Bosan dengan Kuta atau Senggigi? Coba Terbang ke Sulawesi

Advertisement

Tepat rasanya jika Indonesia dijuluki dengan istilah Zamrud Khatulistiwa karena pesona keindahan alamnya sangat luas dan banyak, salah satunya adalah pantai. Dari Sabang sampai Merauke ada ribuan pulau yang memiliki pantai-pantai khusus nan elok dan terkenal juga menjadi destinasi wisata bagi turis lokal atau manca negara.

Contohnya saja di Pulau Bali dengan Pantai Kuta-nya, di Pulau Lombok dengan Pantai Senggigi, di Pulau Jawa dengan Pantai Pasir Putih dan banyak lagi lainnya.

Khususnya di Pulau Sulawesi, ada beberapa pantai yang indah dan patut dijadikan destinasi wisata jika Anda berkunjung. Berikut destinasi pantai indah di Sulawesi.

Pantai Barombong

Terletak di Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pantai barombong merupakan salah satu aset di propvinsi tersebut yang hingga kini terus dikelola oleh pemerintah daerah dan provinsi.

Pantai barombong
Pantai barombong [imagesource]
Keindahan alam pantainya dipadu dengan pondok-pondok yang berjajar di sekitarnya membuat Pantai Barombong menjadi tujuan wisata bagi masyarakat sekitar. Sayangnya, popularitas pantai ini tidak begitu terdengar luas karena publikasinya yang masih terlalu minim.

Pantai Monano

Jika Anda berkunjung ke Gorontalo Utara, tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk mengunjungi Pantai Monano yang mungkin sampai sekarang belum banyak diketahui orang. Untuk mencapainya, pengunjung harus melewati jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Kabupaten Gorontalo utara dengan Kota Buol, Sulawesi Tengah.

Pantai Monano
Pantai Monano [imagesource]
Perjalanan yang panjang tersebut tidak menjadi satu hal yang melelahkan karena Anda dapat menikmati pemandangan alam berupa bukit hijau dan eksotika lain sepanjang jalan. Setelah menempuh waktu sekitar 1 jam, maka Anda akan disambut dengan bentangan pasir putih yang masih tampak asri serta deburan ombak dan semilirnya angin pantai di Pantai Monano.

Taipa Beach

Taipa Beach merupakan destinasi wisata pantai yang berada di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Pantai ini menawarkan keindahan alam, pasir putih dan air laut yang jernih bebas dari beragam sampah seperti di kebanyakan pantai di Pulau Jawa.

Taipa Beach
Taipa Beach [imagesource]
Untuk berkunjung ke tempat ini, wisatawan tidak harus merogoh kocok dalam karena tiketnya dapat dibilang sangat murah. Selain itu, bagi Anda yang suka menikmati keindahan alam bawah laut, maka Anda dapat melakukan diving atau snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang serta warna-warni ikan di sekelilingnya.

Tanjung Bira

Paduan antara bentangan pasir putih dan indahnya pesona laut, menjadikan Tanjung Bira adalah spot wisata yang populer di Sulawesi Selatan. Pantai yang terletak di selatan Kota Makassar ini memang tidak sepopuler pantai-pantai di Bali atau Lombok, akan tetapi panorama alamnya tidak kalah dan sangat eksotis.

Tanjung Bira
Tanjung Bira [imagesource]
Ombak di Tanjung Bira dapat dikatakan lumayan tenang sehingga aman untuk digunakan sebagai tempat berenang dan bermain air bagi anak-anak. Selain itu, Anda juga dapat melakukan aktivitas penyelaman atau diving dan snorkeling untuk menikmati pesona bawah laut. Selain itu, Anda juga akan disuguhi pemandangan khas Sulawesi yaitu bersandarnya kapal-kapal pinisi di pinggiran pantai.

Pantai Karampuang

Berada di Kabupaten Sinjai, Pantai Karampuang merupakan destinasi wisata pantai yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Untuk sekadar melepas kepenatan akan aktivitas sehari-hari, Anda dapat menikmati indahnya lautan dari bibir pantai satu ini atau berjalan-jalan di sekitar pantai yang memiliki panjang sekitar 1,5 kilometer tersebut.

Pantai Karampuang
Pantai Karampuang [imagesource]
Dari Pantai Karampuang, Anda juga dapat menikmati pesona alam berupa gugusan pulau yang terlihat jelas dan sangat memikat hati. Sedikit berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya, di Pantai Karangpuang, tidak ada pasir putih yang terbentang karena mayoritas spot pinggir pantainya diisi dengan bebatuan.

Advertisement
Tags
pantai Pantai barombong Pantai Karampuang Pantai Monano pantai sulawesi Taipa Beach Tanjung Bira
Share