Tujuh Rawon Legendaris di Malang, Enaknya Bikin Kenyang

Advertisement

Rawon merupakan kuliner khas Jawa Timur yang memiliki ciri khas warna hitamnya. Warna hitam dari rawon ini berasal dari bumbu yang bernama kluwek. Untuk dagingnya sendiri, biasanya yang dipakai adalah daging sapi. Sangat nikmat disajikan hangat-hangat bersama dengan nasi, tauge, daun bawang, kerupuk udang, dan juga sambal. Sebagai daerah asal rawon, banyak sekali kota di Jawa Timur yang menjualnya. Salah satunya adalah kota Malang. Ada banyak rawon legendaris di Malang yang bisa banget bikin nafsu makan meningkat tajam.

1. Rawon Nguling

Rawon Nguling, Via Instagram njajansik
Rawon Nguling, Via Instagram njajansik

Rawon Nguling ini berada di Jl. Zainal Arifin Nomor 62, Malang. Tempat menjual rawon satu ini sangat legendaris, sudah dibuka sejak tahun 1982 yang lalu. Rawon di sini memiliki kekhasan kuahnya yang berwarna hitam tapi tidak terlalu pekat dan tidak berlemak. Satu lagi yang mungkin akan membuat kamu tergiur untuk segera mencoba Rawon Nguling, yakni potongan dagingnya besar-besar. Tak hanya menu rawon saja, ada banyak pilihan kuliner lain yang bisa dicicipi kenikmatannya, yakni sop buntut beserta ragam penyetan.

2. Rawon Rampal

Rawon Rampal, Via Instagram amazingindonesiafood
Rawon Rampal, Via Instagram amazingindonesiafood

Lokasi menyantap rawon lainnya yang tidak kalah legendaris adalah Rawon Rampal yang terletak di Jl. Panglima Sudirman No. 71A. Rawon Rampal ini sudah berdiri sejak tahun 1957 yang lalu, dan sampai sekarang nyaris tidak pernah sepi. Meskipun harganya bisa terbilang cukup mahal untuk seporsi rawon, namun tetap saja banyak sekali pelanggan yang berdatangan. Salah satu yang membuat para pelanggan sangat setia adalah rasanya yang tidak pernah berubah sejak pertama kali dikeluarkan.

3. Rawon Brintik

Rawon Brintik, Via Instagram surabayafoodies
Rawon Brintik, Via Instagram surabayafoodies

Pilihan lainnya tempat makan di Malang yang menyediakan rawon dengan rasa istimewa dan sudah melegenda adalah Rawon Brintik. Lokasinya berada di Jl. Ahmad Dahlan No. 39. Rawon ini sudah ada sejak tahun 1974 yang lalu. Tempatnya terkesan kuno dan ternyata hal tersebut memang didesain sedemikian rupa sehingga para pelanggan bisa bernostalgia. Rasanya juga sangat juara, tetap sama seperti saat pertama kali berdiri.

4. Pecel dan Rawon Glintung

Rawon Glintung, Via Instagram inge.inggridwidy
Rawon Glintung, Via Instagram inge.inggridwidy

Memiliki rasa rawon yang enak, porsinya banyak, harganya pun cukup terjangkau membuat Rawon Glintung ini memiliki penikmat yang setia sejak dahulu. Rawon Glintung terletak di Jl. Protokol Letjen S. Parman yang menjadi persinggahan banyak orang. Rawon Glintung ini sendiri sudah ada sejak tahun 1994 yang lalu. Tak hanya rawon, tempat makan satu ini juga menyediakan menu lainnya yang tidak kalah enak. Sebut saja nasi pecel, nasi campur, nasi krengsengan, dan lain sebagainya.

5. Rawon Tessy

Rawon Tessy, Via Instagram surabayafoodies
Rawon Tessy, Via Instagram surabayafoodies

Lokasi lainnya menyantap rawon enak yang legendaris di Malang adalah Rawon Tessy. Lokasinya berada di dekat Stasiun Kota Baru, cukup berjalan kaki sekitar 300 meter ke arah selatan stasiun. Nama Tessy ini konon lantaran sang pemilik memiliki wajah yang mirip dengan Tessy, pelawak Ibu Kota. Untuk tahun berdirinya belum jelas, tapi yang pasti jika Rawon Tessy ini sudah lama ada serta memiliki banyak penggemar. Meskipun lokasinya cukup sederhana namun kebanyakan pelanggannya datang menggunakan mobil.

6. Warung Rawon Pak Jenggot

Rawon Pak Jenggot, Via Instagram sugara_w
Rawon Pak Jenggot, Via Instagram sugara_w

Warung Rawon Pak Jenggot yang terdapat di Jl. Simpang Kawi, Klojen, Malang. Perintis tempat kuliner ini adalah suami istri bernama Rajid (alm) dan juga Sutani (alm) pada tahun 1976 yang lalu. Meskipun sang perintis udah meninggal, usaha tersebut diteruskan oleh Purwati dengan menggunakan resep rawon yang masih sama.

7. Depot Asri Bu Saerun

Rawon di Depot Asri Bu Saerun, Via Instagram memoriesfood
Rawon di Depot Asri Bu Saerun, Via Instagram memoriesfood

Selanjutnya ada rawon Asri Bu Saerun yang sudah berdiri sejak tahun 1969 yang lalu. Banyak jenis menu makanan yang dijual di sini. Sebut saja soto, pecel, lodeh, nasi campur dan lain-lain. Namun salah satu menu yang cukup difavoritkan para pengunjung adalah Rawon. Lokasi Depot Asri Bu Saerun ini berada di Jl. Dr. Cipto, No. 6. Malang.

Itulah deretan tempat menyantap rawon yang legendaris di Malang. Mungkin ada lokasi lainnya yang belum terdaftar?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Malang rawon di malang rawon legendaris di Malang rawon malang
Share