Rekomendasi Nasi Kuning di Makassar, Enaknya Tak Kalah dengan Konro dan Coto

Advertisement
Advertisement

Jalan-jalan ke Kota Daeng tentu belum lengkap jika tak mencoba coto atau konro. Namun tahukah Teman Traveler, ada banyak rekomendasi nasi kuning di Makassar yang pantang kalian lewatkan. Rasanya lezat dan pastinya unik jika dibandingkan hidangan serupa di daerah lain.

Tidak seperti di Jawa, nasi kuning di Makassar memiliki ciri khas tersendiri yakni menggunakan sayur labu, meski ada beberapa yang tidak ada. Penasaran? Yuk intip daftar rekomendasi nasi kuning di Makassar berikut ini.

Nasi Kuning Ny.Liem

Nasi Kuning Ny. Liem, via Instagram/mksfoodbang
Nasi Kuning Ny. Liem, via Instagram/mksfoodbang

Nasi Kuning Ny. Liem berlokasi di Jl. Letjen Hertasning No. 100, Bonto Makkio, Rappocini, Makassar. Menu utama di sini adalah nasi kuning, namun banyak hidangan lain yang tak boleh dilewatkan. Misalnya saja ayam lalapan, ayam kalasan, nasi campur, dan nasi goreng jawa.

Seporsi nasi kuning Ny. Liem biasanya disajikan dengan lauk paru goreng, telur, ikan tuna atau cakalang (jika sedang musim). Komponen pelengkapnya terdiri dari bihun, serundeng, sambal goreng dan acar yang bikin makin segar. Jangan takut kantong bolong, satu porsi nasi kuning komplet di sini bisa Teman Traveler tebus dengan Rp27.000 saja.

Nasi Kuning Riburane

Nasi Kuning Riburane, via Instagram/cerita_kulinerku
Nasi Kuning Riburane, via Instagram/cerita_kulinerku

Nasi Kuning Riburane merupakan salah satu kuliner populer dan melegenda di Makassar. Tempat makan satu ini telah dirintis mulai dari tahun 1980-an. Warung sederhana ini buka mulai pukul 07:00 pagi. Namun jangan salah, Nasi Kuning Riburane kerap jadi langganan mantan Presiden SBY jika berkunjung ke Kota Daeng. Alamatnya berada di Jl. Riburane, Pattunuang, Wajo, Makassar, Sulawesi Selatan.

Satu porsi nasi kuning di sini disajikan dengan lauk lengkap. Mulai dari telur pindang, sayur nangka, sayur labu, abon, paru goreng, kentang, dan tak ketinggalan sambal serta taburan kerupuk. Teman Traveler bisa pilih porsi biasa ataupun jumbo. Porsi jumbonya bisa kalian nikmati dengan bermodal Rp40.000, per Januari 2019.

Nasi Kuning Bau Mangga

Nasi Kuning Bau Mangga, via Instagram/ngemiltanpabatas
Nasi Kuning Bau Mangga, via Instagram/ngemiltanpabatas

Nasi Kuning Bau Mangga berlokasi di Jl. Bau Mangga No. 12, Masale, Pankukkang, Makassar. Tempat makan ini mulai buka pukul 08:00 pagi. Nasi kuning di sini diolah secara pas, teksturnya punel, dan tingkat kematangannya juga baik. Satu porsinya disajikan bersama mie, acar, sambal goreng, sayur labu, ditambah lauk sesuai selera.

Tak perlu khawatir kehabisan pilihan lauk, mulai dari ayam kecap, rendang daging, hingga paru masak basah tersedia di sini. Namun yang jadi andalan adalah dangkot bebek, terasa empuk dan lembut ketika digigit. Dengan citarasa yang begitu luar biasa, seporsi nasi kuning di sini bisa Teman Traveler nikmati dengan Rp25.000 saja. Cukup terjangkau kan?

Nasi Kuning Popsa

Nasi Kuning Popsa, via Instagram/enak_tawwa
Nasi Kuning Popsa, via Instagram/enak_tawwa

Tempat populer lainnya adalah Nasi Kuning Popsa yang ada di Jl. Riburane, Makassar. Di sini, satu porsi nasi kuning dihidangkan dengan lauk telur balado, daging, paru goreng, plus tambahan kering ubi, dan abon.

Rasanya bakal semakin nikmat dengan sayur labu yang disajikan dalam mangkuk berbeda. Jangan sampai terlewat, karena kuah santannya memiliki citarasa istimewa.

Satu porsi nasi kuning ukuran besar di Nasi Kuning Popsa dibandrol Rp35.000 saja. Namun jika tak kuat makan dalam porsi jumbo, Teman Traveler bisa memesan porsi kecil seharga Rp20.000.

Nasi Kuning Bagadang

Nasi Kuning Bagadang, via Instagram/sasmitaedo
Nasi Kuning Bagadang, via Instagram/sasmitaedo

Ingin menyantap nasi kuning di malam hari? Teman Traveler langsung saja menuju ke Nasi Kuning Bagadang. Tempat makan ini buka mulai pukul 09:00 malam. Ada beberapa cabang yang bisa kalian datangi, mulai dari di Jl. A.M Sangadji, Jl. A.Y Patty, dan sekitaran Tugu Trikora.

Satu porsi nasi kuning di sini terdiri dari bihun, perkedel, semur ayam, sate jeroan dan beragam lauk pendamping dengan citarasa nikmat. Dengan lauk lumayan banyak, harganya terbilang cukup murah. Hanya sekitar Rp20.000-an saja.

Nasi kuning merupakan makanan yang kerap jadi pilihan untuk sarapan. Jadi, jika Teman Traveler sedang jalan-jalan ke Makassar dan mencari nasi kuning, tempat-tempat yang sudah disebutkan bisa menjadi pilihan tepat.

Advertisement
Tags
Kuliner Makassar Makassar tempat nasi kuning di makassar
Share