Rekomendasi Nasi Timbel Legendaris di Bandung, Enaknya Nggak Tanggung-tanggung

Advertisement

Nasi timbel bagi masyarakat Sunda bukan sekadar pengisi perut yang lapar. Nasi pulen yang dipadatkan dan dibungkus dengan daun pisang ini menjadi bagian dari budaya keseharian masyarakatnya yang tidak terpisahkan. Nah, jika Teman Traveler berencana liburan ke Kota Kembang, berikut ini daftar nasi timbel legendaris di Bandung. Salah satunya sudah buka sejak 20 tahun lalu, lho. Penasaran?

1. Nasi Timbel Masjid Istiqamah

Nasi Timbel Istiqamah
Nasi Timbel Istiqamah via Instagram/nasitimbel_istiqomah

Nasi timbel legendaris di Kota Bandung ini sudah buka sejak 1994. Ia mendapat nama Istiqomah karena semula beroperasi di depan Masjid Istiqamah yang letaknya di Jln Citarum, Bandung. Karena semakin laris dan besar, warung timbel milik H. Haidir dan Hj. Dedeh ini kemudian pindah ke Jln Ciliwung, Bandung. Nasi Timbel Istiqamah menyediakan tiga jenis nasi, yaitu nasi putih, nasi merah dan nasi hitam. Lauk favorit dari warung nasi timbel ini adalah usus goreng. Selain itu, Teman Traveler bisa memilih lauk lainnya seperti sate ati ampela, aneka pepes, ayam goreng, dan orek.

2. Kedai Timbel Dago

Kedai Timbel Dago
Kedai Timbel Dago via Instagram/kedaitimbeldago

Bicara soal nasi timbel legendaris di Bandung, mustahil tidak membicarakan Kedai Timbel Dago. Pasalnya, kedai ini punya paket nasi timbel dengan ayam goreng yang empuk serta enak. Namanya menjadi terkenal sebab banyak direkomendasikan oleh para pelanggan setianya. Selain itu, kedai ini juga berada pada lokasi yang strategis sehingga banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai kota.

3. Nasi Timbel Mangga

Ayam Bakar di Nasi Timbel Mangga
Ayam Bakar di Nasi Timbel Mangga via Instagram/nasitimbelmangga97_

Nasi timbel di Bandung yang satu ini bukan berarti dicampur dengan potongan mangga ya. Nama tersebut dikarenakan tempat makan nasi timbel ini berada di Jalan Mangga, Bandung. Tepatnya di samping Masjid Miftahul Hidayah. Di warung makan ini, Teman Traveler akan dibuat ketagihan dengan ayam bakarnya, sate usus dan uleukuteuk leuncanya.

4. Nasi Timbel Bawean

Nasi Timbel Bawean
Nasi Timbel Bawean via Instagram/foodgallerybdg

Teman Traveler bisa mencicipi legendarisnya nasi timbel Bawean di Jalan Bawean, Bandung. Tetapi, jika ingin makan di sore atau malam hari, Teman Traveler bisa datang ke Jalan Belitung No. 11. Di tempat makan ini, pengunjung ambil sendiri nasi beserta lauk yang akan dimakan. Lauk yang disediakan sangat beragam, mulai dari jeroan ayam sampai tahu dan tempe. Yang paling penting, makan di nasi timbel legendaris di Bandung satu ini, dompet Teman Traveler akan tetap aman karena harganya yang terjangkau.

5. Nasi Timbel Pak Kumis

Aneka Lauk di Nasi Timbel Pak Kumis
Aneka Lauk di Nasi Timbel Pak Kumis via Instagram/nasitimbel_pakkumis

Satu lagi nasi timbel di Bandung yang legendaris, adalah nasi timbel Pak Kumis. Pak Kumis yang setia menjajakan dagangannya di Jalan Kalimantan, Bandung ini sudah melegenda di kalangan pembelinya. Satu menu yang wajib Teman Traveler coba saat makan nasi timbel di tempat ini adalah tempe mendoannya. Dicocol dengan sambal terasi dan dimakan bersama nasi hangat, bisa lupa sudah agenda diet untuk sesaat.

Bagaimana, air liur sudah kemana-mana? Kalau begitu, makan siang ini sebaiknya nasi timbel saja ya?! Teman Traveler ada yang sudah pernah mencoba?

Advertisement
Tags
nasi timbel nasi timbel bandung nasi timbel khas sunda nasi timbel legendaris
Share