Saingi GWK, Patung ‘Iron Man’ Ini Bakal Jadi yang Tertinggi di Dunia

Advertisement

Garuda Wisnu Kencana sedang dalam masa pembangunan, sebentar lagi kamu bisa menikmati ikon pariwisata di Bali itu dalam bentuk utuh. Ukurannya sendiri digadang-gadang akan lebih tinggi dari patung Liberty di Amerika Serikat. Ternyata GWK punya saingan. India kabarnya akan segera meresmikan patung tertinggi di dunia. Seperti apa daya tariknya? Simak ulasan di bawah ini.

Akan Diresmikan Oktober Tahun Ini

Peresmian akan dilakukan pada Oktober mendatang
Peresmian akan dilakukan pada Oktober mendatang via statueofunity.in

Monumen yang terletak di Gujarat ini bernama Statue of Unity. Hingga sekarang masih dalam tahap pembangunan. Jika semuanya lancar, pengelolanya optimis bahwa 18 Oktober nanti calon patung tertinggi di dunia tersebut bisa diresmikan.

Patung tokoh India
Patung tokoh India via statueofunity.in

Tinggi Patung Kalahkan GWK

Perbandingan dengan beberapa patung lain du dunia
Perbandingan dengan beberapa patung lain di dunia, via statueofunity.in

Setelah selesai nanti Statue of Unity akan mengalahkan deretan monumen-monumen tinggi di seantero dunia. Ukurannya yang mencapai 183 meter setara dengan dua kali lipat tinggi Patung Liberty. Sedangkan GWK tingginya hanya mencapai 120 meter. Saat ini, rekor patung tertinggi (153 meter) dipegang oleh the Spring Temple Buddha di Tiongkok.

Pembangunan patung tertinggi di dunia
Pembangunan patung tertinggi di dunia, via statueofunity.in

Didedikasikan untuk ‘Iron Man’ dari India

Akan dilengkapi museum dan tempat wisata lainnya
Akan dilengkapi museum dan tempat wisata lainnya via statueofunity.in

Jika GWK mengambil bentuk Dewa Wisnu yang sedang mengendarai garuda, Statue of Unity adalah perwujudan dari salah satu orang berpengaruh di India. Namanya adalah Vallabhbhai Patel, tokoh politik yang ambil bagian dalam pergerakan kemerdekaan India. Itulah mengapa dia juga disebut sebagai ‘Iron Man’.

Patung Iron Man dari India
Patung Iron Man dari India, via statueofunity.in

Tempat Wisata Andalan yang Megah

Patung yang memiliki ketinggian dua kali tinggi patung liberty
Patung yang memiliki ketinggian dua kali tinggi patung liberty via statueofunity.in

Patung ‘Iron Man’ tersebut akan berdiri megah menghadap Sardar Sarovar Dam di Sungai Narmada. Nantinya tempat patung itu akan terhubung dengan daratan utama lewat jembatan panjang. Wisatawan bisa datang ke sini untuk liburan dan menikmati museum sejarah perjuangan India. Sedangkan di bagian dada patung akan disediakan dek untuk menikmati pemandangan dari ketinggian.

Berbeda dengan GWK, pembangunan patung ini kabarnya juga memicu penolakan dari masyarakat terkait isu pembebasan lahan. Terlepas dari semua pemberitaan tersebut, fenomena patung tertinggi di dunia pasti bikin penasaran banyak orang, termasuk kamu kan?

Advertisement
Tags
India Luar negeri Patung Tertinggi di Dunia
Share