Tips Jitu Packing Untuk Berdua, Anti Ribet!

Advertisement

Udah punya rencana untuk bepergian dalam waktu dekat? Jika iya, kamu mungkin sedang sibuk mempersiapkan ini dan itu. Perencanaan memang diperlukan agar pada saat berangkat kamu sudah siap lahir dan batin. Jika berangkat sendiri sih, kamu bisa bebas menentukan apapun sesuai dengan keinginanmu. Lalu bagaimana jika kamu berangkat berdua? Misalnya dengan saudara, teman atau justru pasangan. Kamunya sudah ready, eh orang yang kamu ajak malah masih sibuk benahin koper. Sebelum hal itu benar-benar terjadi, sebaiknya kamu mengantisipasi hal itu.

Coba pikirkan tentang membawa satu tas saja. Cara ini akan banyak memberikan manfaat. Kalian bisa bergantian membawa tas, jadi saat lelah bisa beristirahat. Barang-barang bawaan pun juga nggak terlalu banyak karena kalian bisa saling berbagi. Apalagi jika kamu mengajak seseorang yang jenis kelamin, ukuran tubuh, hingga seleranya sama denganmu. Kecuali dalaman dan barang-barang pribadi lainnya sih kalian masih bisa saling meminjam. Berikut ini adalah beberapa tips jitu jika kamu ingin packing untuk berdua.

1. Bagi Menjadi Dua Bagian

Pisahkan menjadi dua bagian [image source]
Pisahkan menjadi dua bagian [image source]
Hal ini berlaku bagi kamu yang ingin mengajak pasangan atau seseorang yang beda jenis kelamin, misalnya saja saudara. Karena kamu hanya akan mengandalkan satu tas, maka harus menyeleksi baju-baju yang akan kamu bawa. Setelah itu pisahkan menjadi dua bagian. Mana pakaianmu dan mana milik orang lain. Hal ini akan memudahkan nanti saat mengeluarkannya.

2. Membawa Tas yang Lebih Kecil

membawa tas yang lebih kecil [image source]
membawa tas yang lebih kecil [image source]
Hal ini penting, karena segala sesuatu bisa saja terjadi pada tasmu itu. Misalnya saja saat kamu sedang ada di bandara dan tas atau kopermu hilang entah ke mana. Padahal, semua barang-barang penting ada di dalamnya. Akan lebih baik jika kamu membawa juga tas lebih kecil. Masukkan di dalamnya surat-surat penting seperti paspor. Dompet dan handphone juga bisa dimasukkan ke dalamnya. Jika kamu memiliki penyakit yang bisa sewaktu-waktu kambuh, juga harus membawa obat. Tempat yang tepat untuk menyimpannya ya tas kecil itu.

3. Cerdas Memilih Barang Bawaan

Pintar memilih barang [image source]
Pintar memilih barang [image source]
Kembali ke koper, tentu saja kamu sudah tahu berapa lama kamu akan bepergian. Misalnya saja seminggu, maka kamu nggak perlu membawa baju ganti untuk seminggu. Artinya, ada tujuh setel dan setiap harinya ganti. Jika tasmu cukup untuk menampung semua itu sih nggak masalah. Tapi kan kamu harus menyediakan space untuk orang lain juga kan? Maka dari itu, pintarlah dalam memilih barang bawaan terutama pakaian. Bawa minimal 3 setel. Satu untuk dipakai, satu dicuci, kemudian yang lainnya dijemur, cukup efisien kan?

4. Menggulung Pakaian

menggulung pakaian [image source]
menggulung pakaian [image source]
Jika memilih pakaian sudah kamu lakukan, maka yang selanjutnya adalah memasukkannya ke dalam tas. Tapi jangan main dimasukkan saja. Jika tidak diatur, tas yang harusnya muat 20 barang, malah hanya cukup untuk 10 barang saja. Untuk pakaian atau barang yang terbuat dari kain seperti handuk dan lain sebagainya, kamu bisa menggulungnya. Metode ini cukup ampuh. Selain membuat pakaianmu tetap rapi, juga menghemat banyak ruang.

5. Atau Menggunakan Metode  Bundle Wrapping

Bundle wrapping [image source]
Bundle wrapping [image source]
Ada metode lain yang bisa kamu coba selain menggulung yaitu Bundle Wrapping. Lipat dulu dalam bentuk yang memanjang, kemudian tumpuk berselang seling. Setelah itu dilipat masuk satu per satu secara berselang-seling juga. Cara ini seperti membungkus beberapa pakaian menjadi satu. Lipatan yang padat tanpa celah akan memudahkan kamu saat memasukannya ke dalam tas.

6. Siapkan Wadah Toiletries dan Kosmetik

Toiletries [image source]
Toiletries [image source]
Jangan cuma pakaian saja yang dipikirkan. Ada barang-barang lain yang nggak kalah penting. Apalagi jika kamu berencana pergi untuk beberapa hari. Kamu tentu butuh peralatan untuk mandi dan lain sebagainya. Yang cewek mungkin juga nggak bisa ketinggalan dengan makeupnya. Siapkan semua barang-barang tersebut dan taruh dalam wadah tersendiri. Nggak harus sendiri-sendiri kok, tapi bisa jadi satu.

7. Bawa Alas Kaki yang Netral

Alas kaki [image source]
Alas kaki [image source]
Alas kaki ini kadang juga jadi masalah karena ukurannya yang besar tentu akan menyita banyak ruang dalam tas. Cara mengatasinya adalah memilih satu saja yang netral. Membawa banyak sandal atau sepatu, justru akan membuat kamu ribet. Padahal nggak semuanya dipakai. Daripada untuk sepatu, lebih baik membawa barang lain yang lebih penting.

Soal gadget juga sama, jangan bawa banyak-banyak, lebih baik satu saja tapi sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan aplikasi untuk memudahkan perjalananmu. Ingat, packing yang baik tidak akan menyisahkan celah yang lebar.

Advertisement
Tags
tips backpacking Tips Packing tips traveling
Share