Nyesel Lho, Kalau ke Indramayu Nggak Beli Oleh-oleh Lezat Ini

Advertisement

Sudah pernah ke Indramayu? Kalau belum, kamu harus segera menyempatkan untuk melihat langsung objek wisatanya yang keren. Ada deretan pantai indah yang menunggumu. Puas jalan-jalan, pulangnya bawa kuliner khas sebagai buah tangan. Berikut ini adalah oleh-oleh Indramayu yang enaknya tidak pernah nipu.

1. Kripik Tike

Kripik Tike [image source]
Jika kebanyakan kripik terbuat dari ketela atau kentang, tidak begitu dengan sajian dari Indramayu ini. Namanya adalah kripik tike, camilan dengan rasa gurih dan asin yang diolah menggunakan bahan dasar umbi rumput teki. Jangan remehkan soal rasa, dengan cara pembuatan dan bumbu spesial, ketika masuk mulut kriuknya dapat dan lezatnya juga banget. Itulah mengapa, harga kuliner ini bisa mencapai Rp120.000 per kg.

Kripik Tike [image source]

2. Terasi Indramayu

Terasi Indramayu [image source]
Oleh-oleh terasi lumrah ada di berbagai kota. Namun masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda terutama dalam hal rasa, aroma dan warna. Apalagi setelah diolah menjadi tambahan hidangan seperti sambal. Cobalah terasi Indramayu dan temukan keunikannya. Di beberapa tempat bentuknya bulat memanjang dan berwarna kecoklatan.

Terasi Indramayu [image source]

3. Mangga Gincu

Mangga Gincu [image source]
Ke Indramayu wajib berburu mangga, karena kota di Jawa Barat ini terkenal sebagai penghasil buah berkualitas tinggi. Banyak yang bilang jika rasanya lebih enak dibanding dari daerah lain. Sebenarnya jenis mangga yang ada di Indramayu itu beragam. Ada cengkir, harum manis, gajah, manalagi, nanas, remucu, hingga bapang. Belum lagi terdapat mangga gincu atau gedong dengan rasa manis yang lebih kuat. Jenis gincu adalah yang paling dicari di indramayu. Tersedia juga mangga dalam bentuk olahan seperti rujak atau manisan.

Mangga Gincu [image source]

4. Dodol Laragudig

Dodol Laragudig[image source]
Selain terasi, dodol juga varian oleh-oleh yang banyak ditemukan di berbagi tempat. Meski begitu, tidak semuanya menyuguhkan sajian legendaris. Jika kamu ingin yang seperti itu, Indramayu jawabannya. Kamu akan menemukan dodol laragudig. Dibuat dengan gula asli tanpa pemanis buatan. Itulah yang menjadi alasan kenapa makanan ini tetap populer dari dulu hingga sekarang. Bahkan cara pembuatannya masih tradisional demi mempertahankan keaslian rasa.

Dodol Laragudig[image source]

5. Krupuk Bongol Pisang

Krupuk Bongol Pisang [image source]
Para pemuda di Desa Pringcala Indramayu rupanya punya ide kreatif untuk mengolah bonggol pisang jadi makanan yang enak. Dengan kemasan yang modern, kini kamu bisa membawanya sebagai oleh-oleh. Ada olahan krupuk yang namanya Bongsang. Informasi pemesanan kuliner ini bisa kamu dapatkan di akun instagram @abopinksociopreneur. 

Krupuk Bongol Pisang [image source]

6.  Ikan Kering

Ikan di Indramayu [image source]
Indramayu memiliki pantai dengan area laut penuh ikan. Tidak heran jika hasil bahari jadi buruan tersendiri. Salah satu yang populer sebagai oleb-oleh adalah ikan kering. Selain mudah dibawa, ikan kering awet untuk waktu yang lama. Pilihan yang direkomendasikan adalah teri belah dan teri nasi yang kecil berwarna putih seperti nasi. Kemudian ada juga Japu Manis, ikan dengan taburan ketumbar dan gula merah, rasanya benar-benar wah.

Ikan di Indramayu [image source]
Toko oleh-oleh di Indramayu:

Toko Teteh ( Jl. Ps. Baru, Karangmalang, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat ) 

Itulah beberapa oleh-oleh Indramayu yang bisa kamu bawa pulang. Kalau bingung menentukan pilihan, kenapa tidak beli semuanya saja? Daripada penasaran kan?

Advertisement
Tags
Indonesia Indramayu Jawa Barat Oleh-oleh
Share