Nikmati Makanan Nusantara di Omah Eyang Klaten

Advertisement

Yogyakarta tak melulu tentang alam dan keunikan budayanya. Namun wisata kuliner memang menjadi penopang disegala wisata. Tanpa kuliner, berwisata serasa hambar. Ada salah satu resto yang cukup unik dan serasa adem saat kamu berkunjung ke Yogyakarta. Dengan gaya bangunan seperti rumah lawas wong jawa yaitu rumah joglo, dan yang menarik perhatian pengunjung adalah tanaman hias yang tertata rapih disela sela rumah adat jawa yang unik.

Omah Eyang dengan segala keasrian dan kenyamanannya. Foto via omaheyangresto.business.site

Namanya Omah Eyang adalah sebuah restoran yang berada di perbatasan antara Yogyakarta dengan Klaten. Nuansa Jawa yang begitu kental menjadi potensi tersendiri bagi pemilik usaha resto di Omah Eyang. Area parkirnya luas dan dikelilingi tanaman hias. Selain itu bangunan yang khas budaya Jawa juga ikut menyambut kedatangan pengunjung.

Omah Eyang sendiri dibuka sejak 2018 silam, tergolong lumayan baru. Kehadiran resto ini turut mewarnai wisata kuliner didaerah Klaten Jawa Tengah. Selain mengangkat budaya Jawa yang kental, juga menyajikan berbagai menu nusantara yang cukup lengkap. Sesuai tagline-nya sebagai pondok dahar dan wedang. Didalam ruangan joglo ini teman traveler dapat memilih tempat duduk seperti gazebo atau rumah joglo.

Salah satu Gazebo di omah eyang yang sangat menawan. Foto via tripadvisor.com

Jangan khawatir untuk kamu yang ingin lebih santai ada ruang VIP yang dapat menampung 50 pengunjung. Menariknya, alunan musik jawa dan klasik bakal menemani mu sepanjang waktu sembari menyantap hidangan lezat. Sisi luar, pengunjung dapat menikmati hamparan persawahan serasa khas pedesaan. Ditambah lagi kehadiran pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu disebelah utara.

Nah, teman traveler bakal bingung dengan menu andalan Omah Eyang. Menu spesial yaitu ayam ingkung atau ayam utuh yang dimasak dengan bumbu khas tradisional Indonesia. Rasa rempah rempahnya begitu kental membuat siapa saja spontan terasa lapar. Beberapa menu lainnya antara lain ayam bakar, ayam kremes, ayam bakar, pindang patin, brongkos, rawon komplet, nasi goreng, sampai menu paket ayam goreng, nila goreng, dan lele goreng.

Beberapa sudut gazebo Omah Eyang yang sangat asri dan sejuk. Foto via instagram @
jogjataste

Selain menu makanan nusantara, juga tersedia menu minuman yang tak kalah lengkap. Beberapa minuman yang disajikan meliputi teh, jeruk, aneka kopi, wedang jeruk sereng, wedang secang, wedang uwuh, wedang jahe, menu milkshake, aneka jus, sampai squash. Harag makanan sangat bervariasi mulai dari Rp. 22.000 hingga Rp. 85.000. Tersedia menu paket yang bisa kamu pilih mulai dari Rp. 25.000 hingga Rp. 35.000. Untuk minuman juga beranekaragam harga mulai dari Rp. 4.000 hingga Rp. 25.000.

Menu Ingkung salah satu menu andalan yang spesial. Foto via nasiboxyogyakarta.web.id

Omah Eyang berlokasi di Jalan Manisrenggo KM 5, Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dari pusat Kota Klaten hanya lurus ke arah barat melewati Jalan Jogja-Solo. Omah Eyang Resto buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 21.00. Setiap malam Minggu akan digelar hiburan live music yang dapat menambah kenyamanan para pengunjung.

Advertisement
Tags
kuliner Indonesia Kuliner Nusantara Wisata Kuliner
Share