Alamak Pantai Cantik di Lamongan Ini Namanya Kutang!

Advertisement

Ada sebuah pantai yang memiliki nama sangat tidak lazim di Lamongan yaitu Pantai Kutang. Bagi warga Jawa Timur yang kesehariannya menggunakan bahasa Jawa, mendengar nama pantai ini pasti langsung tertawa. Bagaimana tidak “Kutang” dalam bahasa Jawa memiliki arti Bra, BH atau pakaian dalam wanita. Loh kog bisa diberi nama seperti itu bagaimana ceritanya? Berikut Travelingyuk ulas asal muasalnya.

Pantai Kutang adalah salah satu pantai di pesisir utara Jawa yang terletak di Kabupaten Lamongan. Nama pantai ini mulai dikenal luas seiring banyaknya pengunjung yang datang lantaran penasaran dengan nama unik yang disandangnya. Pantai Kutang, sedikit sensual memang, tapi itulah nama yang diberikan warga kepada pantai berpasir putih ini.

Pantai Kutang di Lamongan, via Instagram
Pantai Kutang di Lamongan, via Instagram

Menurut pengakuan dari warga setempat, pemberian nama yang unik ini bukan asal-asalan saja atau hanya berdasarkan pemikiran warga yang ngeres. Ada sejarah yang melatar belakanginya, diceritakan pada zaman dahulu banyak pasangan muda mudi yang berkunjung ke pantai ini. Anehnya saat pulang mereka meninggalkan pakaian dalam mereka termasuk bra atau kutang di sana. Dari situlah kemudian nama Kutang disematkan pada pantai ini.

Pantai Kutang adalah satu dari beberapa pantai di utara Jawa yang memiliki pasir putih yang bercampur dengan kerikil kecil. Lanskap ini dilengkapi dengan kehadiran pohon-pohon hijau di pinggir pantai yang menjulang ke laut. Beberapa traveler bahkan bisa main ayunan dari dahan pohon yang melengkung ke pantai sehingga menjadikan pemandangan yang sangat indah.

Pantai Kutang dikelilingi pepohonan yang rimbun, via Instagram
Pantai Kutang dikelilingi pepohonan yang rimbun, via Instagram

Saat pantai surut traveler bisa melihat rumput laut dan bebatuan yang indah. Saat itu adalah momen yang baik untuk melakukan foto-foto. Waktu terbaik untuk mengambil gambar pantai ini adalah pada saat sore hari menjelang magrib. Sunset di pantai ini juara, meski berada di utara tapi matahari terlihat tenggelam di tengah laut karena memang posisinya agak serong.

Traveler bermain ayunan di pohon pinggir pantai, via Instagram
Traveler bermain ayunan di pohon pinggir pantai, via Instagram

Kamu bisa menemukan pantai ini dengan mengunjungi Dusun Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan. Dari WBL kamu ambil jalan ke arah barat menuju Kabupaten Tuban. Satu hal yang perlu kamu ingat saat berkunjung ke sana yaitu untuk selalu menjaga kebersihan. Sebab pengakuan beberapa traveler yang pernah berkunjung ke sana, kesadaran pengunjung untuk menjaga kebersihan masih kurang terbukti dengan adanya banyak tumpukan sampah di kawasan pantai. Yuk keep green!

Advertisement
Tags
Explore Lamongan Lamongan Pantai Kutang WBL
Share