Pasar Karetan, Berburu Kuliner di Tengah Kebun Karet Kendal

Advertisement

Akhir pekan biasanya merupakan hari yang tepat untuk berlibur bersama keluarga. Wisata yang banyak dikunjungi seperti pantai, tempat peninggalan sejarah, dan pasar. Nah, di Kendal terdapat salah satu pasar yang letaknya juga tak biasa, yaitu di tengah-tengah kebun karet. Selain berbelanja, Teman Traveler juga bisa melakukan beberapa aktivitas di Pasar Karetan. Penasaran? Simak yuk, informasinya!

Lokasi Yang Unik

Lokasi di tengah kebun karet
Lokasi di tengah kebun karet Via Instagram/pasarkaretan

Pasar karetan ini tepatnya berlokasi di Dusun Segrumung, Desa Meteseh, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal. Lebih tepatnya lagi, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Bandara Semarang. Pasar karetan terletak di tepi hutan karet milik PT PTPN. Untuk menemukan lokasi pasar tidak terlalu sulit, karena telah tertera di aplikasi penunjuk arah. Pasar ini hanya buka setiap hari Minggu pukul 06.00 hingga 11.00 WIB

Melewati Perkampungan Warga

Melewati perkampungan dan persawahan
Melewati perkampungan dan persawahan Via Instagram/pasarkaretan

Untuk menuju ke pasar ini pun, Teman Traveler harus melewati jalanan kampung terlebih dahulu yang dikelilingi oleh sawah dan juga rumah penduduk. Medannya pun tidak terlalu sulit, karena jalanan sudah di cor sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke sini. Bagi Teman Traveler yang membawa kendaraan pribadi, bisa memarkirkan kendaraannya di lapangan bola Desa Meteseh. Setelah itu hanya perlu berjalan kaki sekitar 800 meter dari parkiran. Disediakan juga trasnsportasi berupa odong-odong untuk sampai ke pasar dan tidak dipungut biaya bagi pengunjung yang tidak ingin berjalan kaki.

Suasana Yang Sejuk dan Rindang

Jajanan pasar
Jajanan pasar Via Instagram/pasarkaretan

Setelah sampai di pasar, suasana dengan udara yang sejuk dan rindangnya pepohonan akan menyambut Teman Traveler. Banyak dari pengunjung yang mengabadikan momen dengan berfoto-foto ria di kebun karet. Di dalam pasar, warga yang menjajakan dagangan harus mengenakan pakaian adat. Beragam minuman, makanan, dan jajanan tradisional bisa dijumpai di sini. Tentu dengan harga yang terjangkau. Di antaranya ada gendar pecel, thiwul, gemblong, dan lain-lain. Selain menjajakan berbagai kuliner, pasar ini juga dilengkapi permainan bagi anak-anak.

Tiba Lebih Dulu

Suasana pasar
Suasana pasar Via Instagram/pasarkaretan

Jika Teman Traveler berminat mengunjungi pasar ini, ada baiknya tiba lebih dulu atau pagi hari. Udara terasa lebih sejuk di pagi hari, Teman Traveler juga dapat lebih leluasa untuk berburu kuliner pilihan. Selain itu, biasanya di siang hari, beberapa dagangan yang dijajakan di sini sudah ludes terjual. Sayang banget kan kalau sudah berkunjung ke Pasar Karetan, tapi tak sempat mencoba semua jajanannya?

Kendal juga merupakan daerah yang juga memiliki potensi wisata tak kalah dengan kota-kota lain, lho. Tunggu apalagi, ajak keluarga dan orang-orang terdekat untuk berwisata dan menjelajah kuliner di Pasar Karetan, ya!

Advertisement
Tags
acara Agenda Indonesia Jawa Tengah Kendal kuliner pasar karetan Wisata
Share