Indahnya Pulau Kenawa, Surga Tersembunyi di Ujung Nusa Tenggara Barat

Advertisement

Nusa Tenggara Barat seakan tak pernah lelah untuk memanjakan pengunjungnya dengan jutaan wisata alam yang indah. Bahkan, beberapa di antaranya masih jarang dikunjungi karena aksesnya yang tak terlalu mudah dan tidak ada penghuni di dalamnya. Salah satunya Pulau Kenawa yang merupakan surga tersembunyi dengan beberapa pesona yang mampu menyihir siapa saja yang melihatnya. Kalau kalian penasaran dengan indahnya Pulau Kenawa, simak ulasan berikut.

Pulau dengan Segelintir Orang di Dalamnya

pulau kenawa
Suasana pinggir pantai (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Pulau yang berjarak kurang lebih 1 km dari Poto Tano ini sangatlah sepi. Di dalamnya hanya ada tiga pasangan suami istri yang benar-benar menetap di pulau. Mereka membangun bilik-bilik bambu yang digunakan untuk menjual makanan, minuman dan perlengkapan lainnya bagi para wisatawan.

Tidak Ada Penginapan

pulau kenawa
Menginap di pinggir pantai (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Meskipun ada tiga keluarga yang tinggal di sana, mereka tidak menyediakan penginapan bagi wisatawan. Oleh karenanya, turis yang datang ke Pulau Kenawa ini diharapkan membawa perlengkapan menginap sendiri. Seperti tenda, alas tidur dan perlengkapan lainnya.

Kurangnya Promosi dari Pemerintah Setempat

Padang savana (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Lokasi seindah ini pasti menarik perhatian pengunjung. Namun sayangnya, para wisatawan lebih memilih ke pulau besar lain yang lebih populer. Alasannya karena pulau yang sudah dikenal banyak orang pasti telah memiliki fasilitas yang sangat memadai.

Hal ini berbanding terbalik dengan kondisi Pulau Kenawa saat ini. Walaupun panoramanya sangat menakjubkan, tapi fasilitas yang ada di sana sangatlah kurang. Ini dikarenakan pulau masih kurang perhatian dari pemerintah setempat. Padahal, kalau pemerintah sudah melakukan promosi yang baik dan memperbarui segala fasilitas, perekonomian akan berubah drastis.

Banyak Panorama Indah yang Ditawarkan

Spot cantik pulau (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Sangat disayangkan kalau pulau ini tidak diperhatikan oleh pemerintah. Ini karena pulau mempunyai banyak panorama indah yang mampu memanjakan mata siapapun. Seperti padang savana luas yang langsung menghadap ke laut. Kemudian bebatuan di pinggir pantai yang menjadi spot asyik untuk memandang luasnya laut biru.

Itulah sekelumit gambaran tentang undahnya Pulau Kenawa. Pesonanya sungguh tiada tara, namun masih belum mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah. Kita doakan saja, semoga pulau ini bisa mendapat perhatian dari pemerintah, sehingga menjadi lebih terawat.

Advertisement
Tags
Indonesia kontributor Nusa Tenggara Barat Pulau Kenawa Wisata
Share