3 Pantai Kece di Gunungkidul yang Bisa Dikunjungi Dengan Modal 5 Ribu Saja

Advertisement

Apa yang bisa didapatkan dengan uang Rp.5 ribu? Tak banyak yang bisa didapatkan dengan jumlah segitu apalagi buat traveling, untuk tiket masuk satu kawasan wisata saja rasanya cukup sulit. Eits, tapi tunggu dulu dengan modal 5 ribu perak Anda bisa kok mengunjungi objek wisata keren yang tengah trend, bahkan tak cuma satu objek melainkan tiga sekaligus! Gimana caranya?

Traveling tengah hits di kalangan anak muda, namun kendala utama mereka adalah dana. Jika pintar-pintar mencari informasi tentu banyak sekali tempat wisata keren yang terjangkau. Seperti objek-objek wisata di Gunung Kidul berikut ini, untuk masuk ke 3 tempat seorang traveler hanya butuh membayar Rp.5 ribu saja. Penasaran apa saja tujuan wisatanya? Berikut ulasannya.

1. Pantai Siung

Pantai Siung adalah objek wisata pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, tepatnya ada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Lokasi pantai ini sekitar 77 km dari pusat kota Jogja. Inilah pantai yang pas buat pecinta olahraga ekstrim panjat tebing. Di Pantai Siung terdapat 250 jalur panjat tebing bertaraf internasional.

Pantai Siung, Photo by Travelingyuk
Pantai Siung, Photo by Travelingyuk

Lanskap yang paling menonjol di Pantai Siung adalah bukit karang berukuran raksasa menghiasi pinggiran pantai baik di sisi timur maupun barat. Namun bagi wisatawan yang datang untuk berekreasi bersama keluarga juga bisa bersantai di pinggir pantai. Kegiatan paling menarik adalah makan bersama keluarga atau rombongan di pinggir pantai di bawah teduhnya pohon pandan.

Traveler bisa menyewa tikar dengan harga Rp.10.000 untuk waktu yang tidak ditentukan. Di pinggir pantai terdapat banyak payung warna-warni yang disiapkan untuk berteduh, namun perlu diperhatikan jika payung tersebut tidak gratis. Traveler harus membayar Rp.20.000 untuk berteduh di sana. Pantai Siung merupakan pantai yang aksesnya paling mudah dijangkau.

2. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor berada sejalur dengan Pantai Siung. Pantai ini berada di sebelah barat sekitar 500 meter dari Siung jadi ketika mengunjungi Pantai Siung pasti terlebih dahulu melewati jalan masuk menuju pantai ini. Satu kilometer sebelum masuk area pantai adalah batas akhir pengunjung untuk membawa kendaraan roda empat, sebab jalan menuju pantai masih berupa jalan makadam dengan rute yang cukup sulit dan sempit.

Pantai Nglambor [image source]
Pantai Nglambor, Photo by Travelingyuk
Dari tempat parkir tersedia jasa ojek, satu ojek bertarif Rp.5.000 dan abang tukang ojek siap mengantar hingga ke lokasi. Namun bagi Anda yang datang mengendarai motor langsung saja bawa motor ke tempat parkir yang berada di dekat pantai. Yang unik dari pantai Nglambor adalah lokasinya yang berada di antara dua bukit besar. Adanya bukit ini menjadi pemecah ombak sehingga air laut yang ada di dalam teluk relatif lebih tenang.

Pantai Nglambor adalah pantai istimewa, salah satu pantai di pesisir selatan Jawa yang bisa diselami. Aktifitas utama di pantai ini adalah snorkeling, traveler bisa melihat ikan warna-warni di pantai ini. Tersedia jasa penyewaan alat snorkeling plus foto bawah air dengan harga per paket untuk satu orang Rp.35 ribu.

3. Pantai Jogan

Pernah melihat air terjun yang jatuh langsung ke pantai? Nah, Pantai Jogan adalah pantai yang menyuguhkan pemandangan tersebut. Pantai ini berada satu daerah dengan dua pantai sebelumnya yaitu Pantai Siung dan Pantai Nglambor. Tepatnya berada di sisi sebelah barat dari Pantai Nglambor dan hanya terpisah oleh bukit. Dari Nglambor cukup melakukan perjalanan 5 menit untuk sampai ke Jogan.

Pantai Jogan [image source]
Pantai Jogan [image source]
Rute untuk sampai ke Pantai Jogan relatif lebih mudah di banding ke Nglambor. Lepas dari jalur aspal traveler harus menyusur jalan rabatan (beton) sebelum sampai di tempat parkir. Setelah sampai di pinggir pantai barulah keindahan terlihat. Terdapat sungai yang mengalir menuju bibir tebing sebelum akhirnya jatuh ke pantai. Waktu terbaik untuk menikmati air terjun Pantai Jogan adalah saat musim hujan, sebab saat kemarau debit air kecil sehingga mengurangi sensasi air terjun itu sendiri.

Karena berada dalam satu jalur maka akses menuju pantai-pantai tersebut dilakukan satu pintu. Dengan bermodal Rp.5 ribu Anda bisa menjelajahi tiga pantai yang lagi hits di Gunung Kidul tersebut. Tentu harga tiket tersebut belum termasuk tarif parkir di masing-masing objek wisata plus catatan dana bahan bakar kendaraan dihitung terpisah. Jika ditotal dengan modal dana kurang dari seratus ribu rupiah Anda sudah bisa bermain dan berkuliner sepuasnya di tiga lokasi tersebut. Cukup murah bukan?

Advertisement
Tags
Gunungkidul Pantai Jogan Pantai Nglambor Pantai Siung
Share