Pantai Watu Malando, Kemegahan Alam Kebanggaan Sumba

Advertisement

Indonesia bagian timur sebenarnya kaya akan keindahan alam. Namun kadang sulitnya akses membuat potensi-potensi cantik tersebut jadi kurang diekspos. Di Sumba misalnya, ada destinasi elok yang tak banyak orang tahu. Namanya Pantai Watu Malando.

Pantai ini terletak di Desa Kalahe, Kecamatan Kodi Balaghar. Keindahannya yang begitu luar biasa membuat Watu Malando sering dijadikan jujukan para pecinta fotografi. Bahkan artis sekelas Andien pun juga pernah menghabiskan waktu berliburnya di sini.

Keindahannya Begitu Dahsyat

Pengunjung berfoto di Pantai Watu Malando
Pengunjung berfoto di Pantai Watu Malando via Instagram bobansumba

Sebenarnya Pantai Watu Malando tidak terlalu sulit untuk dicapai. Dengan menggunakan kendaraan roda empat dari Tambolaka, ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya, lokasi eksotis ini bisa dicapai dalam waktu kurang lebih satu jam. Sebagian besar jalannya pun sudah diaspal halus.

Begitu sampai di dekat pantai, dahsyatnya Watu Malando bakal langsung terlihat nyata. Sejauh mata memandang, terdapat bongkahan karang berukuran raksasa. Bahkan ada satu karang yang nampak berlubang layaknya sebuah gerbang, indah sekali ketika dijadikan objek foto.

Karang unik di Watu Malando
Karang unik di Watu Malando via Instagram leandropianist

Daya tarik lainnya dari pantai Watu Malando adalah karang raksasa dengan bentuk mirip rumah adat tradisional Sumba. Bagian bawahnya seperti berongga dan memiliki empat tiang penyangga. Lokasi ini juga sering dijadikan tempat favorit wisatawan untuk berfoto.

Dikelilingi Sejumlah Pulau

Ada beberapa pulau di sekitar Watu Malando
Ada beberapa pulau di sekitar Watu Malando via Instagram bhella_bebe

Pantai Watu Malando adalah muara sungai terpanjang di Sumba Barat Daya, Pola Pare. Hal inilah yang diyakini menyebabkan pasir di pantai ini tidak seputih lokasi sejenis pada umumnya.

Jika air sedang surut, pengunjung bisa menjelajahi hamparan pasir pantai yang begitu luas. Di sekeliling akan kelihatan bahwa kawasan ini dikelilingi oleh sejumlah pulau. Tiga di antaranya berukuran lebih besar dibanding yang lain dan oleh masyarakat setempat disebut sebagai Kandi Lorro (penjaga laut dalam), Kahonggo Loko (penunggang sungai), dan juga Kandi Kahuda (penjaga pantai).

Suasana Yang Begitu Syahdu

Suasana di Watu Malando relatif sepi
Suasana di Watu Malando relatif sepi via Instagram cha_satriani

Berada di Pantai Watu Malando, atmosfer syahdu bakal sangat terasa. Sebab pantai ini masih relatif sepi pengunjung. Berdasarkan laporan pada Desember 2017 silam, masih belum ada fasilitas wisata dibangun di lokasi yang punya potensi luar biasa ini.

Namun demikian, pesona Watu Malando tetap saja tak bisa diabaikan. Selain gugusan karangnya yang masif dan mengagumkan, udara di sekitar sini juga terasa begitu menyegarkan. Kemungkinan besar karena tak jauh dari pesisir terdapat hutan mangrove yang begitu rimbun.

Pernah Dikunjungi Andien

Andien di Pantai Watu Malando
Andien di Pantai Watu Malando via Instagram andienaisyah

Selain dikenal sebagai penyanyi bersuara emas, Andien Aisyah juga sering mengekspos hobi traveling-nya di media sosial. Sumba adalah salah satu destinasi favorit pelantun tembang Gemilang tersebut. Ia pernah melancong ke sana bersama sang suami saat tengah mengandung anak pertama.

Andien pun sempat datang ke Pantai Watu Malanado untuk menyaksikan keindahan gugusan karang di sana. Sayang, hingga kini destinasi cantik ini masih belum terlalu banyak diketahui wisatawan.

Itulah tadi sejumlah kisah menarik dan juga deretan daya tarik Pantai Watu Malando di Sumba. Bagi yang ingin berkunjung ke pantai dengan nuansa pemandangan tak biasa, tak ada salahnya datang ke sini di masa mendatang.

Advertisement
Tags
Nusa Tenggara Timur Wisata Wisata Alam
Share