30 Wisata di Magetan dengan Keindahan Mengagumkan

Advertisement

Ayo datang ke Magetan, ada banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Semuanya menawarkan keindahan yang tiada duanya. Kali ini Travelingyuk telah mengumpulkan daftar wisata Magetan yang sejuk dipandang. Sebagian juga menawarkan tantangan yang mendebarkan.

1. Taman Genilangit

Genilangit
Genilangit Via Instagram/@arikastya

Wisata Magetan Genilangit ini berada di Kecamatan Poncol dan cukup mudah diakses dari pusat kota. Banyak pengunjung yang datang setiap harinya terutama ketika liburan akhir pekan. Mereka ingin merasakan seperti apa keseruan bermain di area wisata alam Magetan dengan berbagai fasilitas menawan. Yang paling menantang tentu saja adalah sepeda angkasa. Jangan khawatir mencoba, karena wahana ini dilengkapi dengan peralatan keamanan yang memadai.

2. Terowongan Lowo

Trowongan Lowo
Terowongan Lowo Via Instagram/@exploremagetan

Terowongan Lowo adalah sungai dengan arus tenang yang kini semakin hits. Di sini, para pengunjung bisa bermain dan mencoba tubing dengan ban. Ikuti arus sambil menikmati pemandangan hamparan sawah di sekelilingnya. Lebih seru lagi jika kamu datang ke wisata Magetan ini dengan teman-teman. Terowongan Lowo ada di Giripurno, Kecamatan Kawedanan.

3. Air Terjun Tirtosari

Air Terjun Tirtosari
Air Terjun Tirtosari Via Instagram/@glendohwe

Air Terjun di Magetan memiliki pesona yang menawan. Salah satu yang bisa kamu datangi untuk menenangkan diri sekaligus menikmati alam adalah Air Terjun Tirtosari di Ngluweng, Ngancar, Plaosan. Daya tarik utama dari objek wisata Magetan ini adalah bentuknya yang bertingkat. Kemudian pepohonan yang rindang juga ikut menyumbang kesejukan.

4. Tubing di Wonomulyo

Arung Jeram Wonomulyo
Arung Jeram Wonomulyo Via Instagram/@everydaywonomulyo

Kamu termasuk suka dengan wisata ekstrem di Magetan? Daerah Wonomulyo di Poncol punya tantangan yang bisa kamu taklukkan. Cobalah bermain tubing mengikuti arus sungai yang mengalir di antara bebatuan. Jeramnya yang deras dapat membuatmu dipenuhi keseruan. Apalagi jika ke sini dengan sahabat seperjuangan.

5. Dam Jejeruk

Dam Jejeruk
Dam Jejeruk Via Instagram/@puji_wrd

Bendungan Ini juga bisa didatangi sebagai tempat wisata hits di Magetan. Kamu bisa turun ke sungai dan foto dengan latar belakang aliran air. Pesonanya mirip dengan untaian benang butih halus. Agar lebih kekinian, coba foto dengan memakai floaties. Dijamin, gayamu akan semakin cetar. Lokasi Dam Jejeruk ini berada di  Candirejo, Kecamatan Magelang.

6. Gunung Lawu

Gunung lawu Via Instagram/@@yonas_jail

Gunung Lawu berada di wilayah beberapa kabupaten. Salah satunya adalah Magetan. Panorama alam yang ditawarkan sepanjang jalur pendakian, adalah daya tarik yang susah untuk ditolak. Di puncaknya terdapat Tugu Hargo Dumilah yang terkenal. Juga pemilik warung tertinggi di Indonesia, yaitu Mbok Yem. Coba pecel telur yang nikmat banget, apalagi kalau makannya di atas gunung.

7. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan
Telaga Sarangan Via Instagram/@deekee001

Telaga Sarangan adalah wisata Magetan yang sangat populer. Di sini pengunjung bisa melakukan banyak hal. Seperti mencoba wahana air atau berburu kuliner Magetan. Di sekelilingnya terdapat pepohonan rindang yang membawa kesejukan. Belum lagi gunung-gunung yang menambah pesona telaga Sarangan yang berlokasi di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

8. Telaga Wahyu

Telaga Wahyu
Telaga Wahyu Via Instagram/ @dweejoko

Wisata ini berada di dekat Telaga Sarangan. Disebut juga dengan nama Wurung dan terletak di Ngerong, Kecamatan Plaosan. Memang masih lebih luas Sarangan, tapi kamu juga bisa liburan di sini. Terdapat fasilitas berupa sepeda air untuk keliling danau. Bukit dan perkebunan warga menjadi pemandangan yang melengkapi keindahan danau indah di Magelang ini.

9. Ujung Kulon

Ujung Kulon Magetan
Ujung Kulon Magetan Via Instagram/@rizkayulianamurti

Ujung Kulon termasuk tempat liburan yang akan membuatmu puas. Sejauh mata memandang, terdapat hamparan bukit hijau dengan pohon-pohon di antara perkebunan. Wisata Magetan yang ada di Janggan, Kecamatan Poncol ini dilengkapi dengan spot swafoto dan gardu pandang. Kemudian juga ada taman dan tempat untuk menikmati kuliner Magetan.

10. Mojosemi Forest Park

Mojosemi
Mojosemi via Instagram/@mojosemiforestpark

Mojosemi Forest Park cocok kamu datangi untuk bermain dengan sahabat. Bukan permainan biasa, karena di sini terdapat berbagai wahana outbond seru. Kamu tinggal memilih mana yang paling menantang untuk dilakukan. Selain itu, berbagai spot yang instagenic juga disediakan untuk pengunjung yang ingin menghabiskan momen. Langsung saja datang ke lokasinya di Jalan Raya Telaga Sarangan, Sarangan, Kecamatan Plaosan.

11. Kedung Ngancar

Kedung Nganyar
Kedung Nganyar Via Instagram/@candrawpam

Kangen dengan suasana alam dan kesejukan pegunungan. Kedung Ngancar akan mengobati kerinduanmu itu. Di sini terdapat aluran air yang membentuk kolam dengan air jernih kehijauan. Meski terlihat menantang, kamu tetap harus berhati-hati ya karena tempat wisata Alam Magetan ini termasuk dalam. Lokasinya ada di Tapen, Kecamatan Lembeyan.

12. Gunung Bancak

Gunung Bancak terlihat di kejauhan
Gunung Bancak terlihat di kejauhan Via Instagram/@bagus_js5716

Gunung Bancak adalah spot keren di Magetan untuk melihat pemandangan alam. Dari sini hamparan perbukitan, sawah, hingga rumah warga menjadi kolaborasi menarik untuk memanjakan pandangan. Apalagi jika kamu suka bersepeda atau naik motor trail. Jalurnya yang menantang wajib kamu coba. Gunung Bancak ini berlokasi di lereng Gunung Lawu atau Magetan bagian Selatan.

13. Puntok Geneng

Puntok Geneng
Puntok Geneng Via Instagram/@argosempu_puntokgeneng

Puntok Geneng juga lagi digandrungi banyak wisatawan terutama yang masih remaja. Wisata dengan latar pegunungan ini memang mengagumkan. Buktikan sendiri dengan datang langsung ke lokasinya di  Desa Gonggang. Puntok Geneng menawarkan berbagai tempat untuk foto dengan pernak-pernik yang unik. Salah satunya adalah jalanan yang dicat warna-warni. Berjalan di sini seolah-olah sedang melewati pelangi. 

14. Air Terjun Pundak Kiwo

Air Terjun Pundak Kiwo
Air Terjun Pundak Kiwo Via Instagram/@faraderizkii

Air Terjun ini adalah wisata di Magetan yang lokasinya dekat dengan Telaga Sarangan. Kamu cukup berkendara sejauh tiga kilometer menuju ke Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan. Penampakan air terjunnya begitu eksotis dikelilingi oleh pepohonan dan rumput hijau. Alirannya juga cukup deras dan tinggi.  Di baliknya terdapat tebing batu dengan warna senada.

15. Embung Klumpit

Telaga Klumpit
Telaga Klumpit Via Instagram/@exploremagetan

Embung Klumpit adalah wisata berbentuk danau dengan berbagai keseruan yang ditawarkan. Suasanya benar-benar masih alami dengan udara segar. Temukan objek wisata Magetan ini di Desa Banyudono, Kecamatan Ngariboyo. Saat siang, kamu bisa melihat indahnya permukaan air danau yang berwarna kehijauan memantulkan bayangan gunung yang berdiri di kejauhan.

16. Bukit Sekitran

Bukit Sekitran
Bukit Sekitran Via Instagram/ @aryadanan

Bukit Sekitran juga tidak boleh dilewatkan, jika yang kamu cari adalah tempat wisata alam. Namanya juga bukit, maka yang jadi suguhan utama adalah panorama sawah kebun dan gunung yang terlihat dari ketinggian. Untuk memuaskan para pengunjung dibuatlah berbagai spot foto unik. Contohnya seperti gardu pandang dengan bentuk burung raksasa.

17. Sumber Mata Air Desa Jabung

Mata Air Desa Jabung
Mata Air Desa Jabung Via Instagram/@ajiilhampratama

Di Desa Jabung, Kecamatan Panekan terdapat kolam mata air. Tempat ini biasanya didatangi olah wisatawan yang ingin mencari kesegaran langsung dari alam. Airnya begitu segar dan jernih. Desa Jabung sendiri termasuk kawasan wisata dengan berbagai destinasi menawan. Salah satunya adalah kolam renang dan taman bermain untuk anak-anak.

18. Pesarean KPAH Ronggo Prawirodirdjo III

Pesarehan
Pesarehan Via Instagram/@husainkenmaster

Yang dimakamkan di sini adalah KPAH Ronggo Prawirodirdjo III dan istrinya. Beliau adalah salah satu pejuang yang melawan Belanda di masa silam. Lokasinya berada di Desa Giripurno, Kecamatan Kawedanan. Dulunya Ronggo Prawirodirjo juga sempat menjabat sebagai bupati Karesidenan Madiun semasa penjajahan.

19. Alun-alun Magetan

Alun-alun Magetan
Alun-alun Magetan Via Instagram/@asta666

Seperti kota-kota lainnya, Magetan juga memiliki alun-alun yang indah. Ini adalah salah satu destinasi wisata Gratis di Magetan. Taman-taman yang tertata dan ruang terbukanya cocok banget untuk kegiatan piknik di akhir pekan. Datang ke sini baik pagi, siang , atau malam boleh dicoba. Di sekitarnya juga terdapat penjual kuliner nikmat.

20. Candi Simbatan

Candi Simbatan
Candi Simbatan Via Instagram/@notobudiyanto

Candi Simbatan dilekatkan dengan Dewi Sri, sosok dalam bentuk arca di bagian dasar kolam candi. Kamu tidak bisa melihat arca ini sewaktu-waktu karena tertutup air. Biasanya kolam tersebut akan dikuras ketika ada kegiatan adat. Salah satunya adalah bersih desa yang dilakukan pada Bulan Muharram menurut penanggalan Hijriah. Menurut catatan sejarah, Candi Simbatan diperkirakan berasal dari era Mataram Hindu. Lokasinya berada di  Nguntoronadi, Simbatan.

21. Sumber Sejok

Sejok
Sejok Via Instagram/@deddy_stwn

Sumber Sejok adalah pilihan wisata dengan pesona yang menawan. Kamu bisa berenang dan merasakan kesegaran air yang berasal langsung dari perut bumi. Airnya begitu jernih dikelilingi oleh tebing dan pepohonan rindang. Kedalaman objek wisata Magetan yang ada di Krajan, Kecamatab Parang ini sekitar tiga meter.

22. Sumber Clelek

Sumber Clelek
Sumber Clelek Via Instagram/@dolanmagetan

Sumber mata air ini termasuk populer di Magetan. Warga setempat menyebutnya juga dengan nama Punden Clelek, mengacu pada benda-benda cagar budaya yang merupakan peninggalan sejarah. Yaitu berupa arca dan dua miniatur rumah. Di sini pengunjung biasanya menikmati udara sejuk. Sebagian juga ada yang memancing. Lokasi Sumber Clelek ini berada di Driyorejo, Nguntoronadi, Kabupaten Magetan.

23. Mbah Djoe Resort

Mbah Djoe
Mbah Djoe Via Instagram/@ridwanonelis

Meski ini adalah tempat menginap, tapi kamu bisa datang ke sini untuk mengisi waktu liburan atau sekadar wisata di akhir pekan. Letaknya yang ada di perbukitan, membuat Mbah Djoe Resort dikelilingi oleh pemandangan yang indah. Kamu bisa santai di teras-teras sambil memandang hijaunya pegunungan. Tempat Menginap Magetan ini berada di Jalan Tawang Mangu, Plaosan.

24. Dam Jati

Bendungan Jati
Bendungan Jati Via Instagram/@dolanmagetan

Dam Jati saat ini memiliki wajah baru yang lebih sedap dipandang. Dinding-dindingnya dicat dengan berbagai warna, memberikan kesan segar. Wisata kekinian ini berada di Goranggareng, Nguntoronadi, Kabupateb Magetan. Kamu bisa menikmati banyak hal. Yang paling keren tentu saja adalah suasana alamnya.

25. Magetan Green Garden

Magetan Green Garden 
Magetan Green Garden via Instagram/@dolanmagetan

Jika mengenai wisata alam, Magetan memang juara. Selain itu, kabupaten yang terletak di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah ini juga memiliki destinasi wisata agro. Sebut saja Magetan Green Garden. Kamu bisa liburan sambil berlajar di sini. Bahkan kebun bunga matahari juga ada sebagai  foto keren. Langsung saja ke lokasinya di Truneng, Sukomoro, Kabupaten Magetan.

26. Taman Ria Iswahyudi

Taman Ria
Taman Ria Via Instagram/@putraartup1909

Taman Ria cocok banget untuk liburan bersama dengan keluarga. Letaknya berada di pusat keramauan Magetan dan terkenal dengan nuansa sejuknya. Udara segar berhembus setiap waktu. Pepohonannya yang rindang juga menambah daya tarik. Taman kota ini berada di Desa Pandean, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan. Selain sebagai tempat santai, tak sedikit juga yang datang untuk foto-foto.

27. Kebun Strawberry Sarangan

Kebun Strowberry
Kebun Strowberry Sarangan Via @riskaaprilia

Telaga Sarangan memang kawasan wisata yang lengkap. Bukan hanya danau yang menjadi daya tarik, tapi juga perkebunan warga yang membentuk pola keren. Selain menikmati pemandangannya, kamu juga bisa berkunjung ke kebun strawberry dan memetik sendiri buah segar tersebut. Jangan lupa untuk membawanya pulang sebagai oleh-oleh ya.

28. Bendungan Duwet Sewu Baleasri

Bendungan Duwet
Bendungan Duwet Via Instagram/@@anton.krist

Bendungan Duwet terletak di Baleasri, Ngariboyo. Destinasi ini termasuk Wisata Magetan dengan pesona yang unik. Bukan hanya dikelilingi oleh alam yang indah, tapi karena kepopulerannya sebagai tempat memancing. Di waktu tertentu biasanya penduduk setempat mengadakan pesta mancing yang meriah. 

29. Bendungan Gonggang

Bendungan Gonggang
Bendungan Gonggang Via Instagram/@dolanmagetan

Baik saat liburan atau hari biasa, Bendungan Gonggang yang berada di Desa Janggan, Kecamatan Poncol, selalu ramai pengunjung. Mereka datang untuk menikmati secara langsung keindahan wisata Magetan tersebut. Kamu bisa melakukan banyak hal di sini selain berdiam diri menikmati pemandangan. Salah satunya adalah memancing dan piknik di tepian bendungan.

30. Candi Sadon

Candi Sadon
Candi Sadon Via Instagram/@notobudiyanto

Magetan memiliki banyak tempat bersejarah. Salah satunya adalah Candi Sadon. Sebagian orang menyebutnya juga sebagai Candi Reog karena di sini terdapat arca kala yang bentuknya seperti kepala harimau pada reog. Lokasi Candi Sadon berada di Dusun Sadon, Desa Cepoko, Kecamatan Panekan. Tidak begitu jauh dari pusat Kota Magetan.

Itulah beberapa tempat wisata di Magetan yang keren abis. Dari peninggalan bersejarah hingga spot foto kekinian. Dari semua itu, mana nih yang belum kamu kunjungi? Segera masukkan dalam daftar destinasi liburanmu ya!

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Magetan
Share