4 Pasar Tradisional di Jogja, Surganya Kuliner khas Nusantara

Advertisement

Keindahan objek wisata di Jogja tak perlu diragukan lagi. Begitu pula dengan kuliner lezat yang tersaji hampir di setiap sudut kota. Namun, rasanya ada yang kurang jika belum masuk ke dalam pasar tradisionalnya. Tak hanya satu, ada banyak pasar tradisional di Jogja yang menawarkan makanan enak khas Nusantara. Beberapa ada di bawah ini.

1. Pasar Beringharjo

Kuliner Pasar Beringharjo
Kuliner Pasar Beringharjo via instagram/@jogjafoodrink

Siapa yang tak tahu pasar di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 16 ini? Pasar Beringharjo merupakan pasar tertua di Jogja yang nilai historis dan filosofisnya tidak terpisahkan dari Keraton. Tidak hanya menawarkan baju dan aneka oleh-oleh, di sini juga banyak tempat makan enak yang menggoyang lidah. Ada sate kere, jagung bakar, klepon dan jajanan tradisional lainnya. Untuk menu lebih berat, ada Retengan Empal Bu Warno yang siap memanjakan lidahmu.

Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo via instagram/@malioboro_insta

2. Pasar Lempuyangan

Jenang Pasar Lempuyangan
Jenang Pasar Lempuyangan via instagram/@sindhapopo

Dibandingkan Beringharjo, Lempuyangan tidak memiliki area yang cukup luas. Namun, pasar tradisional ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Apalagi kalau berbicara mengenai kuliner. Kamu bisa mencoba Bubur Jenang Bu Gesti yang menjadi langganan keraton, lupis buatan Bu Suharti, hingga sate & songseng kambing depan pasar yang masih dimasak di atas tungku. Semuanya sederhana, tapi citarasanya istimewa. Letaknya sendiri di Jalan Hayam Wuruk, tak jauh dari Stasiun Lempuyangan.

Lupis di Pasar Lempuyangan
Lupis di Pasar Lempuyangan via instagram/@foodjogja

3. Pasar Pundong

Es Roti Ndeso
Es Roti Ndeso via instagram/@jogjataste

Tak hanya di pusat kota, pasar tradisional yang berada di daerah kabupaten juga kaya akan makanan khas Nusantaran. Salah satunya Pasar Pundong yang berada di Kabupaten Bantul. Selain makanan berat, kamu bisa memilih aneka camilan enak dari es roti ndeso, alen-alen, hingga mie pentil. Jajanan favorit di sini adalah gethuk yang memiliki warna merah muda. Untuk harganya tak bikin kantong jebol. Bahkan, terbilang murah meriah.

Gethuk Stroberi
Gethuk Stroberi via instagram/@jogjaeatguide

 4. Pasar Prawirotaman

Kue Karabikang Pak Jabi Prawirotaman
Kue Karabikang Pak Jabi Prawirotaman via instagram/@gembulfoodie

Mau menikmati aneka jajanan khas Jogja? Pasar Prawirotaman di Jalan Parangtritis No.103 Prawirotaman bisa menjadi rekomendasi untukmu. Tempat yang sering didatangi wisatawan asing ini menawarkan makanan langka mulai dari jenang jagung, gatot, cenil, hingga legendar. Semuanya diracik tangan para ahli yang sudah puluhan tahun berjualan di sini. Harga jajanannya juga murah meriah. Untuk menu berat, kamu bisa mencoba Bakmi Jawa Harjo Geno yang kelezatannya tak diragukan lagi.

Bakmi Jawa Pasar Prawirotaman
Bakmi Jawa Pasar Prawirotaman via instagram/@diersa182

Nah, sudah tahukan pasar-pasar tradisional di Jogja. Mana nih yang sudah pernah kamu kunjungi? Lalu kuliner apa yang kamu favoritkan? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya!

Advertisement
Tags
Bantul Indonesia Jogja kuliner Jogja Sleman Yogyakarta
Share