Pesona Sunset Pantai Ngrumput dengan Bukit Kosakora, Indahnya Bikin Terpesona

Advertisement

Jogja memiki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Ada wisata religi, sejarah, kuliner, sampai deretan pantainya yang indah menakjubkan. Salah satunya Pantai Ngrumput dengan Bukit Kosakora. Seperti apa keindahan destinasi wisata di Gunungkidul, Jogja ini? Simak pengalaman Kontributor Travelingyuk, Krisna Putra Pratama yang sudah berkunjung ke sini yuk!

Pesona Buki Kosakora yang Memesona

Pantai ngrumput terletak diantara 2 Pantai besar yaitu Pantai Drini dan Pantai Krakal. Tepatnya di Desa Banjarejo, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Destinasi wisata ini menarik perhatian karena adanya bukit eksotis yang memanjakan mata. Namanya Bukit Kosakora dengan tebing berketinggian diatas 50 Mdpl. Bukit ini menyuguhkan pemandangan pantai yang memanjakan mata. Terlebih ketika sunset tiba.

Foto pihak pertama (C)Krisnapepe
Pesona Buki Kosakora yang Memesona (c) Krisna Putra Pratama/Travelingyuk

Untuk sampai di puncak, tidak mudah. Jalan setapaknya memiliki kemiringan hingga 70 derajat. Pun demikian, rasa lelah terbayar dengan deretan pantai yang menawan dari atas. Ada Pantai Drini, Pantai Baron, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup, Pantai Krakal, sampai Pantai Indrayanti. Belum lagi, tebing cantik yang memanjang dari timur ke barat sejauh mata memandang. Bukit Kosakora juga menawarkan karena keindahnya matahari terbenam dan terbit yang eksotis. Biasanya, tempat inilah yang dijadikan lokasi untuk kemping beberapa wisatawan.

Pemandangan Pantai Ngrumput yang Menawan

Foto pihak pertama (C)Krisnapepe
Pemandangan Pantai Ngrumput yang Menawan (c) Krisna Putra Pratama/Travelingyuk

Selain bukitnya, Pantai Ngrumput juga tak kalah memanjakan mata. Destinasi ini terletak persis di bawah bukit Kosakora. Pemandangan ombak di pantai ini tidak terlalu besar. Sementara airnya bening dan menyegarkan. Selain keindahan ombak, hamparan pasir putih juga indah banget. Di sudut lain, ada deretan warung makan yang bisa dikunjungi ketika perut keroncongan.

Fasilitas Istimewa yang Bikin Betah

Foto pihak pertama (C)Krisnapepe
Pemandangan Pantai Ngrumput yang Menawan (c)Krisna Putra Pratama       

Kawasan wisata di Gunungkidul ini memiliki beberapa fasilitas yang memudahkan pengunjung. Ada sumber listrik, warung di atas bukit, dan kamar mandi & WC. Sayangnya, di sini masih belum ada tempat bermalam atau penginapan. Jika ingin bermalam di sini, kemping ada salah satu cara terbaiknya. Sementara itu, harga tiket masuk di sini adalah

  • Restribusi masuk kawasan Pantai Gunungkidul, baik via Baron maupun Indrayati (Rp10.000)
  • Parkir motor per malam (Rp5.000) dan sekali masuk (Rp3.000)
  • Parkir mobil per malam (Rp10.000) dan sekali masuk (Rp5.000)
  • Baik Bukit Kosakora (Rp2.000)
  • Kemping (Rp10.000)

Rute Menuju Tempat Wisata

Foto pihak pertama (C)Krisnapepe
Warung Makan di sekitar pantai (c) Krisna Putra Pratama/Travelingyuk

Lokasinya yang berada di Kabupaten Gunungkidul memang cukup jauh dari pusat kota. Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 45 menut untuk sampai di sini melalu Jalan Raya Wonosari. Sementara dari Solo, sekitar 1 jam 30 menit, melewati Cawas-Klaten. Nah, rute perjalanan selengkapnya dapat dilihat di bawah ini.

  1. Yogyakarta – Piyungan – Pathuk – Gading – Wonosari – Jl. Baron – Kukup – Pantai Drini – Puncak Kosakora
  2. Yogyakarta – Bantul – Parangtritis – Panggang – Saptosari – Jl. Baron – Kukup – Pantai Drini – Puncak Kosakora
  3. Solo – Jl. Solo – Jogja – Cawas – Candirejo – Semanu – Sidoharjo – Ngastirejo – Jl. Pantai Selatan Jawa – Jl. Pantai Drini – Puncak Kosakora

Sementara jika Teman Traveler menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan rute Terminal Giwangan – Naik Bus Jurusan Wonosari – Turun terminal Wonosari – Naik Minibis jurusan Kemendang – Turun di Kemendang – Naik Ojek Menuju Lokasi. Selain itu, ada juga tips yang bisa memudahkan perjalanan Teman Traveler. Seperti berikut ini.

  1. Sebelum berlibur ke kawasan Wisata Pantai Gunungkidul sebaiknya isi full tanki kendaraan. Pasalnya, pom bensin di daerah Gunungkidul tidak banyak.
  2. Perhatikan musim dan cuaca. Jika musim hujan, jalan menuju lokasi susah dilalui. Belum lagi, ombaknya yang pasang di bulan bulan tertentu.
  3. Pilihlah hari yang tepat, Senin – Kamis. Biasanya, pantai ini sepi saat weekday.
  4. Jika Teman Traveler ingin kemping, sebaiknya mendirikan tenda setelah matahari terbenam. Pasalnya, angin di sini sangat kencang sebelum matahari terbenam. Pilih juga tempat di balik karang atau hindari letak yang terlalu dekat dengan bibir pantai.
  5. Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi untuk liburan ke sini
  6. Pastikan membawa makanan sendiri, ditakutkan jika warung tutup.
  7. Bawa kamera dengan baterai penuh agar bisa berburu sunset.
  8. Jaga kebersihan dan selalu berdoa sebelum perjalanan.

Nah, itulah ulasan tentang Pantai Ngrumput dan bukit eksotisnya yang bisa dijelajah ketika liburan ke Gunungkidul. Bagaimana, makin tertarik untuk mampir ke sini kan?

Advertisement
Tags
Gunungkidul Indonesia Jogja Travelingyuk Wisata Gunungkidul wisata jogja Yogyakarta
Share