Nasi Ulam dan Nasi Uduk Ibu Yoyo yang Melegenda, Sederhana Namun Rasa Istimewa

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
via Instagram/stanzazone via Instagram/stanzazone

Makanan enak selalu saja diburu oleh para kelana rasa. Bahkan lokasi sempit, medan yang sulit tak menjadikan hambatan untuk mencicipi. Buktinya, banyak juga kuliner blusukan yang laris manis dan berdiri sudah puluhan tahun lamanya. Salah satu lokasi yang cukup sulit dicari namun diburu banyak orang adalah Nasi Ulam dan Nasi Uduk Ibu Yoyo di Jakarta. Penasaran?

Tempat Makan yang Sudah Beroperasi Lebih 30 Tahun

Nasi uduk yang istimewa, via Instagram/priscilla_anais_
Nasi uduk yang istimewa, via Instagram/priscilla_anais_

Tempat makan di Jakarta ini sudah menjadi langganan banyak orang sudah selama 30 tahunan lamanya. Nasi Ulam dan Nasi Uduk Ibu Yoyo menawarkan dua menu utama dengan rasa menggila enaknya. Tak salah jika banyak orang yang rela antre untuk mendapatkannya. Seperti namanya, menu tersebut adalah nasi ulam dan nasi uduk.

Menggunakan bahan-bahan yang segar, via Instagram/stanzazone
Menggunakan bahan-bahan yang segar, via Instagram/stanzazone

Sekilas memang kedua nasi ini terlihat mirip. Bedanya, nasi ulam ini dimasak tidak menggunakan santan namun dibumbui dengan rempah. Sama-sama enak dan bikin ketagihan. Kamu yang jalan-jalan ke Ibu Kota perlu banget untuk mencicipi berbagai kuliner khasnya, termasuk nasi ulam ini.

Menu Andalan yang Banyak Diburu Wisatawan

Sederhana citarasa mantap, via Instagram/herman.pratama
Sederhana citarasa mantap, via Instagram/herman.pratama

Tenang saja, Nasi Ulam dan Nasi Uduk Ibu Yoyo juga menyuguhkan men lainnya. Ada lauk-lauk yang jadi favorit para pengunjung yang datang. Salah satunya adalah goreng kambing. Penampakannya sangat nyeleneh, seperti gula merah yang dijual di kampung-kampung, diikat dengan tali yang terbuat dari sabut bambu. Lauk favorit lainnya adalah empal daging.

Bikin ketagihan, via Instagram/cipluk
Bikin ketagihan, via Instagram/cipluk

Salah satu rahasia kelezatan berbagai makanan yang disuguhkan di sini adalah lantaran masih menggunakan metode masak tradisional, yaitu dengan menggunakan kayu bakar. Ada aroma asap-asapnya yang membuat citarasanya makin nendang.

Lokasi Nasi Ulam & Nasi Uduk Ibu Yoyo

Lokasi yang sederhana namun bisa diandalkan, via Instagram/stanzazone
Lokasi yang sederhana namun bisa diandalkan, via Instagram/stanzazone

Lokasi Nasi Ulam dan Nasi Uduk Ibu Yoyo memang sedikit sulit dijangkau. Namun seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tak menghalangi pecinta kuliner untuk datang. Langsung saja ke Karet Pedurenan, Gang Dodol RT 04 RW 04, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan. Jika belum terbiasa, akan sedikit mencari lokasinya. Buka setiap hari, selain Minggau mulai jam 06:00 hingga pukul 21:00 WIB.

Harga-harga yang ditawarkan cukup terjangkau Teman Traveler. Teman Traveler sedang berada di Jakarta Selatan, tepatnya di Karet Kuningan bisa mampir untuk mencicipi kuliner Jakarta satu ini. Ada yang sudah pernah coba?