Perkedel Bondon, Kuliner Legendaris Bandung yang Patut Coba

Advertisement

Jalan ke Bandung, mengunjungi taman-taman hits dan beberapa tempat wisata yang sedang cantik-cantiknya di sana, harus dilengkapi dengan jajan kulinernya! Yang patut dicoba salah satunya adalah Perkedel Bondon, perkedel dengan nama unik bagi masyarakat Sunda, yang ternyata menarik bagi wisatawan luar Bandung. Seperti apa uniknya? Yuk intip sama-sama!

1. Harus Siap Antre

Siap Antre di Perkedel Bondon
Siap Antre di Perkedel Bondon via Instagram/marvin_liong

Antrean saat berkuliner di Perkedel Bondon ini luar biasa. Setiap pengunjung diberi nomor antrean sesuai kedatangan. Penikmat kuliner Bandung satu ini datang dari berbagai kota. Siapa saja yang sedang di Bandung dan lapar tengah malam, Bondon jadi tujuan. Jadi, mohon sabar dan anggap sebagai hiburan tengah malam.

2. Wisata Bandung 24 Jam yang Legendaris

Kuliner Bandung Tengah Malam Legendaris
Kuliner Bandung Tengah Malam Legendaris via Instagram/dewisetia.k

Warung yang menjual Perkedel Bondon buka selama 24 jam. Mau menikmatinya pagi sekali atau malam sekali, bisa saja. Namun, khusus untuk perkedelnya, ia baru diolah mulai pukul 23.00 WIB. Kuliner ini legendaris sejak tahun 80-an. Mulanya, Bondon populer di kalangan anak muda Bandung yang pada masa itu pulang berkegiatan larut malam. Keterkenalan sajian enak ini, lanjut sampai sekarang.

3. Digoreng Masih Menggunakan Tungku

Perkedel Bondon Digoreng Masih Menggunakan Tungku
Digoreng Masih Menggunakan Tungku via Instagram/info.enak

Keunikan lain yang dimiliki perkedel ini adalah masih digoreng menggunakan tungku. Tungku atau masyarakat Sunda menyebutnya dengan Hawu, masih dipilih oleh pemilik Perkedel Bondon sebagai alat memasak yang utama. Hal inilah yang juga menambah citarasa kuliner ini menjadi unik dan otentik. Garing di luar dan lembut di dalam.

4. Sambalnya Yahud!

Dimakan dengan Sambal Terasi
Dimakan dengan Sambal Terasi via Instagram/a1179

Perkedel kentang berbentuk kecil yang garing di luar dan lembut di dalam ini lebih nagih saat dimakan bersama sambal terasi khasnya. Sambal Perkedel Bondon tidak terlalu pedas namun memiliki aroma ikan yang lumayan kuat, menambah gurih saat dimakan bersama perkedelnya. Semakin sempurna dengan nasi dan teh hangat. Dinginnya Bandung pun terkalahkan saat itu juga.

5. Alamat Perkedel Bondon

Lokasi Perkedel Bondon
Lokasi Perkedel Bondon via Instagram/vandalsin

Teman Traveler yang penasaran dengan cerita legendaris yang dimiliki perkedel ini, bisa datang ke Jalan Kebun Jati No.42, Kebun Jeruk, Bandung. Lokasinya dekat dengan Stasiun Hall Bandung. Tempatnya mudah dituju dan harganya juga cukup terjangkau.

Tambah satu lagi ya rekomendasi tempat kuliner legendaris di Bandung yang bisa dinikmati malam hari. Selamat jajan dan pulang kenyang!

Advertisement
Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat kuliner bandung perkedel bondon
Share