Indahnya Pulau Kambing, Bikin Traveler Pengin Cepat-Cepat Traveling

Advertisement

Apalah arti sebuah nama, mungkin pepatah ini cocok untuk merefleksikan sebuah pulau di Bulukumba, Sulawesi Selatan ini. Meski menyandang nama sebagai Pulau Kambing namun traveler tidak akan menemukan mamalia ini berkeliaran dalam jumlah yang sangat banyak. Pulau ini malah terkenal karena memiliki spot snorkeling dan diving yang sangat keren!

Melihat foto-foto yang diunggah traveler yang pernah berkunjung ke Pulau Kambing di Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan tentu akan membuat kakimu gatal untuk segera melangkah ke sana. Bagaimana tidak, pulau ini memiliki perairan yang sangat jernih, saking jernihnya berenang di permukaannya terlihat seperti melayang. Bukan hanya itu, traveler bisa leluasa snorkeling maupun menyelam dengan visibilitas yang tinggi.

Pulau Kambing di Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan, via instagram
Pulau Kambing di Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan, via instagram

Pulau Kambing dapat ditempuh selama 20 menit dari Pantai Tanjung Bira menggunakan perahu. Dari permukaannya saja yang dipenuhi dengan tebing-tebing terjal, pulau ini sudah menampakkan keanggunannya. Tapi apa yang disuguhkan di taman bawah lautnya lebih membelalakkan mata. Air laut yang sebening kaca serta terumbu karang yang masih terjaga membuat kawasan ini menjadi favorit para traveler hingga penyelam.

Alam bawah laut Pulau Kambing, via instagram
Alam bawah laut Pulau Kambing, via instagram

Khusus untuk snorkeling, spot yang menjadi favorit traveler adalah pantai di dekat tebing yang memiliki perairan dangkal. Pemandangan alam bawah lautnya luar biasa indah dengan terumbu karang berwarna-warni. Namun traveler tetap harus waspada pasalnya arus bawah laut di kawasan ini cukup kuat sehingga bisa membuat mereka terombang-ambing.

Untuk penyelam yang biasanya memilih spot yang agak dalam akan menjumpai pemandangan yang lebih mempesona. Ditambah fakta bahwa perairan di sekitar Pulau Kambing merupakan rumah dari spesies hiu, maka jika beruntung mereka bisa bertemu hewan laut yang menduduki puncak rantai makanan tersebut.

Perairan Pulau Kambing adalah surga para snorkeling dan diving, via instagram
Perairan Pulau Kambing adalah surga para snorkeling dan diving, via instagram

Kalau kamu pergi traveling ke Tanjung Bira jangan sampai melewatkan Pulau Kambing karena pulau ini akan memberimu pengalaman terbaik untuk melihat terumbu karang serta melihat dari dekat berbagai macam kehidupan laut. Namun perlu diingat, keindahan ini hanyalah titipan anak cucu kita yang mesti kita jaga kelestariannya. Jangan merusak dan jangan nyampah di tempat sekeren ini ya!

Advertisement
Tags
Pulau Kambing Snorkeling Sulawesi Selatan
Share