Pallu Butung, Kuliner Segar Khas Makassar Kembaran Es Pisang Ijo

Advertisement

Liburan paling pas jika ditemani dengan berburu kuliner yang menyegarkan. Bukan hanya es campur, pisang ijo kini juga menjadi favorit banyak orang. Namun jangan salah, ada minuman enak yang mirip dengan es dari Makassar satu ini. Adalah Pallu Butung yang tak kalah lezat. Seperti apa bentuk dari kuliner tersebut? Simak yuk!

Es Segar dari Olahan Pisang

Palu Butung dan Pisang Ijo
Pallu Butung dan Pisang Ijo Restoran Bravo [image source]
Seperti yang banyak diketahui, pisang ijo merupakan kuliner yang terbuat dari pisang, tepung beras hingga pandan. Begitu pula dengan Es Pallu Butung yang juga berbahan dasar pisang. Bedanya, pisang di minuman ini tidak dibalut dengan tepung. Melainkan disajikan dalam bentuk potongan yang disiram dengan kuah khasnya setelah dikukus.

Perbedaan Pisang Ijo dan Pullu Butung
Perbedaan Pisang Ijo dan Pallu Butung [image source]

Kuah Pallu Butung yang Nikmat Disajikan Hangat

Ilustrasi Pallu Butung disajikan hangat
Ilustrasi Pallu Butung disajikan hangat [image source]
Kuah yang disiramkan pada potongan pisang raja ini terbilang unik. Terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula pasir, daun pandan, vanili dan garam, kuah Pallu Butung dimasak hingga matang dan mengental. Sajian ini pun paling nikmat disantap hangat saat sore hari. Bagaimana, sudah pernah mencobanya?

Ilustrasi Pallu Butung hangat
Ilustrasi Pallu Butung hangat [image source]

Menggiurkan dengan Sirup dan Parutan Es

Pallu Butung dengan parutan es
Pallu Butung dengan parutan es [image source]
Tak hanya hangat, Pallu Butung juga bisa dinikmati saat dingin. Sedikit berbeda, penyajiannya ditambah dengan parutan es. Kemudian ditambah sedikit sirup agar manisnya bertambah serta terlihat cantik dilihat. Keunikan lain yang membuat Pallu Butung bikin ketagihan adalah bubur sumsumnya. Namun, tidak semua kedai menambahkan bubur di dalam kembaran pisang ijo ini. Nah, es ini paling cocok jika disantap saat cuaca panas.

Pallu Butung dingin dengan sirup
Pallu Butung dingin dengan sirup [image source]

Hidangan Favorit Saat Ramadan

Pallu Butung di Jakarta
Pallu Butung di Jakarta [image source]
Di balik ketenarannya, Pallu Butung ini awalnya merupakan menu favorit di bulan puasa. Biasanya dihidangkan saat berbuka puasa sebelum makan menu utama. Kini, kamu tak perlu menunggu Ramadan tiba. Pasalnya, hampir setiap hari ada penjual yang menawarkan minuman ini. Bahkan di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Semarang.

Pallu Butung di Mega Kuningan
Pallu Butung di Mega Kuningan [image source]
Sama-sama berasal dari Makassar, baik pisang ijo atau pallu butung sangat populer. Hal ini tidak lain karena kelezatan, keunikan dan kesegarannya. Bagaimana, sudah pernah coba kuliner satu ini?

Advertisement
Tags
Indonesia Makassar Sulawesi Selatan
Share