Ini Dia Macam Olahan Rumput Laut, Nggak Hanya Dibuat Es Lho

Advertisement

Siapa nih yang doyan agar-agar? Teman Traveler pasti tahu kalau jajanan kenyal tersebut dibuat dari rumput laut. Seringnya bahan ini digunakan untuk campuran es, bikin makin segar. Ternyata, masih ada olahan rumput laut lainnya yang nggak kalah enak. Bahkan ada yang dijadikan urap dan disantap dengan nasi. Penasaran? Yuk, simak lebih lanjut.

Bulung Rambut Kuah Pindang

Bulung Rambut Kuah Pindang via Instagram @rujak_cafe_warung_de_rujak
Bulung Rambut Kuah Pindang via Instagram @rujak_cafe_warung_de_rujak

Bulung rambut merupakan olahan rumput laut yang bisa ditemukan di warung-warung Bali. Bulung direbus sebentar, kemudian diberi bumbu rujak dan kuah pindang. Perpaduan tersebut menghasilkan citarasa gurih asam. Kalau Teman Traveler suka dengan makanan pedas, bisa meminta kepada penjual untuk menambah irisan cabai merah besar.

Urap Latoh

Urap Latoh via Instagram @arieskasetyana
Urap Latoh via Instagram @arieskasetyana

Urap khas Rembang ini terbuat dari latoh atau rumput laut yang banyak ditemukan di kawasan perairan di kabupaten ini. Latoh juga biasa disebut anggur laut, karena bentuknya mirip anggur hanya saja memiliki bulatan yang jauh lebih kecil lalu seperti ada kantongnya berisi air. Latoh cukup dicuci sampai bersih kemudian ditambahkan ke bumbu urap. Teman Traveler bisa menikmati olahan rumput laut satu ini disandingkan dengan nasi gurih hangat.

Bulung Buni

Bulung Buni via Instagram @ratupatimasang
Bulung Buni via Instagram @ratupatimasang

Sama halnya dengan bulung rambut, olahan rumput laut ini juga banyak ditemukan di Bali, terutama daerah Pantai Serangan. Berbeda dengan bulung rambut yang harus direbus dahulu sebelum dimasak, jenis ini cukup disiram dengan air panas karena bisa hancur jika direbus. Setelah itu, dicampur dengan parutan kelapa, lengkuas, jahe, serai, air jeruk limau dan diberi taburan kacang tanah goreng atau kedelai goreng.

Latoh dengan Sambal

Ngemil Rumput Laut via Instagram @ajengagguni8
Ngemil Latoh via Instagram @ajengagguni8

Nah olahan rumput laut ini, cara pembuatannya sangat mudah. Seperti biasa, cukup mencuci bersih latoh. Jangan sampai masih ada pasir yang menempel. Kalau perlu, bisa dibilas menggunakan air panas. Siapkan sambal untuk menemani makan latoh. Teman Traveler mau mencoba ngemil latoh ini?

Nah, nggak hanya ada di agar-agar dan es, ternyata masih banyak olahan rumput laut yang menarik dan menggoda untuk dicoba. Bagaimana, mana nih yang sudah pernah Teman Traveler coba?

Advertisement
Tags
Bali Indonesia kuliner Rumput Laut
Share