Jelajah Pulau Tanakeke, Keindahan di Sulawesi Selatan

Advertisement

Pulau Tanakeke berada di wilayah Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi selatan. Posisinya masuk dalam kawasan Lautan Flores. Dibanding pulau lain yang kerap jadi tujuan wisata di Sulsel, Tanakeke memang belum begitu terkenal. Namun, potensi keindahannya tak perlu diragukan lagi. Yuk, lihat lebih dekat.

Sambutan Hangat Tanakeke

Anak kecil di sekitar Tanakeke (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Perjalanan menuju Pulau Tanakeke memang memakan waktu lumayan lama. Namun begitu sampai, rasa lelah akan menguap begitu saja begitu melihat sambutan hangat anak-anak dan warga sekitar. Sebagai bentuk penghormatan, penduduk lokal juga tak segan membantu wisatawan menurunkan barang dari kapal.

Rumah Bagi Nelayan & Petani Rumput Laut

Kapal nelayan di sekitar pulau (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Tanakeke memiliki nuansa alami yang benar-benar terjaga. Sebagian besar warganya berprofesi sebagai nelayan dan petani rumput laut. Setiap pagi Teman Traveler akan melihat banyak orang meninggalkan pulau, entah untuk mencari ikan, maupun memanen rumput laut. Dua komoditi tersebut nantinya dijual untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Warga sekitar mengolah rumput laut (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Warga Tanakeke juga kerap mengolah rumput laut menjadi beragam produk agar harga jualnya lebih tinggi. Mereka juga tak lupa memisahkan rumput laut layak konsumsi dengan yang masih dapat dibudidayakan. Hal ini penting untuk memastikan budidaya rumput laut secara berkelanjutan.

Pesona Alami yang Terjaga

Penelitian di sekitar pulau (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Tanakeke juga memiliki keindahan bawah laut mempesona. Tak jarang orang berkunjung ke sini hanya sekedar untuk menyelam. Menikmati indahnya biota laut sekitar dan menyapa hewan-hewan bawah air lucu nan menggemaskan.

Pulau ini juga sering digunakan sebagai tempat penelitian oleh para mahasiswa, tenaga pengajar, dan instansi-instansi perikanan. Hal tersebut lantaran ekosistem di sekitar Tanakeke dinilai masih sangat alami dan belum tercemar. Sangat cocok dijadikan sebagai laboratorium alami untuk meneliti kondisi lingkungan perairan.

Semangat untuk Maju

Murid sekolah di Tanakeke (c) Vinichent Pata/Travelingyuk

Pulau Tanakeke hanya memiliki satu sekolah di masing-masing desa. Meski dari luar bangunannya terlihat sangat sederhana, semangat belajar para siswanya sungguh luar biasa. Bahkan tak sedikit murid yang harus berjalan puluhan kilometer jauhnya hanya demi menerima pelajaran di sekolah ini.

Sore yang Mempesona

Sore yang indah di Tanakeke (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Tak hanya ekosistem bawah lautnya, pemandangan di sekitar Pulau Tanakeke juga sangat indah. Pesona alamnya benar-benar mengagumkan. Apalagi jika sedang berada di kawasan dermaga pada sore hari. Pancaran mentari senja yang menerpa deretan mangrove menciptakan siluet indah nan memesona.

Itulah sedikit pengalaman saya saat menjelajah Pulau Tanakeke di Sulawesi Selatan. Bagaimana menurut kalian Teman Traveler, adakah yang berminat liburan ke sini suatu saat nanti?

Advertisement
Tags
kontributor Makassar Travelingyuk wisata makassar
Share