Deretan Pantai di Banyuwangi, Nggak Kalah Indah dari Bali

Advertisement

Sobat Travelingyuk, pada kesempatan ini kami mengajak kalian untuk jalan-jalan di kabupaten terluas di Jawa Timur yaitu Banyuwangi. Nama kabupaten yang memiliki julukan sebagai Sunrise of Java ini memang tengah berkibar di jagad kepariwisataan tanah air lantaran memiliki segudang tempat keren sekaligus menjadi gerbang utama traveler dari Jawa untuk menyeberang ke pulau Dewata.

Rasanya akan banyak sekali uraian yang dibutuhkan untuk mendeskripsikan satu per satu tempat wisata yang ada di Banyuwangi. Oleh sebab itu Travelingyuk mencoba untuk membagi obyek wisata di daerah ini menjadi dua kategori, pertama wisata alam yang terdiri dari taman nasional, air terjun serta tempat-tempat lain yang fokus berada di darat dan kedua wisata pantai yang membahas secara khusus pantai-pantai yang tersebar di sana. Inilah deretan pantai keren di Banyuwangi yang juga tengah hits di Instagram.

1. Senja di Pulau Merah Terlalu Indah Untuk Dilewatkan

Sebagian besar pantai di Banyuwangi yang dikelola untuk pariwisata berada di selatan Jawa termasuk pantai satu ini. Adalah pantai Pulau Merah di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran yang berjarak 60 kilometer dari pusat kota. Pantai ini menjadi salah satu pantai yang ramai dikunjungi traveler sebab selain menyuguhkan pemandangan pantai yang indah dengan bukit setinggi 100 meter di tengahnya, pantai ini juga menjadi tujuan surfing yang menarik.

Pulau Merah, via Instagram
Pulau Merah, via Instagram

Sebelum dikenal sebagai Pantai Pulau Merah, pantai ini sebelumnya bernama Pantai Ringin Pitu. Karakteristik ombak di sana dianggap mirip dengan pantai Kuta yang ada di Bali sehingga menjadi tempat favorit peselancar untuk beraksi. Rajanya spot surfing di Banyuwangi adalah Pantai Plengkung dengan ombak yang sangat besar, namun dibanding pantai tersebut Pulau Merah lebih ramah untuk peselancar pemula dan pantainya tidak memiliki banyak batu karang sehingga lebih aman untuk selancar.

2. Wedi Ireng, Salah Satu Pantai Yang Masih Alami Layak Untuk Disambangi

Setelah puas bersenang-senang di Pantai Pulau Merah jangan langsung beranjak jauh-jauh dahulu sebab ada pantai keren di dekat san namanya adalah Pantai Wedi Ireng. Traveler akan dimanjakan dengan suasana pantai yang masih alami di sana. Lokasinya berada di sisi barat Pulau Merah atau berjarak sekitar 4 km yang bisa ditempuh dengan perjalanan selama 10 menit saja.

Wedi Ireng, via Instagram
Wedi Ireng, via Instagram

Berbeda dengan Pulau Merah yang memiliki ombak besar sehingga cocok untuk kegiatan surfing. Pantai Wedi Ireng cenderung memiliki ombak yang agak landai karena lokasinya yang terapit oleh bukit sehingga ombak akan terpecah secara alami di tengah laut. Pasir pantai ini berwarna kecokelatan, sedang Wedi Ireng sendiri berasal dari adanya pasir besi di pantainya yang bisa traveler lihat jika mengeruk lapisan pasir pantai.

3. Pulau Tabuhan, Sekelumit Tanah Surga di Selat Bali

Menjauh dari deretan pantai selatan, Banyuwangi punya Pulau Tabuhan yang terletak di tengah-tengah Selat Bali. Pulau kecil seluas 5 hektar ini bak secuil tanah surga yang jatuh di perairan Bumi Blambangan. Snorkeling dan diving tentu menjadi aktivitas utama yang ditawarkan kala berkunjung ke sana. Traveler akan disuguhi taman laut yang indah dengan terumbu karang yang terjaga kelestariannya serta ikan kecil warna-warni yang tinggal di dalamnya.

Pulau Tabuhan, via Instagram
Pulau Tabuhan, via Instagram

Bukan hanya itu saja, Pulau Tabuhan juga menawarkan aktivitas seru berupa surfing. Tapi melakukan kegiatan ini dengan cara yang berbeda, peselancar akan berselancar dengan teknik kite surfing dan wind surfing dimana memerlukan alat tambahan berupa parasut dan layar untuk menarik peselancar ini. Di pulau yang mungil ini traveler juga dapat menyaksikan satwa burung Maleo yang selalu bermigrasi di Pulau Tabuhan. Traveler dapat menyewa perahu nelayan dari Pantai Kampe di desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo untuk mencapai pulau ini.

4. Teluk Biru, Spot Snorkeling Tersembunyi di Banyuwangi

Jika kamu enggan menyeberang lautan ke Pulau Tabuhan untuk snorkeling, ada pilihan lain untuk melakukan kegiatan air tersebut. Kamu dapat berkunjung ke kecamatan Muncar dan menjumpai Teluk Biru atau nama bekennya yaitu Blue Bay. Keindahan alam bawah laut teluk ini tidak kalah dengan Pulau Tabuhan, dengan kelebihan lokasinya yang masih tersembunyi sehingga seperti berada di pantai pribadi.

Teluk Biru, via Instagram
Teluk Biru, via Instagram

Warga sekitar mengenal pantai ini sebagai Selanggrong. Mereka juga mendirikan sebuah komunitas pecinta lingkungan yang berkonsentrasi dalam melestarikan lingkungan teluk tersebut dengan melakukan kegiatan seperti penanaman fish apartement, transplantasi terumbu karang hingga penanaman pohon bakau. Pemberian nama Teluk Biru ternyata tidak lepas dari warna air lautnya yang terlihat biru dan sangat jernih.

5. Pantai Sukamade, Pantai Eksotis di Ujung Barat Banyuwangi yang Penuh Dengan Penyu

Pantai Sukamade merupakan destinasi anti mainstream di Banyuwangi yang menawarkan traveler pengalaman bertemu langsung dengan penyu di habitat alaminya. Tak ketinggalan pula traveler dapat secara langsung melihat satwa ini bertelur,menetas hingga melepaskan tukik atau anak penyu kembali ke laut. Bukan kebetulan jika kemudian Pantai Sukamade dijuluki sebagai istana penyu.

Pantai Sukamade, via Instagram
Pantai Sukamade, via Instagram

Pantai Sukamade berada di kawasan Taman nasional Meru Betiri. Jaraknya sangat jauh dari pusat kota sekitar 100 kilometer yang berarti butuh waktu sekitar 5 jam perjalanan untuk mencapainya. Secara administratif pantai ini terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Trek menuju ke sana cukup menantang tapi mengingat apa yang akan kamu dapatkan di lokasi rasanya cukup sebanding. Meski rute ke lokasi sedikit sulit namun di Pantai Sukamade telah berdiri beberapa fasilitas seperti cottage, camping ground, mushala serta kamar mandi umum.

6. Pantai Plengkung yang Ombaknya Disejajarkan Dengan Hawaii

Pantai berikutnya dikhususkan bagi pecinta surfing, lebih spesifik lagi mereka yang telah menyandang status profesional. Pantai Plengkung atau oleh turis asing mengenalnya dengan nama G-Land adalah sebuah pantai di kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang memiliki ombak raksasa bahkan keganasannya disejajarkan dengan pantai-pantai di Hawaii.

Pantai Plengkung, via Instagram
Pantai Plengkung, via Instagram

Untuk diketahui bahwa ombak di Pantai Plengkung bisa mencapai 4-6 meter dengan formasi 7 gulungan gelombang bersusun. Dengan kondisi seperti itu tak heran jika ombak di sana tercatat sebagai salah satu The Seven Giant Waves Wonder. Meski secara khusus pantai ini diperuntukkan bagi peselancar namun traveler biasa pun boleh berkunjung ke sana. Umumnya mereka melihat aksi peselancar menakhlukkan ombak dan juga bermain-main di pasir pantainya.

7. Pantai Bama, Hutan Mangrove dan Sunrise yang Menawan

Pantai Bama menjadi lokasi snorkeling berikutnya selain Pulau Tabuhan dan Teluk Biru. Pantai ini berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo atau tepatnya ada di kawasan Taman Nasional Baluran. Pantainya belum terlau ramai dikunjungi wisatawan sehingga menyuguhkan suasana yang tenang dan nyaman.

Pantai Bama, via Instagram
Pantai Bama, via Instagram

Pantai Bama dikelilingi oleh hutan bakau yang tumbuh subur serta dianugerahi dengan terumbu karang indah dan ikan-ikan kecil yang cantik. Ombak yang tenang menjadi alasan kenapa pantai ini sangat aman dan nyaman untuk digunakan snorkeling. Hanya saja para wisatawan yang berkunjung ke sana diminta untuk selalu waspada jika membawa bekal, sebab akan banyak monyet yang dijumpai di kawasan pantai dan mereka terkadang menyambar bekal pengunjung. Secara administratif pantai ini sebetulnya berada di kecamatan Banyuputih, Situbondo, namun tak jarang traveler yang berkunjung ke Taman Nasional Baluran di Banyuwangi menyempatkan diri untuk mampir ke pantai ini.

8. Thailand Terkenal Dengan Maya Bay, Banyuwangi Tak Kalah Dengan Green Bay-nya

Ingat film The Beach yang dibintangi oleh aktor Leonardo DiCaprio? Film yang rilis tahun 2000 ini mengambil tempat di Maya Bay, Thailand sebuah pantai tenang dengan air hijau yang jernih. Banyuwangi tak mau kalah, di kota berjuluk Sunrise of Java ini juga memiliki pantai eksotis berair hijau jernih bernama Teluk Hijau atau Green Bay.

Green Bay, via Instagram
Green Bay, via Instagram

Pantai Green Bay terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran dan berjarak 90 kilometer dari pusat kota. Tidak sulit untuk menemukannya sebab pantai ini sudah cukup terkenal sehingga banyak petunjuk arah yang terpasang di jalan-jalan kota. Keunikan Teluk Hijau ini terletak pada pasir pantainya yang putih halus dan mudah melekat di kulit serta pemandangan lautnya yang berwarna hijau.

Wilayahnya yang memanjang dari pesisir timur hingga selatan Jawa membuat kabupaten ini memiliki banyak pantai. Daftar di atas hanya sebagian saja yang sudah dieksplor teman-teman traveler. Travelingyuk yakin masih banyak pantai lain di Banyuwangi. Bagi traveler asli kota ini yang suka blusukan ke pantai-pantai baru, dapat membagi informasi dengan mengisi kolom komentar. Keep traveling guys!

Advertisement
Tags
Banyuwangi Explore Banyuwangi Jawa Timur Pantai di Banyuwangi
Share