Patung Bedjokarto, Sang Abdi Dalem Murah Senyum Jadi Tamu Baru Jalan Malioboro Jogja yang Penuh Makna

Advertisement

Teman Traveler kapan terakhir ke Jogja dan jalan-jalan di sekitaran Jalan Malioboro? Jika baru-baru ini, berarti sempat bertemu ya dengan instalasi patung Bedjokarto? Para patung menyerupai Abdi Dalem yang berbentuk lucu dan menggemaskan. Karena mulai 23 Desember 2018 lalu, kawasan pedestrian Malioboro kedatangan “tamu baru”. Mereka adalah patung-patung bertubuh tambun yang selain menggemaskan, ternyata juga punya makna. Yuk kenalan sama mereka!

1. Ada 7 Patung Berpakaian Ala Abdi Dalem Keraton

Patung Bedjokarto yang Menggemaskan via Instagram/ areajogja

Patung Bedjokarto yang total berjumlah tujuh, mulai menghiasi kawasan pedestrian Malioboro sejak 23 Desember 2018 lalu. Patung-patung lucu dan menggemaskan tersebut dibentuk menyerupai Abdi Dalem Keraton; lengkap dengan pakaiannya yang khas.

Menarik Perhatian Warga Jogja via Instagram/ berandajogja

Dibuat oleh para seniman, patung ini berbahan utama semen konsentrat dan serat kaca. Teman Traveler pasti akan terpesona dengan patung-patung tersebut. Selain bentuknya yang menggemaskan, mereka dibuat dengan ekspresi muka tersenyum. Bikin semakin betah jalan-jalan di Malioboro.

2. Diinisiasi Para Seniman Seni Rupa

Bukan Sekadar Patung via Instagram/ kemenpar

Keberadaan patung-patung lucu di sekitar kawasan pedestrian Malioboro tidak lepas dari inisiasi beberapa seniman seni rupa yang tergabung dalam Project Instalasi Seni Partisipatoris. Waktu yang diperlukan untuk menggagas ide ini kurang lebih empat bulan.

3. Punya Makna Tersendiri

Membawa Knalpot Ternyata Ada Maknanya via Instagram/ kemenpar

Keberadaan Patung Bedjokarto dan bentuknya yang menggemaskan bukan tanpa alasan. Mereka dibangun dengan makna-makna. Tiap-tiap patung dibuat dengan desain berbeda. Ada patung yang membawa knalpot motor dan semacam saxophone, yang diharapkan dapat dimaknai warga dan pengunjung sebagai anjuran untuk menjaga suasana Jogja tetap tenang.

Mengandung Imbauan yang Sarat Makna via Instagram/ infojogja.co

Ada juga patung yang membawa kantong kresek yang diharapkan dapat mengajak masyarakat Jogja atau siapa pun untuk tetap menjaga kebersihan. Selain itu, di bagian bawah patung juga terdapat sebuah tulisan yang berisi harapan dan energi positif untuk Jogja.

4. Jadi Spot Foto Lucu

Jadi Spot Foto Lucu via Instagram/ deviannisah

Keberadaan Patung Bedjokarto yang dikonsep mengajak masyarakat Jogja untuk tetap menjaga kenyamanan, keamanan serta kebersamaan ini menjadi spot foto yang lucu. Banyak yang berfoto bersama mereka. Tidak peduli usia, semua terlihat gembira berfoto dengan patung berpakaian Bregada Kraton ini. Terlihat bahwa ia menambah daya tarik wisata Jogja ini dan membuat para pejalan kaki semakin nyaman.

Semoga Dapat Diperpanjang Tinggal di Malioboro via Instagram/ areajogja

Keunikan dan makna Patung Bedjokarto ternyata tidak bisa dinikmati selamanya. Pada 6 Januari lalu, perijinan dari pemerintah Jogja sudah habis masanya. Patung ini kemudian akan dipindahkan dari area pamernya saat ini. Wah! Semoga dengan antusiasme yang tinggi dari masyarakat, Bedjokarto bisa lebih lama tinggal di Malioboro ya! Teman Traveler juga penasaran bertemu dengan mereka, kan?

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja patung bedjokarto Wisata wisata jogja
Share