Pantai Bias Tugel Karangasem Bali, Pesona Laguna Kecil Yang Menakjubkan

Advertisement

Bali memang menjadi maskot wisata internasional di nusantara. Namun Bali, bukan hanya identik dengan Denpasar, Badung dan Singaraja saja, lho! Masih ada sejumlah kabupaten lain yang keindahan alamnya juga tidak bisa dipandang sebelah mata, termasuk di antaranya Kabupaten Karangasem. Kabupaten yang berada disisi paling timur Pulau Dewata ini menyimpan segudang potensi alam yang tiada habisnya. Tidak salah jika tidak sedikit wisatawan lokal dan mancanegara yang mengunjungi sejumlah tempat wisata di Karangasem.

Pantai Bias Tugel dengan Lagunanya yang indah. Foto via baliindonesiawisata.wordpress.com

Namun demikian, pamor tempat wisata di Karangasem tidak sepopuler yang ada di Badung, Tabanan dan Kota Denpasar. Padahal, keindahan alamnya memiliki peran besar menjadikan Pulau Bali begitu dikenal di dunia pariwisata internasional. Seperti pantai Bias Tugel, dengan pasir putihnya yang menawan, tak jauh dari bibir pantai terdapat karang karang indah pemecah ombak.

Pantai Bias Tugel, yang juga dikenal dengan nama White Sand Beach ini berlokasi dari Denpasar sekitar 44 km dengan waktu tempuh 1.5 jam perjalanan. Lokasi pantai cukup dekat dengan Pelabuhan Padang Bai, yaitu pelabuhan yang biasanya digunakan untuk penyeberangan Bali-Lombok. Tarif masuknya pun sangat murah, cukup dengan Rp. 2.000 per orang. Murahnya tarif masuk karena pantai tersebut masih dikelola dengan masyarakat sekitar.

Pasir paling putih di pulau Dewata menjadi khas Pantai Bias Tugel. Foto via instagram @dwicreative

Untuk menuju bibir pantai memang harus melewati turunan tangga dan jalanan setapak kurang lebih 10 hingga 15 menit. Berhati-hatilah saat berjalan karena tangga menuju pantai cukup terjal dan berbatu. Selama berjalan, Anda akan ditemani oleh pemandangan indah yaitu putihnya pasir, birunya laut, dan kapal feri yang bergerak dari Pelabuhan Padang Bai bak sebuah lukisan nyata karya Sang Pencipta. Bisa Anda bayangkan betapa indahnya Pantai Bias Tugel Bali ketika dinikmati secara langsung.

Lguna kecil yang indah di Pantai Bias Tugel. Foto via infodenpasar.com

Ada keunikan tersendiri di pantai Bias Tugel ini yakni terdapat waterblow atau air laut yang muncrat ke atas akibat benturan gelombang laut dengan batu karang. Waterblow ini dapat disaksikan sekitar 50 meter disebelah kanan pantai. Dan satu lagi yang menjadi primadona pantai Bias Tugel ini adalah berendam dilaguna kecil yang sangat menawan. Warna air yang hijau tosca dengan dinding karang yang sangat kontras memberi keindahan yang tiada tara.

Advertisement
Tags
pantai bali Pesona Alam Bali Pesona alam indonesia wisata bali
Share