Tujuh Oleh-oleh Khas Jember Selain Prol Tape, Catat Jangan Sampai Terlewat

Advertisement

Selain dikenal dengan potensi wisata budaya dan alamnya, Jember juga punya beragam alternatif kuliner yang tak kalah menggoda. Selama ini mungkin sebagian besar orang hanya mengenal prol tape. Namun sebenarnya masih banyak oleh-oleh khas Jember lain yang patut diperhitungkan.

Oleh-oleh khas Jember tersebut pantang dilewatkan, terutama bagi wisatawan yang ingin membawa buah tangan untuk sanak famili atau orang terdekat yang menunggu di daerah asal. Penasaran? Simak daftar lengkapnya sebagaimana dituturkan oleh kontributor Travelingyuk, Ariyanti Dwi Kumalasari, berikut ini.

1. Edamame

Edamame khas Jember
Edamame khas Jember via Instagaram jualedamame

Bagi generasi muda mungkin masih sangat asing dengan Edamame. Dikenal juga dengan nama Kedelai Jepang ini, makanan satu ini sebenarnya berasal dari Tiongkok. Meski kecil, ada beragam manfaat luar biasa yang bisa diberikan; seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi resiko kanker.

Tak perlu jauh-jauh ke Tiongkok atau Jepang, di Jember edamame merupakan salah satu produk unggulan yang bisa menjadi pilihan oleh-oleh. Selain produk siap makan, ada juga varian edamame lainnya yang hadir dalam bentuk pia, bolu, serta coklat.

2. Kopi dan coklat

Green Coffee Jember
Green Coffee Jember via Instagram green_coffee_jember

Sebagai lokasi satu-satunya Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) di Indonesia, tak heran jika Jember menjadikan dua produk tersebut sebagai salah satu unggulan mereka. Puslitkoka sendiri terbuka untuk pengunjung yang ingin belajar proses pengolaha biji kopi dan kakao dari awal hingga menjadi produk yang dapat kita nikmati.

Salah satu produk andalan yang ditawarkan di Puslitkoka adalah Sekar Arum dan Vicco. Selain itu masih ada olahan kopi robusta, kopi arabika, kopi jahe, coklat bar, coklat bubuk, dan lain sebagainya.

3. Cerutu

Cerutu Jember
Cerutu Jember via Instagram fidhoh

Kabupaten Jember juga terkenal sebagai penghasil salah satu tembakau terbaik di dunia. Tidak heran jika banyak yang memberikan julukan sebagai ‘Kota Tembakau’. Simbol tembakau juga dipakai sebagai lambang pemerintah setempat.

Salah satu produk unggulan Jember berbahan dasar tembakau, adalah cerutu. Kualitasnya sudah dikenal hingga ke mancanegara dan bahkan diklaim sebagai terbaik kedua sedunia. Ada tiga jenis cerutu yang diproduksi di Jember, antara lain cerutu berbatang pendek (small cigar), sedang (soft filler), dan panjang (long filler).

4. Brownies

Brownies tape
Brownies tape via Instagram oven_mumu

Di Jember ada varian Brownies Tape yang sudah sangat terkenal di kalangan para wisatawan. Kuliner ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Jember yang paling banyak diburu.

Cita rasa tape singkong yang manis dengan perpaduan adonan brownies membuat sajian ini menjadi primadona di antara para turis. Jenisnya pun beragam, ada Brownies Tape Original, Brownies Tape Keju, dan Brownies Tape Coklat Kacang.

5. Kaos Jemberan

Salah satu desain kaos Jemberan
Salah satu desain kaos Jemberan via Instagram biru_daun

Jember memiliki sebuah kekayaan budaya unik bernama Bahasa Jemberan, perpaduan antara bahasa Madura dengan bahasa Jawa. Hal ini muncul karena mayoritas penduduk sekitar berasal dari dua etnis tersebut.

Belakangan mulai bermunculan banyak usaha yang mengusung budaya Bahasa Jemberan. Salah satunya adalah Kaos Jemberan. Desainnya sudah sangat modern, sehingga masyarakat dari kalangan usia berapa pun dapat memakainya.

6. Terasi

Terasi puger
Terasi puger via Instagram primadona2jember

Terasi atau belacan adalah bumbu masak yang berbahan dasar ikan atau udang yang difermentasikan. Bentuknya seperti adonan atau pasta berwarna hitam-coklat dan kemerahan. Biasanya dijadikan bumbu untuk membuat sambal agar terasa lebih sedap.

Di Jember, terasi yang terkenal adalah Terasi Puger. Puger adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Jember. Letak dekat dengan laut, hingga kawasan tersebut terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah.

7. Batik

Batik motif tembakau
Batik motif tembakau via Instagram batikdantenunrolla

Batik Jember sebagai salah satu kekayaan budaya bangsa Indonesia mengusung motif tembakau sebagai ciri khasnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Jember dikenal hingga ke manca negara sebagai daerah produsen tembakau terbaik kedua di dunia.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Jember lainnya yang perlu diketahui selain Prol Tape. Jika berkunjung, sempatkan membeli salah buah tangan tersebut, ya!

Advertisement
Tags
Jember kuliner Wisata
Share