Indahnya Pulau Kodingareng Keke, Pemukiman Nelayan di Makassar

Advertisement

Makassar adalah salah satu tempat tepat untuk dikunjungi jika Teman Traveler mendambakan wisata alam. Kota Daeng memiliki sejumlah destinasi menarik seperti Pantai Losari dan sederet pulau cantik. Salah satunya adalah Pulau Kodingareng Keke.

Pulau ini memang tidak terlalu populer dibanding destinasi ikonik lain di Kota Daeng. Namun di sini Teman Traveler bisa berbaur dan melihat kehidupan warga Makassar dari dekat. Mari kita simak ulasan selengkapnya.

Perjalanan Menuju Kodingareng Keke

Kapal sedang berlayar menuju pinggir pantai (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Pulau Kodingareng Keke berada di Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari dermaga Kayu Bangkoa, Makassar.

Untuk sampai sini, Teman Traveler wajib melewati perjalanan selama satu jam menggunakan kapal. Hanya ada satu akses, yakni melalui dermaga Kayu Bangkoa. Di sana kalian akan menemukan perahu sewaan untuk menyebrang menuju Kodingareng Keke.

Teman Traveler harus bergegas karena perahu tersebut hanya akan berangkat sekali dalam sehari, yakni saat pagi. Pasalnya saat sore air akan pasang dan dikhawatirkan ombak semakin besar. Perahunya sendiri bisa memuat 30-60 orang, dengan tarif antara Rp15.000 per orang.

Keindahan Pemukiman Nelayan

Deretan kapal nelayan bersandar di sekitar pantai (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Mata pencaharian utama masyarakat Kodingareng Keke sebagian besar adalah nelayan. Selain dijual, hasil tangkapan ikan sebagian digunakan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Di pemukiman nelayan ini, Teman Traveler akan melihat sederet pesona keindahan istsimewa. Sangat cocok dijadikan tempat menghilangkan lelah sembari menikmati indahnya panorama matahari terbenam.

Kelestarian yang Terjaga

Anak-anak sedang bermain di pinggir pantai (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Pulau Kodingareng Keke memiliki semacam tonjolan ke arah laut yang sering disebut gusung. Lokasi ini kerap dimanfaatkan masyarakat dan wisatawan sebagai tempat bermain air. Para nelayan menjadikannya sebagai tempat menyandarkan kapal dan memperbaiki jaring. Tak jarang pula ada turis bersantai di sini sembari menanti senja.

Wisatawan sedang menikmati senja (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Kodingareng Keke juga kerap dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam bawah laut. Mereka biasanya menjelajah perairan sekitar dengan diving atau snorkeling. Bukan sesuatu yang mengejutkan, mengingat lingkungan sekitar sini masih sangat terjaga keasriannya.

Tempat Penelitian

Tak hanya sebagai tempat wisata, Kodingareng Keke sering pula dikunjungi mahasiswa, dosen, maupun tenaga ahli sebagai tempat penelitian. Mereka biasanya mengamati biota laut seperti karang dan lamun, atau meneliti hal lain yang ada hubungannya dengan perikanan. Hal ini sekaligus jadi bukti betapa masih alaminya ekosistem laut di sekitar sini.

Menginap di Rumah Warga

Nelayan sedang memperbaiki jaring (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Meski perjalanan menuju Kodingareng Keke lumayan butuh perjuangan, semuanya bakal terbayar lunas dengan pemandangan indah yang tersaji. Teman Traveler akan merasakan nuansa alam yang sulit didapatkan di tempat lain.

Sayangnya, di sekitar sini masih belum ada hotel atau penginapan lain. Namun jika ingin bermalam, Teman Traveler bisa menginap di rumah warga atau mendirikan tenda. Kalian bisa merasakan asyiknya berbaur dengan masyarakat dan alam Makassar.

Bagaimana Teman Traveler, seru bukan berkunjung ke Pulau Kodingareng Keke? Jadi tunggu apa lagi, segera agendakan rencana liburan ke Makassar bersama sahabat maupun keluarga dalam waktu dekat.

Advertisement
Tags
Indonesia kontributor Makassar sulawesi Travelingyuk wisata makassar
Share