Penantian 28 Tahun Berakhir, Patung Garuda Wisnu Kencana Selesai Dibangun

Advertisement

Penantian panjang masyarakat Indonesia atas dibangunnya Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali akhirnya telah usai. Menilik ke belakang, Patung GWK ini sudah dibangun sejak tahun 1990 di atas lahan seluas 67 hektar. Dibutuhkan waktu kurang lebih 28 tahun penyelesaian patung yang memiliki tinggi sekitar 121 meter tersebut.

Dengan ketinggian lebih dari 100 meter lebih itulah, GWK menempati posisi kedua patung tertinggi di dunia. Sementara patung tertinggi pertama di dunia ada di Henan, China yang bernama Spring Temple Buddha dengan berat 1.000 ton.

1. Akan Digelar Syukuran Pada Tanggal 4 Agustus

Patung Garuda Wisnu Kencana, Via Instagram cheltagram
Patung Garuda Wisnu Kencana, Via Instagram cheltagram

Sebagi wujud syukur atas selesainya pembangunan yang memakan waktu berpuluh-puluh tahun ini, akan diadakan syukuran pada tanggal 4 Agustus 2018. Agendanya akan dilengkapi dengan pertunjukan seni yang disajikan di Cultural Park GWK. Sejumlah artis akan memeriahkan acara. Tentu saja ini menjadi waktu yang tepat untuk berkunjung ke Bali ya Teman Traveler.

2. GWK Jadi Simbol Baru Pariwisata Indonesia

Diharapkan jadi daya pikat kuat Indonesia, Via Instagram abdidharma22
Diharapkan jadi daya pikat kuat Indonesia, Via Instagram abdidharma22

Setelah selesainya pembangunan patung GWK, diharapkan ini akan menjadi simbol baru pariwisata sekaligus merupakan kebanggaan baru masyarakat Bali. Diharapkan juga, GWK ini bisa menjadi salah satu daya pikat dan menyumbang kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Karena tidak bisa dipungkiri target kunjungan wisatawan mancanegara di tahun 2019 ini cukup banyak juga, sekitar 20 juta wisatawan.

3. Perjalanan Pembangunan Patung GWK

Patung yang agung dan megah, Via Instagram heightlife
Patung yang agung dan megah, Via Instagram heightlife

Pembangunan Patung GWK ini dimulai dari gagasan Nyoman Nuarta bersama dengan mantan Menteri Pariwisata, Pos, dan telekomunikasi Joop Ave. Awal tahun 1990, rencana pembuatan patung tersebut dipresentasikan kepada Presiden Soeharto dan mendapatkan persetujuan.

Selanjutnya di tahun 1997, peletakan batu pertama pembangunan Culture Park GWK di Bukit Ungasan, Jimbaran, Bali dilakukan. Lokasi tempat pembangunan Patung GWK ini merupakan bekas penambangan kapur liar dan sudah tidak produktif lagi. Lahan tersebut ditinggalkan dalam kondisi yang tidak baik. Selanjutnya bakal menjadi salah satu ikon wisata yang banyak dikunjungi di Bali.

Meksipun sempat terhenti di tahun 1998 lantaran krisis moneter, Patung GWK ini sekarang sudah selesai dibangun di bulan Agustus 2018 ini. Dan pada Senin (30/7/2018) malam, merupakan pengerjaan tahap akhir ekor Garuda yang berarti tahap akhir dari pembagunan Patung GWK. Teman Traveler yang berencana berkunjung ke Bali, jangan lewatkan spot ini, ya.

Advertisement
Tags
Bali Indonesia Patung garuda wisnu kencana patung gwk
Share