeri Pusat Perbelanjaan
Share