Traveling Sambil Isi Kantong, Ini 10 Oleh-oleh yang Bisa Dibisniskan

Advertisement

Selain berburu kuliner, hal lain yang tak pernah ketinggalan untuk dilakukan saat traveling adalah memborong oleh-oleh. Baik diberikan sebagai buah tangan untuk orang-orang kesayangan, atau untuk kenang-kenangan bagi diri sendiri bahwa pernah berkunjung ke kota baru. Kalau kamu jeli, barang-barang ini bisa juga dijadikan bisnis yang keuntungannya bisa digunakan untuk budget liburanmu mendatang, lho. Apa saja, ya?

1. Sebagai pecinta kopi, gelas atau juga tumbler merupakan hal yang sangat penting. Serunya, gerai-gerai kopi besar di negara-negara memiliki tumbler yang lucu untuk dikoleksi. Belilah dalam jumlah banyak dan jual lagi di tanah air. Coffee lover pasti berterimakasih padamu.

Tumbler Starbucks
Tumbler Starbucks [image source]

2. Oleh-oleh lainnya yang bisa dijual lagi dan pasti laku adalah jersey, seragam sepak bola dari grup-grup besar seperti MU dan Chelsea. Jangan lupa belikan satu untuk pasangan di rumah biar nggak ngambek karena sering ditinggal traveling, ya.

Jersey
Jersey [image source]

3. Ada banyak negara yang memiliki snack dengan bentuk dan kemasan super lucu. Snack Korea atau Malaysia adalah contohnya. Bungkusnya yang bikin gemes dan tak ada di negara lain membuat peminat jajanan ini banyak, Beberapa bahkan rela membelinya dengan harga tinggi, lho. Yakin tak ingin berbisnis cemilan-cemilan lucu ini? 

Cemilan lucu korea
Cemilan lucu korea [image source]

4. Setiap daerah memiliki kerajinan yang dibanggakan. Misalnya saja Bali dengan ukiran kayunya, atau anyaman rotan yang menjadi daya tarik kota Malang. Di luar negeri pun kamu bisa mencari oleh-oleh-oleh sejenis, seperti boneka-boneka kayu Jepang yang banyak peminatnya di tanah air.

Kerajinan Jepang
Kerajinan Jepang [image source]

5. Yang banyak ditemukan di negara manapun, bahkan harganya yang relatif murah membuat magnet kulkas banyak diburu menjadi oleh-oleh. Namun, ada juga loh pengoleksi benda ini yang rela membeli dalam jumlah banyak. Jangan khawatir tidak laku.

Magnet kulkas
Magnet kulkas [image source]

6. Banyak wisatawan yang tak pernah absen untuk membeli baju, sepatu atau tas saat liburan ke luar negeri. Apalagi kalau bukan karena masih langka atau bahkan tidak ada di tanah air, ada pun biasanya harganya jauh lebih mahal. Manfaatkan peluang ini untuk cari uang saku tambahan. Tas-tas di pusat oleh-oleh Korea bakalan bikin kamu khilaf lalu borong, lho.

Miniso bag
Miniso bag [image source]

7. Oleh-oleh paling gampang untuk orang tua atau bos adalah kain. Jika batik terlalu biasa, kamu bisa berburu tenun yang motifnya akan tetap indah sepanjang masa. Kalau sedang traveling ke India, tak ada salahnya membeli sari. Jangan salah, ada banyak orang Indonesia yang ingin punya kain ini namun belum berkesempatan untuk ke India. Tawarkan diri dengan ongkos jasa titip.

Saree India
Saree India [image source]

8. Sudah bukan rahasia kalau wanita tak bisa jauh-jauh dari perhiasan. Di India, perhiasannya sangat unik, dari anting hidung hingga gelang kaki, lengkap. Ini bisa menjadi peluangmu berbisnis perhiasan, lho. Siapa yang tak jatuh cinta melihat kecantikan kalung India?

Perhiasan
Perhiasan [image source]

9. Selain mug dan tumbler, kopi sendiri bisa menjadi barang yang diburu-buru. Khususnya bagi coffee lover yang penasaran ingin mencoba cita rasa minuman ini dari setiap negara. Brazil dan London punya produk kopi yang super enak, lho!

Kopi Brazil
Kopi Brazil [image source]

10. Tak hanya perhiasan, perempuan juga tak bisa dipisahkan dari kosmetik. Korea dan Jepang memiliki brand-brand make up dengan kemasan yang super gemesin. Siapa yang akan menolak bedak dan lipstik lucu ini? Tidak ada!

Kosmetik
Kosmetik [image source]

Wah, jadi nggak sabar untuk liburan lagi dan bisa memborong oleh-oleh, nih. Keuntungannya bisa jadi budget untuk travelingmu selanjutnya. Ide menarik, kan?
Advertisement
Tags
Luar negeri oleh-oleh yang jadi bisnis wisata manca
Share