Patut Disimak, 5 Pertunjukan Budaya Terbaik Indonesia

Advertisement

Kita sungguh beruntung tinggal di Indonesia. Budaya yang ada di Nusantara begitu kaya dan turut pula dipengaruhi berbagai tradisi asing sejak berpuluh-puluh abad lalu. Tak mengherankan jika di berbagai pelosok negeri terdapat sejumlah pertunjukan budaya terbaik Indonesia yang patut disimak.

Hampir semuanya dipengaruhi oleh aliran kepercayaan tertentu, seperti Hinduisme, Buddhisme, Kristen, maupun Islam. Masing-masing begitu kompleks dan berbeda satu sama lain. Berikut adalah daftar sejumlah pertunjukan budaya terbaik Indonesia yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

1. Tari Kecak

Tari Kecak di Uluwatu
Tari Kecak di Uluwatu via Instagram alwinmuhaimin

Tari kecak bisa dibilang merupakan gabungan antara pertunjukan musik dan tari khas Bali. Tarian unik ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan asing tertarik mengunjungi Pulau Dewata.

Biasanya pertunjukan Tari Kecak digelar di ruang terbuka di sebuah pura. Kisah yang disajikan dalam tarian ini diinspirasi dari dongeng Ramayana. Namun uniknya, Kecak bukan hanya sekedar pertunjukan, melainkan sebuah ritual.

Salah satu poin utama dari Tari Kecak adalah teriakan ‘chak chak’ dari para penarinya. Tempo teriakan akan semakin bertambah seiring berjalannya cerita, menggambarkan peperangan antara pasukan kera Ramayana dan Rahwana.

2. Wayang Kulit

Pertunjukan wayang kulit
Pertunjukan wayang kulit via Instagram 5upratikno

Wayang Kulit identik dengan suku Jawa, namun konon kebudayaan ini aslinya berasal dari India. Wayang dengan media kulit hanyalah satu dari beberapa jenis wayang yang ada di Indonesia. Masih ada wayang Beber, Kelitik, Kulit, Golek, Wong, dan lainnya.

Wayang Kulit terasa begitu unik, karena mampu menjadikan seni pertunjukan sebagai media ritual, hiburan, dan penyampaian pesan moral. Pertunjukan wayang biasanya digelar untuk memperingati hajatan besar, namun ada juga yang digelar di gedung khusus.

Dalang menjadi bagian vital dari pertunjukan Wayang Kulit. Mereka-lah yang memainkan peran penting untuk menghidupkan beragam karakter dengan kemampuan akting suara yang mengesankan.

3. Sendratari Ramayana

Sendratari Ramayana di Prambanan
Sendratari Ramayana di Prambanan via Instagram ikisf

Sendratari Ramayana boleh dibilang sebagai pertunjukan tari paling megah yang bisa kamu saksikan di Yogyakarta. Pertunjukan kebudayaan ini digelar di pelataran Candi Prambanan pada malam hari.

Dalam pertunjukan ini, para pengunjung akan diajak menyimak kisah Kakawin Ramayana atau versi Jawa dari cerita Ramayana. Secara garis besar, aksi budaya ini cukup mirip dengan Wayang Orang. Namun skalanya cukup besar karena melibatkan hingga lebih dari 200 orang penari dan musisi profesional.

4. Pertunjukan Saung Angklung

Kegiatan di Saung Angklung Udjo
Kegiatan di Saung Angklung Udjo via Instagram angklungudjo

Pertunjukan ini biasanya amat disukai oleh anak-anak. Jika kamu kebetulan berada di Bandung, ajaklah putra-putri untuk menyaksikan pertunjukan musik yang unik ini.

Di sini kamu bisa menyaksikan sejumlah anak kecil menunjukkan aksi musikal dengan menari, menyanyi, dan memainkan Angklung. Jika tertarik, kamu bisa langsung meluncur ke Saung Angklung Udjo yang ada di Jalan Padasuka.

5. Randai

Tarian Randai khas Minangkabau
Tarian Randai khas Minangkabau via Instagram muhammadiskandar420

Randai adalah semacam teater rakyat yang sudah lama menjadi tradisi masyarakat Minangkabau. Kebudayaan ini melibatkan unsur musik, nyanyi, tari, drama, dan sekaligus silat.

Pertunjukan Randai biasanya diadakan untuk memeriahkan hajatan tradisional atau festival tertentu. Cerita yang disajikan dalam sekali pagelaran cukup kompleks, hingga pertunjukan bisa memakan waktu beberapa malam.

Biasanya kisah yang dituturkan dalam Randai terinsipirasi oleh cerita rakyat maupun legenda di sekitar Minangkabau. Semuanya disampaikan dalam bentuk akting dan juga nyanyian.

Itulah tadi daftar pertunjukan budaya terbaik Indonesia yang sayang jika dilewatkan. Ada yang sudah pernah melihat sebelumnya atau berencana menonton salah satunya di masa mendatang? Berikan pendapat di kolom komentar yang ada di bawah.

Advertisement
Tags
Bali Bandung minangkabau Wisata
Share