Ragam Olahan Daging Sapi untuk Lebaran, Inspirasi Buat yang Bosan Ayam

Perpaduan antara ketupat dan opor ayam merupakan menu yang sangat biasa ditemukan saat Idul Fitri. Buat kamu yang bosan dengan olahan ayam, daging sapi bisa jadi rekomendasi. Pasalnya, banyak juga olahan daging sapi yang bisa digunakan untuk teman lauk ketupat. Teman Traveler yang bingung mencari lauk ketupat, berikut ini ada inspirasi olahan daging sapi yang bisa kamu contek.

Sate Sapi

Sate sapi, via Instagram/tesaterestaurant
Sate sapi, via Instagram/tesaterestaurant

Sate merupakan olahan yang biasa dipadukan dengan ketupat. Lalu bagaimana dengan sate sapi? Cukup masuk akal juga ya. Kamu bisa mengolah daging sapi yang sudah dibeli menjadi sate. Tentu saja dengan teknik pengolahan yang tepat supaya tekstur dagingnya bisa empuk dan bumbunya kerasa ya. Perihal bumbunya, bisa kacang ataupun sambal kecap saja.

Semur Sapi

Semur daging, via Instagram/resepdantipsmasak
Semur daging, via Instagram/resepdantipsmasak

Olahan selanjutnya adalah semur dengan citarasa dominan manis dan gurih. Ini merupakan kuliner yang dimodifikasi dari beef smoor dari Belanda. Supaya semur makin enak, kamu bisa menambahkan irisan kentang ya Teman Traveler. Kuah kentalnya yang manis ini enak dipadukan dengan ketupat. Buat kamu yang suka pedas, bisa tambahkan sambal ya. Sajian lebaran jadi beda dari biasanya.

Rendang Sapi

Semur daging, via Instagram/resepdantipsmasak
Rendang daging sapi, via Instagram/rendangras

Mainstream tapi masih banyak diolah karena rasanya yang begitu nikmat, rendang daging sapi. Siapa yang tak suka rendang? Ini merupakan kuliner khas Minang yang memiliki rasa yang begitu nikmat. Bahkan menjadi salah satu makanan terenak di dunia. Dan rendang bisa jadi suguhan untuk lebaran sebagai teman ketupat lho. Kombinasi ketupat dan rendang akan sangat nendang di dalam perut.

Bakso

Bakso, via Instagram/henjiwong
Bakso, via Instagram/henjiwong

Inspirasi lauk selanjutnya adalah bola-bola bakso yang terbuat dari daging sapi. Sudah menjadi rahasia umum jika bakso enak disantap dengan apa saja, termasuk juga dengan irisan ketupat. Jika kamu jago buat bakso, bisa jadikan olahan satu ini sebagai menu lebaran di rumahmu. Jangan kaget jika banyak orang akan mengantri untuk mencicipinya.

Tongseng

Tongseng sapi, via Instagram/ayudiahrespatih
Tongseng sapi, via Instagram/ayudiahrespatih

Tongseng memang kebanyakan terbuat dari kambing, namun memanfaatkan daging sapi juga bisa lho. Tongseng ini juga enak saat dipadukan dengan irisan ketupat. Nikmat dan bikin kenyang dalam waktu bersamaan. Buat kamu yang suka pedas, bisa ditambahkan banyak lada dan cabai. Tapi buat kamu yang tak terlalu suka pedas bisa dikondisikan sesuai selera masing-masing.

Itulah inspirasi olahan daging sapi yang bisa kamu buat ya Teman Traveler. Kira-kira olahan apa lagi yang bisa dibuat dari daging sapi?

Tags
menu idul fitri
Share